Si Hijau dari AS

12 Jul 2022 16:50 1012 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Nvidia adalah produsen GPU yang banyak dikenal orang didunia tapi masih saja ada orang yang tidak menegtahui perusahaan ini

Kalian pasti pernah lihat stiker berwarna hijau pada komputer dan bertanya, “apa sih stiker itu?”. Stiker itu menunjukkan jika komputer tersebut menggunakan komponen Nvidia, bisa itu CPU atau GPU pada komputer tersebut. Lalu Nvidia itu perusahaan apa sih? Pada artikel ini kita akan mengulas salah satu produsen komponen komputer di dunia.

SEJARAH

Nvidia merupakan perusahaan yang merancang dan memproduksi unit pemroses grafis atau lebih dikenal disebut GPU yang berlabel GeForce yang bersaing langsung dengan Radeon dari AMD. Nvidia didirikan pada 5 April 1993 oleh Jensen Huang, Chris Malachowsky, dan Curtis Priem. Kantor pusat Nvidia berada di Santa Clara, California, Amerika Serikat. Nvidia lahir dengan hanya $40.000 di bank. Nvidia kemudian mendapatkan modal ventura dari Sequoia Capital dan perusahaan lainnya. Nvidia awalnya tidak memiliki nama dan para pendiri menamai semua file mereka dengan nama NV, seperti “Next Version”. Para pendiri meninjau semua kata dengan 2 huruf tersebut karena dorongan kebutuhan untuk menggabungkan perusahaan, kemudian para pendiri mengarah perhatiannya kepada kata “invidia”, kata latin untuk “envy”. Nvidia menjadi publik pada tanggal 22 Januari 1999.

AKUISISI BESAR

Reputasi Nvidia menjadi kuat setelah peluncuran Riva TNT pada tahun 1998. Pada tahun 1999 Nvidia merilis GeForce 256 (NV10), terutama memperkenalkan (T&L) atau Transformation and Lighting onboard ke hardware 3D tingkat konsumen yang berjalan pada 120 MHz dan menampilkan saluran 4 piksel, menerapkan akselerasi video tingkat lanjut, kompensasi gerak, dan pencampuran alfa sub-gambar hardware. Hal ini membuat GeForce mengungguli produk yang ada dengan margin yang lebar.

Karena kesuksesannya, Nvidia memenangkan kontrak untuk mengembangkan hardware grafis pada konsol Xbox Microsoft yang memberikan uang muka sebesar $200 juta. Project ini membuat banyak insinyur terbaik Nvidia untuk menjauh dari project lain. Namun, pada jangka pendek hal ini bukan masalah besar dan GeForce2 GTS diluncurkan pada musim panas tahun 2000. Pada bulan Desember 2000 Nvidia mencapai kesepakatan untuk memperoleh aset intelektual dari 3dfx, pelopor dalam teknologi grafis 3D konsumen. Proses akuisisi diselesaikan pada bulan April 2002.

Pada 13 September 2020, Nvidia mengumumkan bahwa mereka akan membeli Arm Holding dari SoftBank Group seharga $40 miliar.

PRODUK

  • GeForce, produk pemrosesan grafis yang berorientasi pada konsumen
  • Quadro, produk pemrosesan grafis yang ditujukan untuk konten digital
  • NVS, produk pemrosesan grafis yang ditujukan untuk PC multi display
  • Tegra, SoC untuk perangkat seluler
  • Tesla, GPU serba guna untuk aplikasi pembuatan gambar kelas atas
  • nForce, chipset motherboard yang dibuat Nvidia untuk mikroprosesor Intel dan AMD
  • Nvidia GRID, satu set hardware dan layanan untuk virtualisasi grafis
  • Nvidia Shield, berbagai hardware game
  • Nvidia Drive automotive solution, produk hardware dan software untuk membantu pengemudi mobil

GPU TECHNOLOGY CONFERENCE

Nvidia GTC atau GPU Technology Conference adalah serangkaian konfrensi teknis yang diadakan di seluruh dunia. Acara ini berawal pada tahun 2009 di San Jose, California dengan fokus awal untuk menyelesaikan tantangan komputasi melalui GPU. Pada beberapa tahun terakhir, fokus konferensi telah bergeser ke aplikasi kecerdasan buatan dan deep learning.

DEEP LEARNING DAN DGX

GPU Nvidia digunakan di deep learning, kecerdasan buatan, dan analitik yang dipercepat. Perusahaan menggunakan deep learning berbasis GPU untuk menggunakan kecerdasan buatan yang nantinya dapat mendeteksi masalah seperti kanker, prediksi cuaca, dan kendaraan tanpa pengemudi.

Pada April 2016, Nvidia memproduksi superkomputer DGX-1 berdasarkan 8 cluster GPU, untuk meningkatkan kemampuan pengguna dalam menggunakan deep learning dengan menggabungkan GPU dan software learning yang terintegrasi.

Tags

About The Author

Rakhsha 28
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel