MCR, Dorong Remaja Hidup Sehat dan Bertanggung Jawab

22 Jul 2011 18:02 5345 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Selain sebagai pusat pelayanan informasi mengenai kesehatan reproduksi remaja. MCR juga berfungsi sebagai lembaga konseling tentang permasalahan remaja secara umum.

Mitra Citra Remaja (MCR) merupakan salah satu program yang diprakarsai oleh Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI). PKBI sendiri digagas pada tahun 1958 oleh para dokter dan psikolog yang concern terhadap masalah reproduksi. Didirikannya MCR sendiri ditujukan sebagai pusat pelayanan informasi mengenai kesehatan reproduksi remaja atau konseling tentang permasalahan remaja secara umum. Kelompok remaja yang dimaksud adalah remaja-remaja yang berusia 10-24 tahun namun untuk segmen utamanya sendiri adalah remaja berusia 15-18 tahun.

Ditemui di acara 2nd Anniversary IM RSHS beberapa waktu lalu, Krisha Nurmala, beserta Makdiansyah, menuturkan bahwa kegiatan para relawan MCR dibagi per divisi. Program divisi-divisi tersebut diantaranya adalah program edukasi, informasi, serta konsultasi masalah psikologis dan medis untuk remaja melalui sms harian, telepon, email, social media, hingga mobile conseling. Untuk mobile conseling ini diantaranya ada acara keliling Kota Bandung yang dimaksudkan untuk mendampingi anak-anak punk, anak jalanan (pengemis, pengamen, dll), komunitas motor, dan juga untuk umum.

Visi dari Mitra Citra Remaja (MCR) adalah mendorong remaja agar hidup sehat dan juga bertanggung jawab terhadap perilaku seksual dan sosialnya. Sementara misinya yakni menyediakan pelayanan konseling, informasi dan edukasi kesehatan reproduksi untuk remaja.

Semenjak didirikan pada tahun 1992, MCR saat ini telah memiliki 500 lebih orang relawan. Selain di Bandung, MCR juga terdapat di Cirebon dan Tasikmalaya. Saat ini terdapat beberapa klinik yang disediakan PKBI dan MCR untuk membantu masyarakat, diantaranya terdapat Klinik Teratai yang ditujukan untuk konseling Ibu dan anak dan Klinik Mawar yang ditujukan khusus untuk infeksi menular seks. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai MCR, Anda dapat mengunjungi http://mcrpkbi.org/ atau bergabung dengan Grup Mitra Citra Remaja di Plimbi.com. ND

 

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel