Komponen Grafis Komputer

16 Aug 2022 13:05 1279 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
VGA merupakan salah satu komponen penting dari sebuah komputer

Halo semua, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian baik-baik saja. Bagi kalian yang mempunyai PC pasti sudah tahu dengan nama VGA. Beberapa dari kalian mungkin belum tahu apa itu VGA dan fungsinya. Disini kita akan membahas komponen grafis pada komputer yaitu VGA

APA ITU VGA?

VGA merupakan singkatan dari Video Graphic Array. Biasanya VGA itu berbentuk kabel, port, dan konektor yang digunakan untuk menghubungkan layar monitor ke kartu video atau kartu grafis. Kabel VGA memiliki konektor 15 pin yang terdiri dari 5 pin dibagian atas, 5 pin dibagian tengah, dan 5 pin dibagian bawah yang kemudian dipasangkan pada port VGA desktop atau laptop.

PERBEDAAN VGA DAN GPU

Beberapa dari kalian mungkin bertanya “perbedaan VGA dan GPU itu apa?” berikut adalah perbedaan dari mereka kedua.

Perbedaan VGA dan GPU dapat dilihat dari segi fungsinya. GPU dapat diibaratkan sebagai otak atau inti dari VGA, yaitu berfungsi untuk mengolah dan memproses gambar dan video untuk komputer. Sebaliknya, VGA menjadi tempat menempelnya GPU. VGA hampir sama seperti motherboard yang menyediakan tempat untuk CPU memproses data. Bedanya, jika pada motherboard pusat pemrosesan data terjadi pada CPU, pada VGA pusat pemrosesan data terjadi pada GPU.

 

FUNGSI VGA

VGA memiliki fungsi utama untuk menghasilkan dan menampilkan gambar dan video pada display monitor. Pada komputer lama, VGA dianggap komponen penting namun pada komputer keluaran terbaru VGA biasanya sudah ada pada motherboard (onboard). Berikut ini adalah fungsi lain dari VGA :

  • Mengirimkan serta menerjemahkan output dari komputer ke display monitor.
  • Menampilkan tampilan grafis pada display monitor dengan mengubah sinyal digital di komputer.
  • Menjadi tempat untuk menyimpan data dari HDD atau SSD.
  • Memberikan data ke prosesor untuk di proses.
  • Digunakan untuk menggambar, desain grafis atau bermain game.
  • Menggambar dengan kualitas terbaik.
  • Memproses semua grafis yang akan ditampilkan pada display monitor.
  •  

JENIS JENIS VGA

Berikut ini adalah beberapa jenis VGA

  • VGA ISA

VGA ISA adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus yang bersistemkan I/O 8-bit atau 16-bit. Namun kartu jenis ini sudah tidak digunakan lagi, karena kecepatan transfer datanya yang lambat, tampilan kehalusan gambar dan kombinasi warna yang ditampilkan juga sangat terbatas. Teknologi slot ekspansi ISA bus sistem I/O 8-bit pertama kali diperkenalkan pada tahun 1981, sedangkan yang sistem I/O 16-bit pada tahun 1984.

  • VGA EISA

VGA EISA adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi EISA (Estended Industry Standard Architecture) bus yang sistem I/O 32-bit. Seperti pada generasi sebelumnya yaitu VGA ISA, kartu VGA EISA pada saat ini sudah tidak digunakan lagi, karena kecepatan yang terbatas, kehalusan gambar dan kombinasi warnaya yang dihasilkan juga terbatas. Teknologi slot eskpansi EISA bus dengan sistem I/O 32-Bit pertama kali dirilis pada tahun 1988 oleh “Gangs of Nine” (yaitu sebuah konsorsium vendor pembuat kompatibel dari IBM PC), yang mempunyai tegangan 5volt dan 12 volt dan kecepatan clock-nya 8,33 MHz sedangkankan kecepatan transfernya 32MB/s.

  • VGA PCI

VGA PCI adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang sistem I/O 32-bit atau 64-bit. Kartu VGA jenis ini untuk saat sekarang sudah jarang digunakan, karena adanya keterbatasan pada fitur-fiturnya. Pada tahun 1993 pertama kali teknologi slot ekspansi PCI ini dipakai dengan sistem I/O 32-bit atau 63-bit.

  • VGA AGP

VGA AGP adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yang sistem I/O 128-bit atau 256-bit. Awalnya kartu VGA ini dibuat untuk meningkatkan transfer data terhadap memori secara signifikan dari CPU ke perangkat “tampilan atau display”.Kartu ini dikeluarkan berdasarkan nilai voltase yang digunakan, yaitu AGP 1x dan AGP 2x dengan nilai tegangan 3,3 volt, AGP 4x dan AGP 8x dengan nilai tegangan 1,5 volt, dan AGP Universal. Jenis terakhir dari VGA AGP adalah AGP Pro.

  • VGA PCIe

VGA PCIe adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang sistem I/O berangkaian seri. Dengan kecepatan transfer hingga 32GB/s. Slot PCIe adalah pengembangan selanjutnya dari generasi slot ekspansi PCI. Dengan kemampuan luar biasa, dengan nama PCI Express yang diperuntukkan guna memasang peralatan-peralatan interface (antarmuka) dengan teknologi terkini yang membutuhkan kecepatan transfer sangat tinggi. Teknologi slot PCIe dengan sistem I/O berangkaian seri pertama kali digunakan pada tahun 2004. Dan versi slot ekspansi PCIe yang beredar di pasaran adalah PCIe 1x, PCIe 4x, PCIe 8x, dan PCIe 16x.

Tags

About The Author

Rakhsha 28
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel