Teknologi Pengisian Daya Nirkabel

9 Aug 2022 15:10 1314 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Wireless charging merupakan teknologi pengisian daya yang kini sudah dilupakan orang

Halo semua, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian baik-baik saja. Di era abad 21 ini, sudah banyak teknologi canggih yang bermunculan. Salah satunya adalah Wireless Charging atau pengisian daya nirkabel. Nah mungkin dari kalian ada yang sudah tahu tentang teknologi ini, nah bagi yang belum tahu kita akan mengulas teknologi pengisian daya tanpa kabel ini.

Pengisian induktif (juga dikenal sebagai Wireless Charging atau pengisian nirkabel) adalah jenis transfer daya nirkabel. Pengisian daya ini menggunakan induksi elektromagnetik untuk menyediakan listrik ke perangkat portabel. Pengisian induktif juga digunakan pada kendaraan, peralatan listrik, sikat gigi elektrik, dan peralatan medis. Peralatan portabel dapat ditempatkan di dekat stasiun pengisian daya atau bantalan induktif tanpa perlu disejajarkan secara tepat atau membuat kontak listrik dengan dok atau steker.

Pengisian induktif dinamakan demikian karena mentransfer energi melalui kopling induktif. Pertama, arus bolak-balik melewati koil induksi di stasiun pengisian atau bantalan. Muatan listrik yang bergerak menciptakan medan magnet, yang kekuatannya berfluktuasi karena amplitudo arus listrik berfluktuasi. Medan magnet yang berubah ini menciptakan arus listrik bolak-balik dalam kumparan induksi perangkat portabel, yang pada gilirannya melewati penyearah untuk mengubahnya menjadi arus searah. Akhirnya, arus searah mengisi baterai atau menyediakan daya operasi.

SEJARAH

Transfer daya induksi pertama kali digunakan pada tahun 1894 ketika M. Hutin dan M. Le-Blanc mengusulkan alat dan metode untuk menggerakkan kendaraan listrik. Namun, mesin pembakaran terbukti lebih populer, dan teknologi ini dilupakan untuk sementara waktu.

Pada tahun 1972, Profesor Don Otto dari Universitas Auckland mengusulkan sebuah kendaraan bertenaga induksi menggunakan pemancar di jalan dan penerima di kendaraan. Pada tahun 1977, John E. Trombly dianugerahi paten untuk "pengisi daya baterai yang digabungkan secara elektromagnetik." Paten menjelaskan aplikasi untuk mengisi baterai lampu depan untuk penambang (US 4031449).

SYARAT AGAR BISA WIRELESS CHARGING

  • Charging Pad
  • Coil Receiver

KELEBIHAN

  • Sambungan terlindungi  –  Tidak ada korosi saat elektronik tertutup, jauh dari air atau oksigen di atmosfer. Risiko gangguan listrik yang lebih kecil seperti korsleting karena kegagalan isolasi, terutama jika sambungan sering dibuat atau putus.
  • Dapat dioperasikan secara otomatis tanpa memerlukan pengguna untuk memasang dan mencabut kabel.
  • Risiko infeksi rendah  –  Untuk perangkat medis tertanam, transmisi daya melalui medan magnet yang melewati kulit menghindari risiko infeksi yang terkait dengan kabel yang menembus kulit.
  • Daya Tahan  –  Tanpa perlu terus-menerus mencolokkan dan mencabut perangkat, secara signifikan mengurangi keausan pada soket perangkat dan kabel penghubung.
  • Peningkatan kenyamanan dan kualitas estetik  –  Tidak perlu kabel.

KEKURANGAN

  • Pengisian daya lebih lambat   –   Karena efisiensi yang lebih rendah, perangkat membutuhkan waktu 15 persen lebih lama untuk mengisi daya saat daya yang disuplai dalam jumlah yang sama.
  • Lebih mahal   –   Pengisian induktif juga memerlukan elektronik penggerak dan kumparan di perangkat dan pengisi daya, meningkatkan kerumitan dan biaya pembuatan.
  • Ketidaknyamanan   –   Saat perangkat seluler terhubung ke kabel, perangkat dapat dipindahkan (meskipun dalam jangkauan terbatas) dan dioperasikan saat mengisi daya. Dalam sebagian besar implementasi pengisian daya induktif, perangkat seluler harus dibiarkan di atas bantalan untuk diisi daya, dan karenanya tidak dapat dipindahkan atau dioperasikan dengan mudah saat mengisi daya.
  • Standar yang kompatibel   –   Tidak semua perangkat kompatibel dengan pengisi daya induktif yang berbeda. Namun, beberapa perangkat sudah mulai mendukung beberapa standar.
  • Inefisiensi   –   Pengisian induktif tidak seefisien pengisian langsung.
Tags

About The Author

Rakhsha 28
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel