Android 12, Apa Saja yang Baru?

29 Aug 2022 12:50 951 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Android 12 menjadi versi Android terbaru pada tahun 2022

Halo semua, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian baik-baik saja. Bagi kalian pengguna smartphone Android terbaru, pasti sudah tahu jika ada update versi terbaru dari Android dari Android versi 11 ke Android versi 12. Banyak dari kalian yang mungkin belum tahu mengenai update ini apalagi fitur apa yang Android berikan kepada para pengguna pada Android versi 12 ini. Nah disini kita akan membahas update dan fitur baru yang Android berikan pada versi 12 ini.

PENGERTIAN

Android 12 atau dikenal dengan nama kode Android Snow Core adalah rilisan utama ke-12 dan versi ke-19 dari Android, OS yang dikembangkan oleh Open Handset Alliance yang dipimpin oleh Google. Versi Beta dari Android 12 dirilis pertama kali pada 18 Mei 2021 dan dirilis secara publik pada 4 Oktober 2021. Android 12 merupakan versi Android terbaru sampai saat ini.

SEJARAH

Android 12 diumumkan di blog Android pada 18 Februari 2021. Developer preview dirilis tak lama setelahnya dengan 2 preview tambahan yang direncanakan untuk dua bulan berikutnya. Setelah itu, 4 rilisan beta bulanan direncanakan yang dimulai pada bulan Mei sampai bulan Agustus dan rilisan publik hadir pada Oktober.

FITUR-FITUR BARU PADA ANDROID 12

Berikut ini adalah fitur-fitur yang Android berikan kepada penggunanya di Android 12

  • Material You

Fitur baru yang mencolok pada Android 12 adalah pada bagian desainnya. Kini pengguna dapat lebih mengkostumisasi tampilan. Selain itu, tema yang dihadirkan juga cukup dinamis yang mengacu pada warna wallpaper dan diterapkan ke seluruh elemen meliputi lockscreen, widget, panel notifikasi, dan aplikasi.

  • Widgets dan Quick Setting

Pada Android 12, tampilan widget memiliki penampilan yang baru dan lebih enak dipandang, karena widget baru ini akan menyesuaikan warna yang sejalan dengan tema Material You. Selain widget, Android 12 menghadirkan quick setting yang dirombak dari tombol-tombol kecil menjadi tombol persegi panjang yang lebih besar dengan sudut yang membulat yang membuat pengguna lebih mudah membaca dan dapat menampung lebih banyak informasi.

  • Scrolling Screenshot

Selanjutnya ada fitur Scrolling Screenshot yang memudahkan pengguna ketika ingin screenshot sebuah halaman yang panjang. Pengguna hanya perlu klik tombol capture dan scroll layar untuk mendapatkan hasil screenshot yang lebih panjang dan tak perlu memerlukan screenshot beberapa kali.

  • Auto Rotate dan One-Handed Mode

Pada dasarnya fitur Auto Rotate ditentukan oleh akselerometer. Namun pada Android 12, fitur Auto Rotate ditentukan oleh posisi wajah pengguna, sehingga layar smartphone akan mendeteksi wajah dan berputar saat orientasi wajah berubah. Selain fitur Auto Rotate, tersedia juga fitur One-Handed Mode yang dapat memudahkan pengguna untuk mengoperasikan smartphone dengan hanya satu tangan.

  • Indikator Kamera dan Mikrofon

Fitur baru selanjutnya yang menjadi kelebihan dari Android 12 ada di bagian indikator mikrofon dan kamera. Di mana, fitur ini akan memunculkan indikator mikrofon atau kamera pada bagian kanan atas ketika ada aplikasi sedang digunakan atau diaktifkan. Hal ini menjadi salah satu fitur baru Android 12 yang sangat berguna dalam memberi tahu apakah mikrofon dan kamera sedang aktif.

  • Privacy Dashboard

Fitur selanjutnya adalah Privacy Dashboard. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat izin akses dari masing-masing aplikasi yang terinstal pada smartphone dan seberapa sering aplikasi tersebut digunakan. Dengan fitur ini, pengguna dapat memantau dan mencabut akses dari dashboard ini.

Tags

About The Author

Rakhsha 28
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel