Asia Tenggara dengan Koleksi Pantai Terpanjangnya yang Populer di Dunia

28 Jul 2022 13:35 1897 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Asia Tenggara Dengan Koleksi Pantai Terpanjangnya Yang Populer Di Dunia

Asia Tenggara adalah sebuah kawasan yang terletak di Benua Asia dimana sebagian besar wilayahnya mempunyai iklim tropis. Negara-negara yang terkumpul di Asia Tenggara ini mempunyai wilayah berupa kawasan perairan berupa lautan yang luas. Negara-negara ini secara langsung berbatasan dengan kawasan perairan yang mempunyai banyak pantai yaitu suatu daratan yang tersusun dari pasir yang letaknya berdekatan dengan laut. Dimana pantai di sini tidak hanya memberikan keindahan alam saja juga rata-rata berukuran sangat panjang yang menjadikannya berbeda dengan pantai di tempat lain pada umumnya. Pantai apa sajakah yang dimaksudkan ? berikut daftar pantai-pantai terpanjang di Asia Tenggara.

 

1/ Pantai Panjang Di Indonesia

Sesuai dengan nama yang diberikan kepada pantai yang satu ini, pantai dengan nama Panjang digunakan karena panjang pantai ini total mencapai angka sekitar kurang lebih 7 Km. Pantai Panjang berlokasi di Provinsi Bengkulu yang juga sangat terkenal hingga mancanegara sebagai salah satu pantai yang menyimpan pesona keindahan laut yang sangat cantik. Banyak orang menjadikan pantai ini sebagai salah satu tempat paling tepat untuk menikmati sinar matahari terbit dan juga matahari terbenam. Dimana akses menuju pantai ini juga terbilang mudah yaitu bias menggunakan transportasi umum. Untuk para pengunjung yang berasal dari luar Kota Bengkulu dapat dimulai perjalanan dari bandara kemudian menuju ke terminal Panorama dan dari sini berlanjut naik angkot warna kuning kode A. Lama waktu perjalanan untuk tiba di lokasi pantai adalah membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Selain menggunakan angkot, para pengunjung bias menggunakan transportasi lain berupa ojek.

 

2/ Pantai Mai Khao Thailand

Pantai terpanjang di wilayah Asia Tenggara yang kedua berada di Thailand bernama Pantai Mai Khao. Pantai ini termasuk salah satu jenis pantai dengan bentuk lurus dimana panjang pantai mencapai angka 11 Km dan merupakan salah satu bagian dari Taman Nasional Sirinat. Pantai ini berlokasi di bagian barat wilayah Phuket yang memiliki nama mengandung arti ‘kayu putih’. Saat ini kondisi pantai terlihat sepi dari pengunjung, tidak seperti tahun-tahun kemarin karena adanya peraturan baru bagi para pengunjung berupa larangan untuk melakukan swafoto di pantai. Sebelum adanya larangan tersebut, pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh turis yang ingin berfoto terutama ketika pesawat terbang rendah di atas pantai. Lokasi pantai ini terletak agak jauh dari Bandara International Phuket dan tampak selalu ramai kunjungan terutama ketika sedang musim liburan tiba. Untuk menjaga keselamatan, pemerintah setempat bekerja sama dengan pihak bandara untuk memasang papan pengumuman yang di dalamnya berisikan tanda ‘bahaya’ jika berdiri terlalu dekat dengan peswat yang akan lepas landas atau akan mendarat.

 

3/ Long Beach Of San Vincente Filipina

Arti nama dari pantai ini dalam Bahasa Indonesia adalah pantai panjang San Vincente yang merupakan salah satu pantai terpanjang di Filipina. Letak pantai ini berlokasi di bagian barat laut Pulau Palawan dimana diketahui bahwa panjang pantai ini rata-rata mencapai ukuran 14,7 Km atau sekitar 3 kali lebih panjang dari Pantai Boracay yang sangat terkenal sebagai salah satu pantai yang berpasir putih. Dengan panjang pantai yang dimiliki menjadikannya sebagai salah satu pantai terpanjang ketiga di Asia Tenggara. Pantai ini terkenal menyimpan keindahan alam yang mampu menarik minat banyak turis mancanegara untuk berkunjung ke sini guna liburan. Tidak hanya memiliki keindahan pantai yang mempesona, daya tarik utama lainnya adalah berupa keberadaan desa nelayan yang berdampingan dengan hutan lindung yang di dalamnya memiliki kondisi masih perawan dengan keberadaan air terjun yang indah dan hutan bakau yang kaya akan keragaman flora dan fauna.

 

4/ Pantai Sok San Kamboja

Pantai ini populer dengan sebutan lain yaitu Long Beach yang berhasil menjadi salah satu pantai sangat terkenal di Kamboja. Pesona Pantai Sok San terlihat di sepanjang pantai yang memiliki ukuran mencapai angka 7 Km. Pantai ini mempunyai kondisi perairan yang tenang, jernih dan bersih dengan pasir putih halus mengelilingi bibir pantai. Tak mengherankan jika pantai ini banyak dikunjungi oleh turis lokal maupun turis asing dimana tidak jauh dari bibir pantai terdapat terumbu karang yang indah dan cocok untuk melakukan kegiatan menyelam. Pantai Sok San juga terlihat menghijau dari kejauhan karena dikelilingi oleh hutan hujan yang masih alami.

 

5/ Pantai Ngwe Saung Di Myanmar

Pantai ini bias ditempuh dengan berkendara menggunakan mobil selama 5-6 jam dari Yangon. Keunikan dari pantai ini adalah mempunyai pasir berwarna perak yang terbentang sepanjang 15 Km, menjadikannya sebagai salah satu pantai terpanjang di Myanmar. Hampir setiap tahun pantai ini ramai dikunjungi oleh turis lokal karena biaya untuk menuju ke lokasi pantai rata-rata murah meriah. Aktivitas yang bias dilakukan di pantai ini adalah berenang atau menyelam dan menjelajahi pulau-pulau kecil yang banyak ada di sekitar pantai. Yang paling terkenal adalah keberadaan Lover Island / Pulau Kekasih yang merupakan ikon penting mendukung pariwisata di area dekat pantai yang bias ditempuh hanya dengan berjalan kaki.

 

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel