Tembok Internet

12 Aug 2022 18:55 445 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Firewall adalah sistem keamanan yang melindungi jaringan kita dari serangan

Halo semua, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian baik-baik saja. Kalian pasti sudah tahu tembok besar Tiongkok yang diciptakan oleh kaisar tiongkok untuk melindungi wilayahnya. Tapi tahukah kalian bahwa ada tembok yang melindungi internet? Yup kali ini kita akan membahas tentang Firewall dari apa itu Firewall, jenis-jenis Firewall dan fungsinya.

PENGERTIAN

Firewall adalah sebuah perangkat keamanan jaringan yang memantau lalu lintas jaringan masuk dan keluar dan mengizinkan atau memblokir paket data berdasarkan seperangkat aturan keamanan. Tujuannya adalah untuk membuat penghalang antara jaringan internal pengguna dan lalu lintas masuk dari sumber eksternal (seperti internet) untuk memblokir lalu lintas berbahaya seperti virus dan hacker atau peretas.

CARA KERJA

Firewall dengan hati-hati menganalisis lalu lintas data yang masuk berdasarkan aturan yang telah ditetapkan sebelumnya dan memfilter lalu lintas yang berasal dari sumber yang tidak aman atau mencurigakan untuk mencegah sebuah serangan. Firewall menjaga lalu lintas di titik masuk komputer, yang disebut port, yang dimana informasi dipertukarkan dengan perangkat eksternal.

JENIS-JENIS

  • Personal Firewall

Personal Firewall dirancang untuk melindungi sebuah komputer yang terhubung ke jaringan dari akses yang tidak menguntungkan. Tembok api ini akhir-akhir ini menjadi sebuah kumpulan program yang bertujuan untuk membuat komputer secara total, dengan menambahkannya beberapa fitur pengaman tambahan semacam perangkat proteksi terhadap virus, anti-spyware, anti-spam, dan sebagainya.

  • Network Firewall

Network Firewall dirancang untuk melindungi jaringan secara keseluruhan dari berbagai serangan. Lebih sering ditemukan dalam dua bentuk, yakni sebuah perangkat terdedikasi atau sebagai sebuah perangkat lunak yang diinstalasikan dalam sebuah server. Contoh dari Firewall ini adalah Microsoft Internet Security and Acceleration Server (ISA Server).

  • Proxy Firewall

Proxy Firewall sering disebut juga dengan application-level gateway. Firewall ini bekerja dengan memproses sumber paket beserta isi paketnya. Jika menggunakan proxy Firewall, pengguna akan mendapatkan keamanan lebih. Akan tetapi, hal ini bisa memperlambat kinerja sistem.

FUNGSI FIREWALL

  • Mengatur lalu lintas jaringan

Fungsi pertama yang dapat dilakukan oleh Firewall adalah Firewall harus dapat mengatur dan mengontrol lalu lintas jaringan yang diizinkan untuk mengakses jaringan atau komputer yang dilindungi oleh Firewall.

  • Autentikasi akses

Protokol TCP/IP dibangun dengan premis bahwa protokol tersebut mendukung komunikasi yang terbuka. Jika dua host saling mengetahui alamat IP satu sama lainnya, maka mereka diperbolehkan untuk saling berkomunikasi. Pada awal-awal perkembangan Internet, hal ini boleh dianggap sebagai suatu berkah. Tapi saat ini, di saat semakin banyak yang terhubung ke Internet, mungkin kita tidak mau siapa saja yang dapat berkomunikasi dengan sistem yang kita miliki.

  • Inspeksi paket

Inspeksi paket adalah proses yang dilakukan oleh firewall untuk 'memblokir' dan memproses data dalam sebuah paket untuk menentukan apakah paket tersebut diperbolehkan atau ditolak, berdasarkan kebijakan akses yang diterapkan oleh seorang administrator atau admin. Inspeksi paket dapat dilakukan dengan melihat elemen-elemen berikut:

  • Alamat IP dari komputer sumber
  • Port sumber pada komputer sumber
  • Alamat IP dari komputer tujuan
  • Port tujuan data pada komputer tujuan
  • Protokol IP
  • Informasi header-header yang disimpan dalam paket

KESIMPULAN

Firewall adalah sistem keamanan yang ada pada jaringan komputer yang berguna untuk melindungi komputer kita dari serangan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, virus, malware, dan segala jenis serangan yang berpotensi membahayakan komputer. Firewall juga memilik sebuahi fungsi yang sudah pasti menambah keamanan komputer.

Tags

About The Author

Rakhsha 19
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel