Deretan Tanaman Hias Air Berfungsi Sebagai Penghasil Oksigen

2 Nov 2022 13:56 460 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Deretan Tanaman Hias Air Berfungsi Sebagai Penghasil Oksigen

Tanaman air adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki kebiasaan unik yaitu berkembang biak di dalam air. Tanaman ini bisa difungsikan sebagai penghasil oksigen yang diletakkan dalam kolam ikan atau akuarium. Oksigen yang dihasilkan oleh tanaman ini bisa bermanfaat bagi mahkluk hidup di dalamnya atau sekitarnya. Tanaman ini juga bisa difungsikan sebagai hiasan yang menambah asri kolam ikan atau akuarium anda. Tanaman hias air memiliki empat jenis yaitu tanaman mengambang, tanaman di permukaan, alga dan juga tanaman terendam. Berikut di bawah ini kami berikan deretan tanaman hias air yang memiliki fungsi sebagai penghasil oksigen.

1/ American Pondweed

Tanaman air yang pertama adalah bernama american pondweed yang termasuk ke dalam tanaman tahunan dengan daunnya mengambang dan terendam dalam air. Daun yang dikeluarkan memiliki bentuk oval dan tipis dalam ukuran panjang sekitar 8 inci dan lebar 1,38 inci. Sementara daun yang mengambang di air memiliki tekstur sangat halus, lunak dengan bentuk elips dan tanggal daun yang panjang. Pada bagian dasarnya agak membulat dengan bagian dasarnya memiliki panjang sekitar 4,3 inci dan lebar 1,74 inci. Tanaman ini mengeluarkan bunga berbentuk oval dengan warna cokelat kehijauan. Tanaman ini tumbuh dengan subur di sekitar sungai dan danau.

2/ Eelgrass

Tanaman air selanjutnya adalah bernama eelgrass atau biasa dikenal dengan sebutan rumput laut merupakan salah satu tanaman air yang mampu menghasilkan oksigen dan termasuk ke dalam jenis lamun. Lamun ini adalah satu-satunya tumbuhan angiosperme yang umumnya banyak ditemukan di lingkungan laut. Tanaman ini termasuk ke dalam kelompok tanaman keras yang mempunyai daun berukuran panjang. Tumbuh dengan subur di area muara atau daerah-daerah dangkal dengan banyak lumpur atau berpasir. Tanaman eelgrass biasa tumbuh dengan cara menempel dan berakr pada dasar laut yang dangkal. Menjadi tempat nyaman bersarangnya beberapa jenis ikan hias laut.

3/ Hornwort

Yang ketiga adalah tanaman air bernama hornwort merupakan tanaman air paling disukai oleh para peternak ikan hias. Memiliki nama lain seperti coontail, ganggang, selimut ikan, gulma rawa, tanduk laut dan yang lainnya. Tanaman ini berasal dari Amerika Utara dan saat ini sudah menyebar hampir di seluruh dunia karena mudah beradaptasi dengan beragam kondisi air seperti kolam, aliran sungai, rawa yang tenang, pasir dekat luat / danau, parit, danau dan beberapa bebatuan dekat sungai. Tanaman air yang satu ini membutuhkan cahaya dengan intensitas sedang sampai kuat. Mereka rata-rata bertahan hidup dengan baik tanpa tambahan CO2 atau karbondioksida.

4/ Egeria

Bagi anda yang memiliki hobi merawat ikan di akuarium mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Namanya adalah egeria yang populer digunakan sebagai tanaman hias dalam akuarium yang termasuk ke dalam tanaman aquascape. Tanaman ini memiliki dua jenis yaitu egeria densa dan egeria najas. Egeria densa adalah tanaman air yang mudah berkembangbiak dan memiliki kemampuan tumbuh sangat cepat hingga 40 sampai dengan 100 cm yang mempunyai fungsi dapat membantu menjaga keseimbangan dalam akuarium. Sedangkan egaria najas adalah tanaman egaria yang pertumbuhannya agak lambat dan membutuhkan cahaya tinggi, CO2 dan nutrisi lainnya untuk bisa berkembangbiak tetapi memiliki bentuk daun yang lebih indah dengan warna hijau terang yang memukau.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel