Kangkung Dibenci Orang Eropa Karena Tidak Sehat, Padahal Ada Banyak Vitamin yang Terkandung

14 Oct 2022 10:22 546 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jaga Kesehatan Anak Dengan Memberikan Sayur Kangkung Setiap Hari

Meskipun menurut mitos bahwa sayur kangkung dapat membuat orang-orang yang mengkonsumsinya mudah mengantuk namun faktanya kandungan nutrisi dalam sayur kangkung mampu memenuhi asupan serat dan sejumlah vitamin dan mineral. Jadi tidak perlu kuatir memberikan kangkung kepada si kecil dimana pada umumnya dikenal ada dua jenis kangkung yang sering dijual di pasar tradisional yaitu kangkung darat dan kangkung air. Kakung darat memiliki daun berukuran lebih kecil yang mengeluarkan bunga berwarna keputihan sedangkan kangkung air mempunyai daun yang lebar dengan bunga berwarna keunguan.

Kangkung adalah salah satu jenis sayuran hijau yang banyak mengandung nutrisi sehingga bagus dikonsumsi setiap hari oleh anak-anak dan orang dewasa. Nutrisi di dalam sayur kangkung adalah vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, kalsium dan fosfor. Tak mengherankan jika sayur kangkung bermanfaat untuk menjaga kesehatan anak-anak. Kangkung juga mengandung karoten, hentriakontan dan sitosterol yang berkhasiat sebagai antiinflamasi / antiradang. Pilihlah sayur kangkung yang masih muda karena bisa dimasak bersama dengan batangnya yang dibelah menjadi 2 bagian bertujuan untuk menghilangkan kotoran atau binatang kecil yang kemungkinan ada di dalam batang kangkung terutama untuk jenis kangkung air. Selanjutnya kangkung dimasak (jangan terlalu lama dan terlalu matang).

Seperti diketahui bahwa kangkung sangat mudah diolah yaitu hanya dimasak sekejap saja sudah matang. Sebaiknya kangkung segera dinikmati setelah menjadi masakan agar mendapatkan tekstur renyah yang masih terasa dan warnanya belum berubah menghitam. Yang perlu dihindari adalah menghangatkan kangkung karena nutrisi di dalamnya bisa berkurang, sebaiknya masak kangkung dalam porsi tepat untuk sekali makan.

Berikut di bawah ini kami berikan beberapa manfaat sayur kangkung untuk menjaga kesehatan (terutama untuk anak-anak), silahkan menyimak penjelasan singkat dari kami. 

1/ Sayur kangkung membantu mencegah anemia

Anemia ternyata bisa menyerang anak-anak, membuat mereka sering merasa pusing, terlihat letih dan lesu serta mudah terserang penyakit ringan. Anemia jika diabaikan begitu saja akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Maka dari itu berikan sayur kangkung untuk dapat dikonsumsi oleh mereka. Kangkung mempunyai kandungan zat besi yang membantu pembentukan sel-sel darah merah.

2/ Kangkung menyehatkan mata

Kangkung merupakan sahabat bagi mata si kecil, karena di dalam sayuran ini banyak mengandung vitamin A yang ampuh membantu menjaga kestabilan penglihatan. Ini berkat kandungan betakaroten dalam sayur kangkung yang berguna dalam meningkatkan ketajaman penglihatan.

3/ Mencegah diabetes

Risiko diabetes pada anak bisa dikurangi dengan konsumsi kangkung. Menurut penelitian kesehatan, ekstrak kangkung berguna sebagai salah satu obat diabetes karena dapat membantu penyerapan gula darah.

Semoga bermanfaat

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel