Alat Penyelamat Siswa dan Mahasiswa

10 Aug 2022 13:25 1026 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Kalkulator merupakan salah satu alat penyelamat siswa dan mahasiswa dari kejamnya matematika

Halo semua, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian baik-baik saja. Kalian pasti sudah tahu alat hitung yang ada pada perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, bahkan komputer kalian. Yup kali ini kita akan membahas sejarah dan desain alat hitung kalkulator.

Kalkulator elektronik biasanya adalah perangkat elektronik portabel yang digunakan untuk melakukan perhitungan, mulai dari aritmatika dasar hingga matematika kompleks.

Kalkulator elektronik solid-state pertama dibuat pada awal 1960-an. Perangkat berukuran saku mulai tersedia pada tahun 1970-an, terutama setelah Intel 4004, mikroprosesor pertama, dikembangkan oleh Intel untuk perusahaan kalkulator Jepang Busicom.

DESAIN

  • Input

Kalkulator berisi sebuah keyboard dengan tombol untuk operasi angka dan operasi aritmatika. Biasanya kalkulator menetapkan satu tombol untuk satu operasi, namun beberapa kalkulator dapat menjalakan operasi spesifik menggunakan kombinasi tombol.

  • Display

Kalkulator biasanya dibekali dengan layar LCD (liquid-crystal display) sebagai media output.

  • Memori

Kalkulator memiliki kemampuan menyimpan angka kedalam memori komputer. Biasanya kalkulator menyimpan hanya satu angka, namun beberapa kalkulator dapat menyimpan beberapa angka sekaligus.

SEJARAH

  • Pendahulu

Alat pertama yang diketahui digunakan untuk membantu perhitungan aritmatika adalah: tulang yang digunakan untuk menghitung barang, kerikil, dan papan hitung, dan sempoa, yang diketahui telah digunakan oleh bangsa Sumeria dan Mesir sebelum tahun 2000 SM. Kecuali mekanisme Antikythera sebuah perangkat astronomi yang "di luar waktu", perkembangan alat komputasi tiba menjelang awal abad ke-17: kompas geometris-militer oleh Galileo, logaritma dan tulang Napier oleh Napier, dan aturan slide oleh Edmund Gunter.

  • Pengembangan elektronik

Perusahaan Komputer Casio, di Jepang, merilis kalkulator Model 14-A pada tahun 1957, yang merupakan kalkulator kompak (relatif) semua-listrik pertama di dunia. Kalkulator ini tidak menggunakan logika elektronik tetapi didasarkan pada teknologi relay. Pada bulan Oktober 1961, kalkulator desktop elektronik pertama di dunia, British Bell Punch/Sumlock Comptometer ANITA (A New Inspiration To Arithmetic/Accounting) diumumkan. Mesin ini menggunakan tabung vakum, tabung katoda dingin dan dekatron pada rangkaiannya, dengan 12 tabung katoda dingin "Nixie" untuk tampilannya.

  • Kalkulator yang dapat diprogram

Kalkulator desktop pertama yang dapat diprogram diproduksi pada pertengahan 1960-an. Mereka termasuk Mathatronics Mathatron (1964) dan Olivetti Programma 101 (akhir 1965) yang solid-state, desktop, percetakan, floating point, entri aljabar, programmable, kalkulator elektronik program yang tersimpan.

  • Kalkulator saku

Pada tahun 1970, kalkulator dapat dibuat hanya dengan menggunakan beberapa chip dengan konsumsi daya rendah, memungkinkan model portabel ditenagai dari baterai yang dapat diisi ulang. Kalkulator genggam pertama adalah prototipe 1967 yang disebut Cal Tech, yang pengembangannya dipimpin oleh Jack Kilby di Texas Instruments dalam sebuah proyek penelitian untuk menghasilkan kalkulator portabel. Kalkulator ini bisa menambah, mengalikan, mengurangi, dan membagi, dan perangkat outputnya adalah pita kertas. Sebagai hasil dari proyek "Cal-Tech", Texas Instruments diberikan hak paten utama pada kalkulator portabel.

  • Fase pasar massal

Pada awal tahun 1970-an, kalkulator elektronik genggam sangat mahal, dengan upah dua atau tiga minggu, dan begitu pula barang mewah. Tingginya harga karena konstruksinya membutuhkan banyak komponen mekanik dan elektronik yang mahal untuk diproduksi, dan produksi berjalan terlalu kecil untuk memanfaatkan skala ekonomi. Banyak perusahaan melihat bahwa ada keuntungan bagus yang bisa diperoleh dalam bisnis kalkulator dengan margin pada harga yang begitu tinggi. Namun, biaya kalkulator turun karena komponen dan metode produksinya meningkat, dan efek skala ekonomi terasa.

Tags

About The Author

Rakhsha 28
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel