Khasiat Makan Buah Plum dengan Rutin Untuk Diabetes

11 Jul 2022 11:55 2305 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Khasiat Makan Buah Plum Dengan Rutin Untuk Diabetes

Bagi penderita diabetes sering dianjurkan oleh dokter untuk yang rajin mengkonsumsi makanan yang rendah kalori, rendah gula dan memiliki banyak serat. Sehingga buah-buahan segar adalah salah satu jenis makanan yang pas untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun tidak semua jenis buah bisa secara leluasa dikonsumsi oleh penderita diabetes, salah satu buah yang direkomendasikan bagus untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah buah plum.

Buah plum adalah buah batu yang rata-rata berukuran sedang dan memiliki banyak koleksi warna mulai warna ungu-merah tua di bagian kulitnya serta warna kuning pada dagingnya. Buah plum dengan warna kulit hijau adalah paling mudah berbuah dan akan mendapat banyak panen ketika sedang musimnya. Buah plum dengan beragam jenis ini bisa dimakan segar untuk penderita diabetes dimana di dalamnya mengandung karbohidrat sebesar 9,6 g per 100 g, lemak sebanyak 0,1 g per 100 g, protein sebanyak 0,6 g per 100 g dan kalori sebesar 39 per 100 g.

Khasiat Buah Plum Untuk Diabetes

Manfaat terbesar ada dalam sebutir buah plum bagi penderita diabetes adalah untuk mengontrol kadar gula darah. Buah plum berkhasiat untuk menjaga kestabilan atau kenormalan gula darah. Sehingga tak mengherankan bila buah plum menjadi incaran bagi masyarakat di dunia karena penyakit diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang terbanyak diderita.

Yang kedua adalah buah plum membantu untuk menurunkan berat badan, mencegah serangan penyakit jantung dan memperlancar pencernaan. Ini erat hubungannya dengan pola hidup teratur bagi penderita diabetes.

Mengapa Buah Plum Bagus Untuk Penderita Diabetes ?

Penderita diabetes dianjurkan oleh para ahli kesehatan untuk rutin mengkonsumsi buah plum. Ada beberapa penjelasan dari para ahli ini sehubungan dengan kondisi yaitu mengapa buah plum baik untuk penderita diabetes, silahkan menyimak penjelasannya :

1/ Tidak mengandung gula yang tinggi

Buah plum mengandung beberapa jenis gula sari buah seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa. Biasanya tubuh akan memproses gula ini dengan cepat untuk menjadi energi, tetapi proses ini bisa diperlambat jika dimakan dengan beberapa protein dalam bentuk kacang atau biji-bijian. Buah plum rata-rata memiliki berat sekitar 78 gram dengan kandungan gula di dalamnya rata-rata 7,4 gram. Jadi hal inilah yang menunjukkan bahwa buah plum bukan termasuk makanan yang tinggi gula.

2/ Bebas lemak dan rendah kalori

Para ahli kesehatan telah berhasil membuktikan bahwa buah plum tidak mengandung banyak lemak dan kalori serta rendah karbohidrat. Satu porsi buah plum mengandung sekitar 60 kalori dan 15 gram karbohidrat. Tentu saja ini sangat bagus untuk penderita diabetes.

3/ Mengandung banyak serat

Penjelasan yang terakhir adalah buah plum mengandung banyak serat. Ditemukan dalam 1 butir buah plum ukuran sedang rata-rata mengandung 2 gram serat. Menurut hasil penelitian yang dilakukan di Amerika, serat dalam buah plum mempunyai peran dalam menjaga kenormalan gula darah. Serat juga bisa untuk memperlambat proses penyerapan karbohidrat setelah makan siang atau usai makan malam. Ini akan menyebabkan gula darah meningkat secara bertahap.

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Buah Plum Bagi Penderita Diabetes ?

Meskipun buah plum bagus dikonsumsi secara rutin oleh penderita diabetes namun tidak berarti buah ini dikonsumsi dengan semaunya. Berikut di bawah ini kami berikan beberapa cara sehat mengkonsumsi buah plum bagi penderita diabetes yaitu sebagai berikut :

1/ Konsumsilah buah plum dengan takaran yang pas yaitu sekitar 44-87 gram per hari atau diperhitungkan sekitar 1 buah plum dengan ukuran sedang.

2/ Konsumsilah buah plum yang mentah atau dimasak. Potong buah plum menjadi beberapa bagian lalu memakannya bersama dengan yogurt atau bubur oat untuk sarapan pagi. Bisa juga dengan makan satu buah plum dengan segenggam kacang almond sebagai cemilan di sore hari atau iris tipis-tipis dan dibuat menjadi salad.

3/ Pastikan bahwa tubuh anda tidak alergi terhadap buah plum. Bila baru pertama kali mencobanya maka anda bisa memakannya setengah dari satu butir buah plum terlebih dahulu lalu lihat reaksi yang diberikan tubuh anda selama 1 jam pertama, bila terjadi reaksi gatal-gatal maka hentikan untuk mengkonsumsinya.

4/ Konsumsilah buah plum kering sesering mungkin sebagai camilan, meskipun kandungan nutrisi di dalamnya tidak sama dengan buah plum segar tetapi faktanya adalah plum kering mengandung kalori dan karbohidrat lebih sedikit dibandingkan dengan buah plum segar. Plum kering tidak mengenyangkan seperti buah plum segar. Jadi anda harus menjaga pola makan jika memilih untuk mengkonsumsi plum kering.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel