Lua, Programming Language untuk Game

27 Jun 2022 10:35 326 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Nama "Lua" berasal dari kata Portugis untuk "bulan". Bahasa pemrograman ini dapat diperluas secara independen dari platform

Nama "Lua" berasal dari kata Portugis untuk "bulan". Bahasa pemrograman ini dapat diperluas secara independen dari platform. Ukurannya yang kecil hanya 120kb dan kecepatan tinggi membedakannya, yang merupakan alasan yang cukup untuk melihat lebih dekat pada bahasa scripting ini.

 

Apa itu Lua?

Dunia bahasa pemrograman sepertinya tidak ada habisnya. Lua berhasil menonjol dari kerumunan, tetapi masih relatif tidak dikenal di samping Python atau Perl. Bahasa pemrograman ini telah digunakan selama lebih dari dua dekade. Namun, ini jarang digunakan sebagai bahasa pemrograman mandiri. Sebagai gantinya, developer biasanya menggunakannya sebagai bahasa skrip yang disematkan untuk program individual. Lua digunakan dalam membuat permainan video dan mesin permainan, tetapi juga digunakan sebagai bahasa pemrograman di banyak program jaringan dan sistem.

Ada alasan di balik nama Portugisnya. Lua dikembangkan di Universitas Katolik Rio de Janeiro oleh Roberto Ierusalimschy, Luiz Henrique de Figueiredo, dan Waldemar Celes. Brasil tunduk pada peraturan impor yang ketat untuk perangkat keras dan perangkat lunak hingga tahun 1992, jadi karena kebutuhan semata, ketiga pemrogram ini mengembangkan bahasa skrip mereka sendiri yang disebut Lua. Saat ini, ini adalah salah satu bahasa pemrograman paling penting dan populer di banyak sektor.

Jadi, apa sebenarnya Lua? Lua pada dasarnya adalah sebuah library yang programmer dapat mengintegrasikan ke dalam perangkat lunak mereka untuk membuatnya scriptable. Lua didukung oleh setiap sistem operasi standar. Ini berisi translate yang sangat kompak yang hanya membutuhkan beberapa ratus baris code dan juga dapat mengakses perpustakaan atau library. Meskipun desainnya minimalis, interpreter menawarkan fitur yang berguna seperti membersihkan struktur data secara otomatis yang tidak lagi digunakan untuk mengosongkan memori yang berharga.

Kapan Lua digunakan?

Karena kurangnya batasan yang ditempatkan pada developer, ruang lingkup aplikasi untuk bahasa skrip Lua sangat luas sehingga langit adalah batasnya. Lua dapat diperluas secara virtual tanpa henti melalui modul yang ditentukan pengguna. Aplikasi berkisar dari server web yang diprogram dalam Lua hingga memprogram aplikasi Anda sendiri dan developt video game. Dalam industri video game, Lua adalah bahasa pemrograman yang paling sering digunakan. Banyak permainan menggunakan Lua sebagai bahasa scripting mereka untuk menjaga konfigurasi dan karakter permainan terpisah. Ini membuat mesin game lebih fleksibel, memungkinkan beberapa game menggunakan mesin yang sama. Contoh populer termasuk MMORPG klasik World of Warcraft dan game puzzle yang sama suksesnya Enigma. Aplikasi utama lain dari Lua adalah pemrograman jaringan dan sistem. Lua digunakan dalam program untuk konfigurasi dan otomatisasi. Contoh terkenal termasuk VLC Media Player dan Adobe Photoshop Lightroom. Untuk jaringan, penganalisa jaringan seperti Wireshark menggunakan fungsi Lua. Selain itu, proxy MySQL, database Redis NoSQL, dan server web Apache dan Nginx juga menggunakan bahasa skrip ini.

Tags

About The Author

sony 22
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel