Khasiat Sarapan Pagi dengan Bubur Kacang Hijau Setiap Hari untuk Tubuh Bugar dan Sehat

17 Oct 2022 12:25 5490 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Khasiat Sarapan Pagi Dengan Bubur Kacang Hijau Setiap Hari Untuk Tubuh Bugar Dan Sehat

Bubur kacang hijau adalah salah satu makanan yang banyak mengandung nutrisi untuk menjaga kebugaran tubuh. Bubur kacang hijau merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik dimana semangkok bubur kacang hijau memiliki sifat rendah lemak dan mengandung banyak serat larut dan tidak larut. Bubur kacang hijau mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin dan mineral yang bermanfaat seperti asam folat, magnesium dan karbohidrat yang memberikan kondisi tubuh tetap bugar sepanjang hari mengikuti berbagai aktivitas di dalam dan di luar rumah. Berikut ini adalah manfaat dari anda suka makan bubur kacang hijau adalah sebagai berikut :

 

1/ Mencegah kanker

Dalam hal ini kacang hijau menyimpan senyawa yang ampuh dalam mengatasi infeksi virus penyebab kanker sebagai salah satu solusi kanker. Kacang hijau bagus untuk mencegah terjadinya kanker payudara pada wanita. Ini disebabkan oleh kandungan klorofil yang terdapat dalam kacang hijau ampuh untuk mencegah efek karsinogenik yang merupakan salah satu penyebab kanker. Juga ada kandungan polifenol dan oligosakarida dalam jumlah cukup tinggi dalam sebutir kacang hijau ampuh untuk mencegah kanker.

 

2/ Menurunkan berat badan

Manfaat bubur kacang hijau yang kedua adalah bagus untuk diet sehat yaitu menurunkan berat badan. Apabila anda sedang menjalankan program diet karena ingin menurunkan berat badan maka konsumsilah bubur kacang hijau yang di dalamnya banyak mengandung serat tinggi dan rendah lemak yang bisa difungsikan sebagai camilan sehat saat diet. Kandungan serat ini bisa memberikan rasa kenyang lebih lama sebagai akibat kandungan kolesistokinin dan sedikit kalori. Dengan mengkonsumsi kacang hijau secara rutin setiap pagi akan membantu pencernaan menjadi sehat dan lancar. Bubur kacang hijau bisa menjadi salah satu sumber karbohidrat penting bagi tubuh. Dimana karbohidrat dalam hal ini akan dipecah menjadi glukosa yang berguna sebagai energi. Glukosa yang tidak terpakai akan berubah menjadi glikogen pada hati dan otot. Selain itu serat yang terkandung dalam bubur kacang hijau dapat menurunkan risiko sembelit atau konstipasi.

 

3/ Mengobati diabetes

Bubur kacang hijau mempunyai indeks glikemik yang sangat rendah. Maka dari itu aman-aman saja dikonsumsi oleh pasien penderita diabetes setiap hari. Dengan kandungan indeks glikemik yang rendah maka kadar gula dalam darah akan ikut menurun. Hal ini menjadi penting bagi penderita diabetes dalam mengatur gejala meningkatnya kadar gula darah.

 

4/ Menjaga kesehatan jantung

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang keberadaannya sangat vital. Dimana kesehatan jantung bisa dijaga dengan cara yang sangat sederhana yaitu mengkonsumsi bubur kacang hijau sebagai sarapan pagi setiap hari secara teratur. Dalam hal ini kandungan serat pada bubur kacang hijau ampuh menyerap lemak dan mencegah plak pada pembuluh darah. Plak ini mampu memicu penyakit jantung dan stroke. Ini disebabkan kandungan flavonoid di dalam sebutir kacang hijau jumlahnya cukup besar yang berfungsi mencegah pembekuan darah pada arteri dan vena. Bubur kacang hijau bermanfaat untuk memperbaiki pembuluh darah yang telah rusak dan mengurangi pembengkakan pembuluh darah.

 

5/ Bagus untuk ibu hamil

Terdapat studi yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi bubur kacang hijau sangat bagus untuk pertumbuhan sel sehingga untuk janin dalam kandungan bunda akan mempunyai rambut yang lebat. Kacang hijau mengandung vitamin B12, B2, asam folat, kalsium, fosfor, lemak tak jenuh dan protein yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Asam folat adalah kandungan yang paling banyak berfungsi untuk membantu memberikan perlindungan bagi bayi agar terhindar dari kelahiran premature, keguguran, kelahiran dengan berat badan rendah serta menghindari kelahiran bayi dengan cacat sistem saraf.

 

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel