Domain Name System

29 Jun 2022 11:35 252 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Domain Name System (DNS) adalah apa yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke situs web menggunakan nama domain Internet dan URL yang dapat dicari daripada alamat protokol Internet numerik.

Apa itu DNS?

Domain Name System (DNS) adalah apa yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke situs web menggunakan nama domain Internet dan URL yang dapat dicari daripada alamat protokol Internet numerik. Daripada harus mengingat alamat IP seperti 93.184.216.34, pengguna dapat mencari www.example.com. Teknologi di balik DNS dapat disamakan dengan cara mengelola kontak telepon di smartphone. Alih-alih perlu mengingat nomor telepon individu, pengguna dapat menyimpan dan menemukan nomor dengan mudah dengan menyimpannya di daftar kontak mereka mudah dicari dengan nama depan dan belakang. Teknologi terjemahan di balik DNS juga telah sepenuhnya mendefinisikan bagaimana bisnis memanfaatkan Internet, terutama saat membuat identitas merek mereka dan menampilkan diri mereka kepada pelanggan mereka. Tanpa menggunakan Sistem Nama Domain, pelanggan dapat dengan cepat kehilangan jejak situs web mana yang mereka cari. Dan meskipun alamat IP dapat berubah dari waktu ke waktu, nama domain mudah diingat dan tetap konsisten.

Bagaimana cara memilih DNS Server?

Banyak organisasi merasa bermanfaat untuk memiliki server DNS mereka sendiri. Ada beberapa keuntungan dari pendekatan ini, tetapi pada akhirnya, ini mengarah pada konsistensi dan kontrol yang lebih baik atas properti web Anda sendiri. Karena Anda adalah administrator server, Anda dapat mengatur semua parameter untuk mesin Anda, termasuk proses pencarian, protokol keamanan, dan kemampuan kinerja. Saat memutuskan jenis server DNS yang akan digunakan, dua pertimbangan terpenting adalah skalabilitas dan kinerja yang disediakan server. Kecepatan server DNS menanggapi kueri bergantung pada sejumlah variabel, termasuk lokasi geografis pengguna dalam kaitannya dengan server, konfigurasi penyeimbangan beban, dan pemfilteran kueri. Pilihan lain yang dimiliki pengguna adalah mengandalkan solusi DDI platform terpusat yang mengintegrasikan dan mengelola semua layanan DNS, DHCP, dan IPAM. DDI memberi perusahaan kemampuan untuk menyederhanakan dan mengotomatiskan pengelolaan peningkatan volume alamat IP sambil secara memadai menyediakan dan mengintegrasikan sistem orkestrasi cloud lainnya.

DNS server dan Cybersecurity

Sementara sebagian besar server DNS modern cukup aman, sistem lama yang dirancang bertahun-tahun yang lalu dapat datang dengan tantangan keamanan bisnis mereka sendiri. Berikut adalah beberapa risiko umum yang terkait dengan penggunaan server DNS ini.

  • pembajakan DNS

Juga dikenal sebagai serangan pengalihan, pembajakan DNS terjadi ketika permintaan DNS salah diselesaikan dan mengarahkan pengguna ke situs web palsu dan berbahaya. Ini dilakukan dengan menginstal malware di komputer pengguna yang mengambil alih router atau membajak komunikasi DNS saat terjadi

  • Cache poisoning

terjadi ketika seorang hacker benar-benar mendapatkan kendali atas server DNS itu sendiri dan mengkompromikan entry alamat IP. Entry palsu ini kemudian menyebar secara global ke penyedia layanan Internet, di mana mereka di-cache dan digunakan dalam pencarian DNS publik. Salah satu cara Anda dapat memerangi risiko ini secara efektif adalah melalui penggunaan DNSSec. DNSSec menggunakan sistem nama domain yang aman dan memberikan tanda tangan kriptografis ke catatan DNS, memastikan catatan tidak dapat diubah dari keadaan aslinya. Mirip dengan HTTPS, DNSSec menambahkan lapisan keamanan tambahan untuk mengakses catatan DNS tanpa perlu enkripsi berat yang memperlambat proses query.

Tags

About The Author

sony 23
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel