Pendingin Manusia

26 Aug 2022 11:40 833 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
AC adalah salah satu alat pendingin yang umum digunakan oleh masyarakat dunia

Halo semua, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian baik-baik saja. Sejak manusia ada dimuka Bumi, manusia sering mengalami kepanasan. Bisa itu dari cuaca yang panas, diam didekat api, dll. Di jaman modern ini, sekarang banyak alat pendingin yang dapat menyejukkan tubuh, salah satunya adalah AC atau Air Conditioning. Nah kalian pasti sudah tahu apa itu AC dan fungsinya, namun mungkin belum mengetahui sejarah dibelakangnya. Oleh sebab itu, disini kita akan membahas salah satu alat penyejuk udara yang sekarang banyak dipakai orang didunia.

PENGERTIAN

Air Conditioning, atau sering disingkat sebagai A/C atau AC, adalah proses menghilangkan panas dari ruang tertutup untuk mencapai lingkungan interior yang lebih nyaman (kadang-kadang disebut sebagai ‘comfort cooling') dan dalam beberapa kasus juga secara ketat mengontrol kelembaban udara internal. Air Conditioning dapat dicapai dengan menggunakan 'air conditioner' mekanis atau sebagai alternatif berbagai metode lain, termasuk pendinginan pasif dan pendinginan ventilasi.

SEJARAH

Konsep pendingin udara sudah ada dari jaman Romawi Kuno. Pada jaman itu, air disalurkan melalui terowongan air dan diedarkan di dinding rumah-rumah tertentu untuk mendinginkan rumah mereka. Kemudian di Persia, mereka menggunakan teknik yang mirip dengan Romawi Kuno. Mereka menggunakan tangki air dan menara angin untuk mendinginkan bangunan dan rumah mereka selama musim panas.

Sejarah AC yang kita ketahui sekarang dimulai pada tahun 1842 oleh ilmuwan dari AS yang bernama John Gorrie. Dia melakukan penelitian mengenai AC karena dari banyaknya pasien yang menderita malaria dan gejala demam tinggi. Suhu ruangan yang panas, malah membuat penyakit pasien semakin parah. Ada sebuah teori jika kondisi sirkulasi udara yang buruk dapat menyebabkan penyakit. Kemudian dia mendinginkan udara menggunakan bongkahan es dalam wadah yang dia taruh di langit-langit ruangan dan disebar dengan kipas angin sehingga hawa es bisa menyebar dan mendinginkan udara. Namun, cara ini kurang efektif karena es pada wadah cepat mencari sehingga pada tahun 1845, John Gorrie berhenti menjadi seorang medis dan mulai fokus pada proyek alat pendingin udara. Selama 6 tahun, dia berusaha merancang dan membuat mesin pendingin udara sampai pada akhirnya di tahun 1851, dia berhasil membuat mesin pembuat es pertama yang menjadi awal mula mesin AC.

Sayangnya karena kondisi kesehatannya yang buruk dan terus menurun, John Gorrie meninggal pada tahun 1855 yang membuat mesin temuannya gagal dikembangkan. Namun mesin temuannya dilanjutkan untuk dikembangkan oleh Willis Carrier yang sekarang dikenal sebagai penemu AC modern pada tahun 1902. Dan pada 2 Januari 1906, paten untuk alat penyejuk ruangan atau AC diberikan kepada Willis Carrier.

JENIS-JENIS AC

  • Split Wall

AC Split Wall adalah jenis AC standar yang umum digunakan dalam rumah, kantor dan tempat umum lainnya. Hal ini karena perawatannya yang mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal.

  • Sentral

AC Sentral adalah jenis AC yang sering ditemukan pada bagunan-bangunan besar seperti mall dan hotel. AC ini bekerja dengan cara mendinginkan udara suatu ruangan pada cooling yang berasal dari luar.

  • Standing Floor

AC Standing Floor dapat dibilang cukup unik karena AC jenis ini memiliki bentuk unit indoor dan dapat dipindahkan kemanapun sesuai keinginan. AC ini sering ditemukan pada acara besar seperti pernikahan dan pameran karena dapat dengan mudah dipindahkan.

  • Cassette

AC Cassette adalah jenis AC yang sering ditemukan pada langit-langit ruangan. Berbeda dengan AC Split Wall yang dapat dipasang sendiri, AC Cassette memubutuhkan keahlian khusus dan tidak bisa dilakukan sembarangan.

Tags

About The Author

Rakhsha 28
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel