Fakta tentang Buah Pisang

5 Aug 2022 15:15 593 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Fakta Tentang Buah Pisang

Seperti diketahui bahwa buah-buahan merupakan makanan yang menjadi favorit banyak orang khususnya untuk orang-orang yang mengkonsumsi vegetarian, mereka akan mengganti makanan yang dikonsumsi setiap hari dengan sayuran dan buah-buahan segar. Salah satu buah yang paling banyak disukai dan mudah ditemukan dimana-mana adalah pisang. Pisang adalah salah satu jenis buah yang mempunyai bentuk panjang dan ketika matang di pohon, kulit buahnya akan berwarna kuning cerah. Rasa buah pisang ini adalah manis segar dengan tekstur daging buah yang lembut dan umumnya dimanfaatkan sebagai pencuci mulut atau makanan utama bagi bayi. Pisang banyak mengandung gizi beberapa diantaranya adalah sebagai berikut : air, protein, serat selulosa, lemak dan minyak, asam tannin, vitamin A, vitamin B (B1, B2, B6 dan B12), vitamin D, vitamin Z, kalsium, fosfor, zat besi, sodium, kalium atau potasium, magnesium dan seng.

 

Manfaat Umum Dari Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

 

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang terbanyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia dimana pisang bisa diolah menjadi beragam jenis kudapan seperti kolak pisang, pisang goreng, tumis pisang muda, cake pisang dan lain sebagainya atau sebagai buah segar pencuci mulut dan makanan utama bayi. Pisang banyak mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah sebagai berikut :

 

1/ Buah pisang bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh

 

Manfaat buah pisang yang pertama adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh dimana di dalamnya banyak mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin B6 yang ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

 

2/ Buah pisang sebagai obat darah tinggi atau hipertensi

 

Pisang bagus dimanfaatkan sebagai obat darah tinggi atau hipertensi. Karena dalam daging buah ini mengandung kalium yang memegang peranan penting untuk mengatur keseimbangan cairan dan juga kadar elektrolit di dalamnya ampuh untuk mengendalikan tekanan darah yang tinggi kembali normal. Kandungan serat pada buah pisang akan mengikat lemak dan bisa untuk mencegah terbentuknya plak yang menyebabkan tekanan darah menjadi naik.

 

3/ Buah pisang bagus untuk mengatasi anemia

 

Di samping bagus sebagai obat hipertensi atau darah tinggi, buah pisang juga ampuh untuk mengatasi anemia atau darah rendah. Kandungan zat besi di dalam buah pisang bagus untuk mengatasi anemia. Cukup dengan mengkonsumsi dua buah pisang setiap hari maka masalah anemia akan teratasi.

 

 

 

 

4/ Buah pisang ampuh untuk mencegah penyakit jantung

 

Penyakit jantung adalah pembunuh nomer satu di Indonesia. Dimana ketika seseorang terkena serangan jantung maka kecil kemungkinan mampu bertahan hidup dalam jangka panjang. Maka dari itulah kondisi jantung harus selalu dijaga kesehatannya. Salah satunya adalah dengan cara herbal yaitu mengkonsumsi buah pisang. Vitamin C dan flavonoid dalam buah pisang memiliki sifat antioksidan yang ampuh untuk mencegah oksidasi lemak penyebab sakit jantung. Kandungan kaliumnya merupakan tonik yang bagus untuk merawat kesehatan jantung dan serat pektinnya juga ampuh dalam membantu menurunkan kolesterol.

 

5/ Buah pisang bagus untuk menjaga kesehatan janin

 

Buah pisang tidak hanya memberikan banyak manfaat untuk bayi juga janin di dalam kandungan ibu pun mendapatkan banyak manfaat jika sering mengkonsumsi buah pisang. Kandungan asam folat di dalam buah pisang sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa menjaga kesehatan janin.

 

Negara Penghasil Pisang Paling Besar Di Dunia

 

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa buah pisang sangat akrab bagi masyarakat di Indonesia bahkan berlaku juga untuk warga di seluruh dunia. Dalam Bahasa Inggris, buah yang satu ini disebut dengan nama banana dan merupakan salah satu jenis buah yang menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang enak. Poson pisang mampu tumbuh dengan subur di berbagai belahan dunia sehingga buah ini menjadi sangat umum. Meskipun demikian ada beberapa tempat dimana buah ini memiliki kemampuan optimal untuk tumbuh sehingga tempat ini dikenal sebagai penghasil pisang paling besar di dunia dan menjadikan buah ini sebagai komoditi utama untuk di ekspor. Tempat yang dimaksudkan adalah Negara Honduras dimana di dalamnya pisang merupakan salah satu tanaman perkebunan yang dimiliki oleh negara ini sebagai objek perkebunan dalam skala besar. Tempat yang lainnya adalah negara-negara yang berada di dalam wilayah Benua Afrika yang mengunggulkan buah pisang sebagai komoditas ekspor.

 

Di Negera Honduras yang terletak di wilayah Amerika Tengah merupakan salah satu negara yang menghasilkan buah pisang paling banyak di dunia yang menanami tanaman ini di sepanjang aliran sungai-sungai yang ada di dalam negara ini. Lahan untuk kebun pisang di sini rata-rata sangat luas yang ditanami oleh tanamn pisang. Sajing banyaknya pisang yang dihasilkan maka negara ini dijuluki sebagai ‘Republik Pisang’. Hampir hingga abad ke-20 negara ini mengandalkan buah pisang sebagai komoditas utama ekspornya hingga pada abad ke-21 Honduras menemukan komoditi baru untuk dikembangkan dalam skala besar yaitu kopi. Hingga saat ini negara ini merupakan penyuplai pisang terbesar di dunia.

 

Semoga bermanfaat.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 52
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel