Diet Akan Berhasil dengan Rutin Memanfaatkan Quinoa

6 Jul 2022 14:10 618 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Diet Akan Berhasil Dengan Rutin Memanfaatkan Quinoa

 

Yang dimaksud dengan quinoa adalah sejenis biji-bijian yang berasal dari tanaman bernama chenopodium quinoa. Tanamn ini pada umumnya ditemukan sebagai tanamn asli di daerah Andean Peru, Bolivia, Ekuador dan Kolombia. Tanaman ini sudah dikenal oleh mereka sejak tahun 5000 yang lalu. Saat ini negara penghasil terbesar quinoa adalah Bolivia, Colorado, Nevada dan Peru. Pengembangan atau kultivasi quinoa sedang diusahakan di negara seperti Belanda, Denmark, Himalaya, India Utara, Kenya, Perancis dan Swedia. Ada banyak tipe quinoa yang bisa dikonsumsi antara lain quinoa berwarna merah, ungu, putih, gading atau cokelat dan hitam. Sedangkan quinoa yang beredar di Indonesia adalah yang berwarna quinoa putih dan merah.

Kandungan Nutrisi Dalam Quinoa

Bagi anda yang belum mengenal tentang kandungan nutrisi dalam quinoa maka bisa membaca artikel kami ini. Quinoa menyimpan banyak sekali kandungan zat dan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Zat yang terkandung ini adalah berupa protein, lemak, serat dan beragam jenis vitamin. Kandungan protein di dalam quinoa jumlahnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan biji-bijian yang lainnya. Inilah yang membuat quiona unggul dari sejenisnya dimana protein yang dimiliki terbentuk dari asam amino yang sangat dibutuhkan untuk kebugaran dan kesehatan pada anak-anak dan orang dewasa seperti valine, tryptophan, threonine, phenylalanine, methionine, lysine, leucina dan isoleucin. Sedangkan setengah dari lemak yang terkandung dalam quinoa adalah berupa asam lemak esensial omega-3 (linolenic) dan asam lemak esensial omega-6 (linoleic). Kedua jenis asam lemak ini dikenal dengan istilah esensial karena sulit diproduksi oleh tubuh. Kemudian serat di dalam quinoa juga jumlahnya sangat tinggi jika dibandingkan biji-bijian yang lainnya. Namun bila dibandingkan dengan kacang-kacangan maka jumlah serat dalam quinoa menjadi cenderung rendah. Quinoa juga mengandung mineral seperti copper, fosfor, mangan serta zat besi dan dilengkapi dengan kandungan vitamin seperti vitamin B (asam folat dan riboflavin) dan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan.

3 Manfaat Dari Quinoa 

Jadi apa saja manfaat quinoa bagi mereka yang sedang menjalani program diet? Berikut ini beberapa manfaat quinoa untuk diet yang harus kamu tahu. Simak selengkapnya dibawah ini.

1/ Membantu menurunkan berat badan dengan kandungan serat tinggi di dalamnya

Manfaat yang pertama diperoleh dari anda rutin mengkonsumsi quinoa adalah mempunyai kandungan serat dalam jumlah yang sangat besar. Ini bisa dibuktikan dari salah satu penelitian kesehatan tentang quinoa. Penelitian ini lebih lanjut menjelaskan bahwa di dalam quinoa menyimpan sekitar 10 hingga 16 gram serat per setiap 100 gram quinoa. Serat larut ini ampuh untuk membantu mengurangi jumlah kadar gula darah sekaligus menurunkan kolesterol. Oleh karena itu quinoa mampu membantu menurunkan berat tubuh dengan cara alami yang menyehatkan tubuh.

2/ Untuk melancarkan fungsi sistem pencernaan

Bagi remaja putri yang sedang melakukan program diet tentu akan merasa puas jika sistem pencernaan anda bekerja dengan optimal dan seimbang. Bagi anda yang mempunyai masalah pada sistem pencernaan tetapi sedang melakukan diet maka cobalah mengkonsumsi quinoa dibandingkan minum obat-obatan pencahar secara terur-menerus. Karena quinoa mengandung serat yang tak mudah larut sehingga quinoa bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan proses pencernaan dan membantu pergerakan usus menjadi lebih sehat. Dengan kondisi pada sistem pencernaan yang sehat akan membantu menghindarkan anda dari resiko penyakit kembung, sembelit hingga susah buang gas.

3/ Untuk melindungi kesehatan hati, jantung dan paru-paru

Manfaat yang terakhir adalah kandungan nutrisi dalam quinoa ampuh untuk melindungi kesehatan hati, jantung dan paru-paru. Ini dikarenakan quinoa menyimpan sifat-sifat antioksiidan dalam jumlah besar. Beberapa antioksidan yang ditemukan di sini adalah antiosianin, fenolat dan polifeno. Antioksidan dalam quinoa juga mampu memberikan perlindungan kesehatan pada ginjal dan pankreas.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel