PayPal, Aplikasi yang Sering Digunakan oleh Para Freelance

8 Aug 2022 16:50 1014 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
PayPal merupakan aplikasi pembayaran yang populer digunakan oleh masyarakat luar, bahkan di Indonesia.

Halo semua, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian baik-baik saja. Kalian pasti tahu keributan yang terjadi di sosmed seluruh Indonesia beberapa hari yang lalu, karena Kominfo memblokir beberapa aplikasi yang dianggap illegal oleh mereka. Beberapa aplikasi tersebut antara lain adalah :

  • Steam
  • Yahoo
  • Epic Games
  • Dota 2
  • CSGO
  • Origin
  • PayPal

Dari list tersebut ada satu aplikasi yang digunakan oleh para freelance untuk menyimpan uang mereka, yaitu PayPal. Nah mungkin ada dari kalian yang belum tahu tentang aplikasi satu ini, disini kita akan mengulas aplikasi pembayaran PayPal.

PayPal Holding sadalah perusahaan teknologi keuangan multinasional Amerika yang mengoperasikan sistem pembayaran online di sebagian besar negara yang mendukung transfer uang online, dan berfungsi sebagai alternatif elektronik untuk metode kertas tradisional seperti cek dan wesel. Perusahaan beroperasi sebagai pemroses pembayaran untuk vendor online, situs lelang, dan banyak pengguna komersial lainnya, yang dikenakan biaya.

Didirikan pada tahun 1998 sebagai Confinity, PayPal go public melalui IPO pada tahun 2002. PayPal menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki eBay akhir tahun itu, senilai $1,5 miliar. Pada tahun 2015 eBay memisahkan PayPal kepada pemegang sahamnya, dan PayPal menjadi perusahaan independen lagi.Perusahaan ini menduduki peringkat 143 pada 2022 Fortune 500 dari perusahaan Amerika Serikat terbesar berdasarkan pendapatan.

SEJARAH

  • Sejarah Awal

PayPal awalnya didirikan oleh Max Levchin, Peter Thiel, dan Luke Nosek pada Desember 1998 sebagai Confinity, sebuah perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak keamanan untuk perangkat genggam. Namun, karena tidak berhasil dengan model bisnis itu, ia mengalihkan fokusnya ke dompet digital. Versi pertama dari sistem pembayaran elektronik PayPal diluncurkan pada tahun 1999.

  • Anak Perusahaan eBay

Tak lama setelah IPO PayPal, perusahaan tersebut diakuisisi oleh eBay pada 3 Oktober 2002, seharga $1,5 miliar di saham eBay. Lebih dari 70 persen dari semua lelang eBay menerima pembayaran PayPal, dan kira-kira 1 dari 4 daftar lelang tertutup ditransaksikan melalui PayPal. PayPal menjadi metode pembayaran default yang digunakan oleh mayoritas pengguna eBay, dan layanan ini bersaing dengan anak perusahaan eBay, Billpoint, serta c2it Citibank, Yahoo!'s PayDirect, dan Google Checkout.

  • Spinoff eBay

Diumumkan pada tanggal 30 September 2014, bahwa eBay akan memisahkan PayPal menjadi perusahaan publik yang terpisah, sebuah langkah yang diminta pada tahun 2013 oleh aktivis dana lindung nilai terkemuka Carl Icahn. Spinoff selesai pada 18 Juli 2015. Dan Schulman adalah presiden dan CEO saat ini, dengan mantan CEO eBay John Donahoe menjabat sebagai ketua. Pada tanggal 31 Januari 2018, eBay mengumumkan bahwa "Setelah perjanjian eBay-PayPal yang ada berakhir pada tahun 2020, PayPal akan tetap menjadi opsi pembayaran untuk pembeli di eBay, tetapi tidak akan ditampilkan secara mencolok di depan opsi kartu debit dan kredit sebagaimana adanya. hari ini. PayPal akan berhenti memproses pembayaran kartu untuk eBay pada saat itu." Perusahaan akan "sebagai gantinya mulai bekerja dengan Adyen yang berbasis di Amsterdam".

LAYANAN

Layanan PayPal memungkinkan orang untuk melakukan transaksi keuangan secara online dengan memberikan kemampuan untuk mentransfer dana secara elektronik antara individu dan bisnis. Melalui PayPal, pengguna dapat mengirim atau menerima pembayaran untuk lelang online di situs web seperti eBay, membeli atau menjual barang dan jasa, atau menyumbangkan uang atau menerima sumbangan. Tidak perlu memiliki akun PayPal untuk menggunakan layanan perusahaan. Pengguna akun PayPal dapat mengatur opsi konversi mata uang di pengaturan akun. Hal ini membuat PayPal menjadi metode pembayaran mayoritas freelancer.

PEMBLOKIRAN

Pada 30 Juli 2022, Kominfo memblokir PayPal karena peraturan PSE. Banyak pengguna PayPal di Indonesia yang khawatir, karena beberapa dari mereka menyimpan banyak uang mereka di platform ini. Layanan ini telah diblokir sementara selama 5 hari bagi pengguna untuk menarik uang mereka dari platform. Alasan utamanya adalah PayPal belum mendapatkan izin dari Bank Indonesia dan Otoritas Jasa keuangan. Pemblokiran PayPal akhirnya dibuka pada 3 Agustus 2022 setelah mendaftar.

Tags

About The Author

Rakhsha 28
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel