Aplikasi Wajib Para Gamer

3 Aug 2022 13:50 751 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Discord adalah aplikasi yang sering digunakan oleh para gamer yang kini sudah mulai digunakan bahkan oleh para pegawai kantor

Halo semua, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian baik-baik saja. Kalian yang sering bermain game pasti kenal dong sama aplikasi yang bernama Discord ini. Bagi kalian yang belum tahu, disini kita akan membahas aplikasi yang sering digunakan gamer satu ini.

Discord adalah VoIP, pesan instan dan distribusi platform digital asal Amerika yang dirancang untuk menciptakan komunitas. Pengguna berkomunikasi dengan panggilan suara, video panggilan, pesan teks, media dan file dalam obrolan pribadi atau sebagai bagian dari komunitas "server." Server adalah kumpulan ruang obrolan dan saluran obrolan suara. Discord berjalan di Windows, macOS, Android, iOS, Linux, dan dalam browser web. Hingga 21 Juli 2019, terdapat lebih dari 250 juta pengguna perangkat lunak.

 

SEJARAH

Konsep Discord berasal dari Jason Citron, yang telah membangun OpenFeint, platform permainan sosial untuk permainan seluler. Dia menjual OpenFeint ke GREE pada 2011 seharga US$104 juta, yang digunakan untuk membangun Hammer & Chisel, sebuah studio pengembangan permainan, pada tahun 2012. Produk pertama mereka adalah Fates Forever, dirilis pada tahun 2014, yang diharapkan Citron sebagai permainan MOBA pertama di platform seluler, tetapi tidak sukses secara komersial.

Menurut Citron, selama proses pengembangan, ia melihat betapa sulitnya melatih taktik dalam permainan sejenis Final Fantasy XIV dan League of Legends menggunakan perangkat lunak voice over IP (VoIP) yang tersedia. Ini mendorong pengembang untuk mengembangkan layanan obrolan dengan fokus pada pengguna pengguna dengan dampak minimal terhadap kinerja.

Untuk mengembangkan Discord, Hammer & Chisel memperoleh dana tambahan dari inkubator 9+ YouWeb, yang juga mendanai startup Hammer & Chisel, dan dari modal Benchmark dan Tencent.

Discord dirilis secara publik pada Mei 2015 dengan nama domain discordapp.com. Menurut Citron, mereka tidak melakukan langkah khusus untuk menargetkan audiens tertentu, tetapi subreddits mengganti tautan IRC mereka dengan tautan Discord. Discord menjadi banyak digunakan oleh para gamer esports dan turnamen LAN. Perusahaan mendapat manfaat dari hubungan dengan streammer Twitch dan komunitas subreddit untuk Diablo dan World of Warcraft.

 

FITUR

  • Server

Komunitas Discord diatur ke dalam kumpulan saluran terpisah yang disebut server. Seorang pengguna dapat membuat server secara gratis, mengelola visibilitas publik mereka dan membuat satu atau lebih saluran di dalam server tersebut.

Mulai Oktober 2017, Discord mengizinkan pengembang dan penerbit permainan untuk memverifikasi server mereka. Server terverifikasi, seperti akun terverifikasi di situs media sosial, memiliki lencana untuk menandainya sebagai komunitas resmi. Server terverifikasi dimoderasi oleh tim moderasi pengembang atau penerbit sendiri. Verifikasi kemudian diperpanjang pada Februari 2018 untuk menyertakan tim esports dan artis musik.

  • Channel

Channel dapat digunakan untuk obrolan dan streaming suara atau untuk pesan instan dan berbagi file. Visibilitas dan akses ke saluran dapat disesuaikan untuk membatasi akses dari pengguna tertentu, misalnya menandai saluran "NSFW" (Not Safe For Work) mewajibkan pemirsa pertama kali mengonfirmasi bahwa mereka berusia di atas 18 tahun dan ingin melihat konten semacam itu.

  • Profil

Pengguna mendaftar untuk Discord dengan alamat email dan harus membuat nama pengguna. Untuk mengizinkan banyak pengguna menggunakan nama pengguna yang sama, mereka diberi nomor empat digit yang disebut "diskriminator", dengan prefix "#", yang ditambahkan ke akhir nama penggunanya.

  • Streaming

Panggilan video dan berbagi layar ditambahkan pada bulan Oktober 2017, memungkinkan pengguna untuk membuat panggilan video pribadi hingga dengan 10 pengguna, kemudian meningkat menjadi 40 karena pandemi COVID-19.

  • Alat Pengembang

Pada bulan Desember 2016, perusahaan memperkenalkan API GameBridge, yang memungkinkan pengembang permainan untuk langsung berintegrasi dengan Discord di dalam permainan.

Tags

About The Author

Rakhsha 28
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel