Fakta Tentang Dampak Rotasi Bumi Terhadap Kehidupan di Alam Semesta

18 Nov 2022 12:00 245 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Fakta Tentang Dampak Rotasi Bumi Terhadap Kehidupan Di Alam Semesta

Seperti diketahui bahwa bumi berputar mengalami rotasi. Rotasi bumi adalah serangkaian proses yang menciptakan bumi menjadi lebih bersahabat dengan kondisi di sekitarnya. Berapa lama bumi berotasi ? Jawabannya adalah membutuhkan kurun waktu rotasi sekitar 24 jam dengan kecepatan mencapai angka 1.500 km/jam. Pada saat bumi berotasi terdapat beberapa gerakan yang bersifat sebagai gerakan semu. Faktanya adalah tinggal di bumi sering menghadapi perpindahan posisi namun jarang sekali untuk disadari kecuali perpindahan yang terjadi dilakukan oleh manusia secara sadar. Nah jika membahas tentang rotasi bumi maka erat hubungannya dengan telaah mengenai dampak dari rotasi bumi bagi kehidupan. Seperti yang kami jelaskan di bawah ini adalah dampak rotasi bumi bagi kehidupan secara tak langsung.

1/ Satelit bisa berfungsi

Satelit adalah benda angkasa yang diciptakan oleh manusia. Dimana dengan adanya rotasi bumi, satelit ini bisa berfungsi dengan baik. Karena satelit-satelit ini memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia yaitu salah satunya adalah memberikan informasi terkini. Setidaknya dengan adanya rotasi bumi maka satelit mampu berfungsi dengan baik. Satelit dapat dengan mudah menjangkau seluruh area yang ada di bumi. Satelit akan menyebarkan berbagai macam informasi ke seluruh penjuru bumi.

2/ Ketebalan atmosfer yang berbeda

Apakah dampak yang diberikan oleh rotasi bumi terhadap kondisi di sekitarnya ? Dampak secara nyata adalah ketebalan atmosfer menjadi berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Dimana seperti diketahui bahwa atmosfer mempunyai beberapa komponen seperti troposfer, tromosfer, eksosfer dan lain sebagainya. Ketebalan antara komponen atmosfer ini kondisinya berbeda-beda. Ketebalan yang berbeda-beda ini tidak jauh dari dampak rotasi bumi sehingga antara komponen atmosfer satu memiliki ketebalan tipis sedangkan komponen lainnya sangatlah tebal.

3/ Perbedaan gravitasi bumi

Apakah yang dimaksud dengan gravitasi bumi ? Gaya tarik menarik benda ke pusat bumi. Ini terjadi sebagai salah satu dampak rotasi yang memiliki hubungan yang sangat dekat yaitu adanya perbedaan gaya ketika adanya gravitasi bumi yang menjauhi posisi pusat bumi. Sehingga ketika proses ini berlangsung, terjadilah perkembangan kondisi kutub es yang melemah. Jadi diameter di kutub es menjadi terlalu kecil jika dibandingkan wilayah di garis equator. Daerah kutub es mengalami percepatan lebih tinggi jika dibandingkan dengan wilayah di garis equator.

4/ Adanya siang dan malam

Di dalam rotasi bumi erat hubungannya secara langsung dengan garis ekuator. Juga ada kaitannya dengan jauh atau dekatnya garis khatulistiwa. Ketika posisi sedang jauh dari garis ekuator maka akan terlihat sekali dampak dari adanya rotasi bumi yaitu bisa dilihat dari kondisi gerak semu matahari yang selalu berulang-ulang. Adanya dampak ini menyebabkan anda bisa tahu yang namanya hari. Kondisi ini akan memberitahukan kepada anda tentang posisi bumi yang mengarah ke matahari maka akan mengalami kondisi siang hari. Berbanding sebaliknya, apabila posisi bumi ini membelakangi matahari maka kondisi di wilayah ini berada pada kondisi malam hari.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel