windows 11, Apa yang Baru?

4 Jul 2022 15:40 782 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Windows 11 merupakan OS keluaran Microsoft yang paling modern, selain itu Windows 11 juga memberikan berbagai macam fitur-fitur baru yang tidak ada di pendahulunya. Meskipun demikian Windows 11 memiliki berbagai kekurangan/kelemahan yang dibawanya.

Windows 11 adalah rilisan OS terbaru yang diberikan Microsoft untuk para pengguna laptop dan PC windows. Windows 11 diumumkan di acara Microsoft pada tanggal 24 Juni 2021, dan resmi diriliskan pada tanggal 5 Oktober 2021. Windows 11 merupakan penerus dari OS pendahulunya yaitu Windows 10 yang secara resmi dirilis pada tanggal 29 Juli 2015 lalu.

Lantas, apa yang baru di Windows 11? Berikut ini adalah beberapa fitur-fitur baru yang Microsoft hadirkan kedalam Windows 11

1. Tampilan yang Lebih Sederhana dari Pendahulunya

Hal yang pertama kali pengguna rasakan saat menggunakan Windows 11 adalah kesederhanaan Windows 11 dibandingkan pendahulunya.

2. Widget

Pada Windows 10 widget memang sudah ada tapi, pada Windows 10 widget dijalankan secara terpisah dan tidak memiliki interface tersendiri. Sedangkan, di Windows 11 widget memiliki ikonnya tersendiri disebelah kiri taskbar.

Selain itu, pengguna sekarang dapat mengkostumisasi widget sesuai dengan keinginan tanpa perlu khawatir widget menghalangi halaman desktop.

3. Integrasi dengan Aplikasi Android

Di Windows 11, pengguna dapat menggunakan aplikasi Android di komputer pengguna. Para pengguna dapat menginstall aplikasi Android melalui aplikasi Microsoft Store bawaan Windows 11.

4. Layout

Berbeda dengan Windows 10, Windows 11 menghadirkan fitur Snap Layout yang dapat memudahkan para pengguna yang sering/suka multitasking.

5. Virtual Desktop

Di Windows 11, para pengguna dapat menggunakan Virtual Desktop untuk membuat dan memisahkan fungsi dari setiap desktop tanpa harus membutuhkan monitor tambahan.

6. HDR Mode

Fitur ini mungkin akan sangat disenangi para gamer, karena fitur ini akan memberikan sensasi realistis yang lebih saat bermain game yang dapat membuat mata lebih nyaman melihat layar.

Meskipun Windows 11 memberikan fitur yang menarik dan memudahkan para penggunanya, Windows 11 memiliki beberapa kekurangan diantaranya

1. Posisi Taskbar yang Berubah

Pada Windows 11, para pengguna harus membiasakan diri kembali karena posisi taskbar yang semula berada di pojok kiri kini pindah kebagian tengah. Jika pengguna ingin merubah kembali posisi taskbar, pengguna harus ke Taskbar Setting terlebih dahulu untuk mengubah posisi taskbar.

2. Spesifikasi Minimun yang Lebih Berat

Spesifikasi minimum untuk Windows 11 dapat dibilang lebih berat dari pendahulunya yaitu :

  • CPU dual-core dengan kecepatan minimum 1GHz
  • RAM 4 GB
  • Storage 64 GB
  • TPM versi 2.0
  • GPU mendukung DirectX 12

3. Update OS yang Membutuhkan Waktu yang Lebih Banyak

Para pengguna banyak yang mengeluh waktu update yang lebih lama dari sebelumnya. Hal ini desebabkan spesifikasi minimum yang lebih berat dari pendahulunya. Disarankan untuk para pengguna Windows 10 yang ingin menginstal Windows 11 untuk menginstal disaat komputer tidak digunakan atau pada malam hari.

4. Tidak Dapat Membuka Task Manager Melalui Taskbar

Jika di Windows 10 pengguna dapat mengklik kanan taskbar untuk mengakses Task Manager, di Windows 11 pengguna harus klik kanan menu start untuk mengakses Task Manager. Jika pengguna mengklik kanan taskbar di Windows 11 hanya akan menampilkan opsi Taskbar Settings.

5. Hanya Tersedia untuk Komputer 64 Bits

Windows 11 merupakan OS keluaran terbaru dan modern yang Microsoft keluarkan yang membuat OS ini hanya tersedia untuk komputer 64 bits adalah rata-rata aplikasi sudah menggunakan 64 bits. Hal ini membuat para pengguna yang memiliki komputer/perangkat 32 bits tidak dapat menggunakan Windows 11.

Tags

About The Author

Rakhsha 28
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel