Mengenal Java Lebih Dekat

27 Jun 2022 14:40 285 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pelajari mengapa Java tetap menjadi platform pengembangan yang populer, dan bagaimana Java mempercepat proyek dan mendukung berbagai teknologi baru.

Java itu apa sih?

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek dan platform software yang banyak digunakan yang berjalan di miliaran perangkat, termasuk komputer notebook, perangkat seluler, konsol game, perangkat medis, dan banyak lainnya. Aturan dan sintaks Java didasarkan pada bahasa C dan C++. Salah satu keuntungan utama mengembangkan software dengan Java adalah portabilitasnya. Setelah Anda menulis kode untuk program Java di komputer notebook, sangat mudah untuk memindahkan kode ke perangkat seluler. Ketika bahasa ditemukan pada tahun 1991 oleh James Gosling dari Sun Microsystems (kemudian diakuisisi oleh Oracle), tujuan utamanya adalah untuk dapat "write once, run anywhere."

Penting juga untuk dipahami bahwa Java jauh berbeda dari JavaScript. Javascript tidak perlu dikompilasi, sedangkan kode Java perlu dikompilasi. Selain itu, Javascript hanya berjalan di browser web sementara Java dapat dijalankan di mana saja. Tools development software baru dan lebih baik datang ke pasar dengan kecepatan yang luar biasa, menggantikan produk lama yang dulu dianggap sangat diperlukan. Mengingat omset terus-menerus ini, umur panjang Java sangat mengesankan; lebih dari dua dekade setelah pembuatannya, Java masih menjadi bahasa paling populer untuk pengembangan software aplikasi pengembang terus memilihnya daripada bahasa seperti Python, Ruby, PHP, Swift, C++, dan lainnya. Akibatnya, Java tetap menjadi persyaratan penting untuk bersaing di pasar kerja.

Bagaimana Java Bekerja?

Java adalah teknologi yang terdiri dari bahasa pemrograman dan platform software. Untuk membuat aplikasi menggunakan Java, Anda perlu mengunduh Java Development Kit (JDK), yang tersedia untuk Windows, macOS, dan Linux. Anda menulis program dalam bahasa pemrograman Java, kemudian kompiler mengubah program menjadi bytecode Javaset instruksi untuk Java Virtual Machine (JVM) yang merupakan bagian dari Java runtime environment (JRE). Bytecode Java berjalan tanpa modifikasi pada sistem apa pun yang mendukung JVM, memungkinkan kode Java Anda dijalankan di mana saja. Platform perangkat lunak Java terdiri dari JVM, Java API, dan lingkungan development environment. JVM memparsing dan menjalankan (menafsirkan) bytecode Java. Java API terdiri dari kumpulan pustaka yang luas termasuk objek dasar, jaringan, dan fungsi keamanan; Pembuatan Extensible Markup Language (XML); dan layanan web. Secara bersama-sama, bahasa Java dan platform perangkat lunak Java menciptakan teknologi yang kuat dan terbukti untuk pengembangan software perusahaan.

Mengapa Java Penting?

Jika Anda adalah pengembang aplikasi perusahaan, Anda sudah mengetahui apa itu Java, dan kemungkinan besar organisasi Anda telah memiliki ribuan, bahkan jutaan, baris kode produksi yang ditulis dalam Java. Anda mungkin memerlukan beberapa tingkat keahlian Java untuk memungkinkan Anda memecahkan masalah, maintain, dan meningkatkan basiscode yang ada. Namun, akan menjadi kesalahan untuk melihat Java hanya dari segi aplikasi lawas. Bahasa Java membentuk jantung dari sistem operasi Android, yang sejauh ini mendukung pangsa terbesar dari smartphone dunia. Java juga merupakan salah satu bahasa paling populer untuk machine learning dan aplikasi data science. Kekokohan, kemudahan penggunaan, kemampuan lintas platform, dan keamanannya menjadikan Java sebagai bahasa pilihan untuk solusi internet di banyak toko perusahaan. Secara khusus, teknologi Java adalah framework yang ideal untuk mengembangkan aplikasi web, fondasi untuk bisnis digital di industri apa pun. Server aplikasi Java adalah wadah web untuk komponen Java, XML, dan layanan web, yang berinteraksi dengan database dan menyediakan konten web dinamis. Server aplikasi Java membentuk lingkungan penyebaran yang stabil untuk aplikasi perusahaan dengan kemampuan seperti manajemen transaksi, keamanan, pengelompokan, kinerja, ketersediaan, konektivitas, dan skalabilitas.

Tags

About The Author

sony 22
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel