Cocok untuk Para Pendaki Pemula, Inilah Gunung di Indonesia dang Ramah Kondisi Alamnya

31 Aug 2022 13:50 1269 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Cocok Untuk Para Pendaki Pemula : Inilah Gunung Di Indonesia Yang Ramah Kondisi Alamnya

Tersedia banyak pilihan gunung di Indonesia yang tepat untuk didaki oleh para pemula. Gunung-gunung ini adalah menjadi tempat favorit bagi pendaki pemula yang menyuguhkan keindahan alam tidak kalah cantik dengan gunung-gunung yang memiliki jalur pendakian yang sulit. Apakah anda memiliki rencana ingin mendaki gunung guna merayakan hari kemerdekaan Negara RI yaitu tanggal 17 Agustus yang datang setiap tahun ? Jika anda belum pernah sama sekali mendaki gunung maka berikut di bawah ini kami rekomendasikan beberapa gunung yang memiliki kondisi alam masih ramah terhadap kelompok pendaki pemula sehingga gunung-gunung ini menjadi favorit yang sering didaki oleh para pemula. Yuk simak ulasan singkat sampai selesai.

 

1/ Mendaki Gunung Nglanggeran di Yogyakarta

Mempunyai rencana untuk liburan ke Yogyakarta ? Selain dapat melakukan wisata kuliner dan menikmati ragam budaya setempat, anda juga bisa melakukan kegiatan menarik seperti mendaki Gunung Nglanggeran yang lokasinya terletak di Kabupaten Gunung Kidul memiliki ketinggian sekitar 700 mdpl dan medan yang cenderung landau, gunung yang satu ini sangat cocok didaki oleh pendaki pemula yaitu hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk dapat sampai di puncaknya. Tidak perlu merasa kuatir akan menjumpai medan yang agak licin, terjal dengan batu karang yang menghalangi jalan karena di sekitarnya sudah tersedia tangga-tangga kayu yang kokoh dan tali bisa membantu anda untuk melewati medan yang paling sulit. Perjalan diawali dengan melalui sebuah desa kecil yang bernama Desa Nglanggeran bisa ditempuh dengan waktu sekitar lebih dari 1 jam dari Yogyakarta. Jika ingin berlama-lama menikmati suasana alam yang indah di puncak gunung ini maka anda dan tim pendaki lainnya bisa membangun tenda di area camping ground yang sudah tersedia.

 

 

2/ Mendaki Gunung Andong di Jawa Tengah

Memiliki hobi berpetualang seperti naik gunung ? tetapi belum mempunyai banyak pengalaman maka cobalah latihan dengan mendaki Gunung Andong yang lokasinya berada di Magelang, Jawa Tengah adalah salah satu gunung yang paling aman untuk anda gunakan sebagai pengalaman pertama mendaki gunung. Tersedia jalur pendakian yang mudah untuk dilalui dan dilengkapi dengan sejumlah papan petunjuk, anda tidak perlu kuatir akan tersesat di hutan yang mengelilingi gunung berketinggian sekitar 1762 mdpl ini. Meskipun tidak terlalu tinggi anda tetap bisa mendapatkan pemandangan alam yang menawan yaitu bisa melihat secara langsung view ke gunung tetangga yaitu Gunung Merbabu. Disarankan untuk bermalam saja dengan mendirikan tenda di area yang sudah disediakan guna bisa mendapatkan kesempatan menikmati pemandangan sunrise yang luar biasa cantik. Bagi anda yang membutuhkan informasi terbaru tentang pendakian Gunung Andong di Magelang maka silahkan melihat akun Instagram@gunungandong bisa menjadi rujukan.

 

3/ Mendaki Gunung Prau di Jawa Tengah

Masih berada di daerah Jawa Tengah, ada satu lagi gunung yang sangat cocok untuk pendaki pemula yaitu bernama Gunung Prau yang terletak di Dataran Tinggi Dieng tepatnya di Desa Patak Banteng, puncak gunung ini menawarkan hamparan lautan awan yang terlihat sangat dekat dengan kepala anda siap untuk memanjakan mata dan menenangkan pikiran serta cocok dijadikan sebagai objek foto selfie. Gunung ini tingginya mencapai angka sekitar 2565 mdpl bisa menjadi tempat yang bagus bagi anda dan teman-teman untuk melihat cantiknya golden sunrise. Dari puncak gunung ini anda juga bisa menikmati keindahan alam gunung tetangga yaitu Gunung Sindoro, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari kejauhan. Pendakian bisa dilakukan selama kurang lebih 3 jam dan ini adalah salah satu gunung yang memiliki puncak paling luas di Indonesia. Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang syarat pendakian gunung ini bisa melihat agenda operasional Gunung Prau yang ditemukan melalui akun Instagram@prau_mountain.

 

4/ Mendaki Gunung Gede di Jawa Barat

Apabila anda ingin melihat-lihat keindahan hamparan padang bunga edelweis yang menawan hati, maka sangat tepat jika melakukan pendakian Gunung Gede yang menjadi salah satu rekomendasi dari kami untuk dilakukan bagi pemula. Gunung ini terletak di Bogor Jawa Barat yang termasuk ke dalam bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sangat cocok digunakan sebagai latihan mendaki bagi pemula maupun yang sudah berpengalaman. Bagi pemula bisa mendaki gunung berketinggian 2958 mdpl ini melalui jalur Cibodas yang medannya tidak terlalu terjal dengan waktu tempuh kurang lebih 6 jam. Selain menyuguhkan pemandangan alam berupa padang bunga edelweis, pertengahan jalan anda akan bertemu dengan pemandangan yang sangat unik berupa air terjun bernama Air Terjun Cibereum yang memiliki sumber mata air panas hingga telaga ajaib berair sangat bersih dan jernih. Karena letak gunung ini tidak jauh dari Kota Jakarta maka gunung ini sangat cocok untuk melepas kepenatan saat weekend. Untuk bisa menuju ke sana, anda bisa naik kereta api dengan tujuan Stasiun Bogor, lalu naik angkutan kota ke Terminal Barangsiang untuk kemudian disambung dengan angkot menuju Cibodas. Bagi anda yang ingin mengumpulkan informasi terbaru dan berencana untuk mendaki gunung ini maka silahkan menemukan informasi yang diperlukan melalui akun Instagram@bbtn_gn_gedepangrango.

 

Selamat mendaki.

 

Sumber tulisan :

 

 

 

Tags Wisata

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel