Alat Navigasi Luar Angkasa

19 Aug 2022 13:45 909 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Di era modern ini, GPS menjadi alat navigasi yang populer digunakan oleh masyarakat didunia

Halo semua, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian baik-baik saja. Di era modern ini, jika kita ingin berpergian kemana pun kita dapat melihat aplikasi google maps, waze, applae maps, dst. Aplikasi ini menggunakan teknologi GPS atau Global Positioning System. Lantas apa itu GPS dan bagaimana awal mula sejarahnya? Disini kita akan mengulasnya.

PENGERTIAN

GPS atau Global Positioning System adalah sistem navigasi berbasis satelit yang terdiri dari setidaknya 24 satelit. GPS dimiliki oleh pemerintah AS dan dioperasikan oleh USSF atau United State Space Force. GPS adalah salah satu sistem navigasi satelit global yang beroperasi didunia. GPS bekerja dalam segala jenis kendala cuaca, dimanapun didunia, 24 jam sehari dan gratis. Departemen pertahanan AS awalnya menggunakan GPS hanya untuk kepentingan militer, tetapi dibuat tersedia untuk sipil pada 1980-an.

CARA KERJA

Satelit GPS mengelilingi Bumi 2 kali sehari pada orbit yang tepat. Setiap satelit tersebut akan mengirimkan sinyal unik dan parameter orbital yang memungkinkan perangkat GPS untuk memecahkan kode dan menghitung lokasi tepat penggunanya dari satelit.

Tak hanya pada perangkat mobile saja, kini sudah banyak mobil menggunakan GPS. Berikut ini cara kerja GPS pada mobil.

  • GPS menerima informasi tentang koordinat bumi dari setidaknya 3 buah satelit
  • GPS mengirim informasi tersebut ke server operator melalui tower-tower seluler
  • Semua posisi dari kendaraan akan diproses terlebih dahulu oleh server agar bisa mengirimkan keberadaan lokasinya
  • Data posisi kendaraan yang dilacak dapat dilihat pada browser desktop atau smartphone, bahkan ada beberapa mobil yang dapat melihat lokasinya sendiri melalui layar yang terdapat pada dashboard mobil

SEJARAH

Project GPS diluncurkan di AS pada tahun 1973 dengan tujuan untuk mengatasi limitasi sistem navigasi sebelumnya. Dengan mengkombinasikan beberapa ide dari pendahulunya, departemen pertahanan AS mengembangkan sistem yang awalnya menggunakan 24 satelit untuk digunakan oleh militer AS dan beroperasi secara penuh pada tahun 1995. Dan penggunaan untuk sipil diperbolehkan pada tahun 1980.

GNSS

Setelah disinggung bahwa GPS adalah salah satu  sistem navigasi satelit global, pasti ada yang bertanya “sistem navigasi selain GPS apa?” nah berikut adalah sistem navigasi satelit yang ada didunia.

  • GPS

Pertama kali diluncurkan pada tahun 1978 oleh AS, GPS terdiri dari 32 satelit Medium Earth Orbit atau MEO pada 6 bidang orbit yang berbeda.

  • GLONASS

Pertama kali diluncurkan oleh Uni Soviet pada tahun 1982, GLONASS atau Global'naya Navigatsionnaya Sputnikovaya Sistema (Global Navigation Satelite System pada bahasa Inggris) adalah sistem navigasi satelit yang menyediakan jasa radionavigasi-satelit untuk sipil. GLONASS juga digunakan oleh Russian Aerospace Defence Force.

  • BeiDou

Pertama kali diluncurkan pada tahun 2000, BeiDou dimulai dari BeiDou-1 yang sekarang dinonaktifkan. BeiDou adalah sistem navigasi satelit Tiongkok yang digunakan oleh mayoritas penduduk Tiongkok.

  • Galileo

Pertama kali diluncurkan pada tahun 2011, Galileo diciptakan sebagai alternatif dari GPS dan GLONASS yang dibuat oleh Uni Eropa.

NAVIGASI SATELIT REGIONAL

Selain navigasi satelit global, ternyata ada juga sistem navigasi regional yang diciptakan oleh beberapa negara. Berikut adalah sistem navigasi satelit regional didunia

  • NavIC

NavIC adalah sistem navigasi satelit regional yang diciptakan oleh India untuk keperluan India. Sama seperti Galileo yang diciptakan oleh Uni Eropa, NavIC diciptakan sebagai alternatif dari GPS. India menciptakan NavIC untuk membatasi ketergantungannya pada teknologi AS.

  • QZSS

QZSS atau Quasi-Zenith Satellite System adalah sistem navigasi satelit yang diciptakan oleh Jepang. Alasan Jepang membuat QZSS adalah untuk menyediakan layanan penentuan posisi yang presisi dan stabil pada kawasan Asia-Oseania yang kompatibel dengan GPS.

Tags

About The Author

Rakhsha 28
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel