Perkembangan Mouse dari Masa ke Masa

20 Sep 2022 11:30 1261 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mouse adalah salah satu device atau perangkat yang penting dalam komputer

Halo semua, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian baik-baik saja. Di era modern ini, banyak sekali orang yang menggunakan komputer. Dimulai dari orang kantoran, gamer, bahkan siswa. Meskipun setup komputer semua orang itu berbeda satu dengan yang lain, ada satu hal yang sama dari mereka semua yaitu mereka memiliki mouse. Banyak dari kalian pasti sudah tahu alat yang penting untuk mengoperasikan sebuah komputer yang satu ini. Tapi apakah kalian tahu sejarah dibalik mouse? Nah disini kita akan mengulas salah satu alat untuk mengoperasikan sebuah komputer.

 

PENGERTIAN

Sebelum kita mencari tahu sejarahnya, kita harus mengetahui pengertian dari mouse. Mouse komputer adalah perangkat yang mendeteksi gerakan dua dimensi relatif terhadap permukaan. Gerakan ini biasanya diterjemahkan ke dalam gerakan penunjuk pada monitor, yang memungkinkan kontrol yang mulus dari antarmuka pengguna grafis komputer.

Mouse komputer didemonstrasikan untuk pertama kalinya pada tahun 1968. Awalnya, mouse menggunakan dua roda terpisah untuk melacak gerakan melintasi permukaan: satu di dimensi X dan satu di Y. Kemudian, desain standar bergeser untuk menggunakan bola. menggelinding di permukaan untuk mendeteksi gerakan. Kebanyakan mouse modern menggunakan sensor optik yang tidak memiliki bagian yang bergerak. Meskipun awalnya semua mouse terhubung ke komputer dengan kabel, banyak mouse modern tanpa kabel, mengandalkan komunikasi radio jarak pendek dengan sistem yang terhubung.

 

SEJARAH

  • Trackball

Trackball, ditemukan pada tahun 1946 oleh Ralph Benjamin sebagai bagian dari sistem perencanaan radar kendali tembakan era Perang Dunia II yang disebut Comprehensive Display System (CDS). Benjamin kemudian bekerja untuk Layanan Ilmiah Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Proyek Benjamin menggunakan komputer analog untuk menghitung posisi pesawat target di masa depan berdasarkan beberapa titik input awal yang disediakan oleh pengguna dengan joystick. Benjamin merasa bahwa perangkat input yang lebih elegan diperlukan dan menemukan apa yang mereka sebut "bola rol atau roller ball" untuk tujuan ini.

  • Mouse Rolling Ball Pertama

Device mouse pertama yang bernama Rollkugelsteuerung (bahasa Jerman dari "kontrol bola bergulir") ditampilkan dalam brosur penjualan oleh perusahaan Jerman AEG-Telefunken sebagai perangkat input opsional untuk vektor SIG 100 terminal grafis, bagian dari sistem di sekitar komputer proses mereka TR 86 dan bingkai utama TR 440.

  • Mouse Pertama di Komputer dan Workstation

Xerox Alto adalah salah satu komputer pertama yang dirancang untuk penggunaan individu pada tahun 1973 dan dianggap sebagai komputer modern pertama yang menggunakan mouse. Terinspirasi oleh Alto PARC, Lilith, komputer yang telah dikembangkan oleh tim di sekitar Niklaus Wirth di ETH Zürich antara tahun 1978 dan 1980, juga menyediakan mouse. Versi ketiga dari mouse terintegrasi yang dikirimkan sebagai bagian dari komputer dan ditujukan untuk navigasi komputer pribadi hadir dengan Xerox 8010 Star pada tahun 1981.

 

JENIS

Berikut adalah jenis-jenis mouse yang digunakan

  • Mechanical Mouse

Mouse jenis ini adalah jenis mouse yang sering ditemukan pada komputer-komputer lama dan memiliki bola atau roller didalamnya.

  • Optical Mouse

Mouse jenis ini adalah mouse yang bergantung pada LED untuk mendeteksi pergerakan.

  • Inertial dan Gyroscopic Mouse

Sering disebut dengan “Air Mice” karena mouse jenis ini tidak memerlukan permukaan untuk beroperasi. Mouse ini menggunakan akselerometer untuk mendeteksi gerakan.

  • Gaming Mouse

Mouse ini didesain untuk penggunaan game pada komputer. Mereka biasanya menggunakan rangkaian kontrol dan tombol yang lebih luas dan memiliki desain yang sangat berbeda dari mouse tradisional.

Tags

About The Author

Rakhsha 28
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel