belum kenal dengan Ruby?

23 Jun 2022 12:25 160 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ruby adalah bahasa pemrograman yang sangat populer yang digunakan untuk banyak hal, mulai dari pengembangan aplikasi web hingga analisis data. Ini juga sangat ramah pengguna dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain, dan cukup mudah dipelajari jika Anda mau bekerja.

Pernahkah Anda berpikir untuk mempelajari bahasa pemrograman baru, tetapi tidak yakin yang mana?

Jika Anda telah melakukan banyak penelitian atau memiliki pengalaman dalam pemrograman komputer, kemungkinan Anda telah melihat pemrograman Ruby dibahas. Ruby adalah bahasa pemrograman yang sangat populer yang digunakan untuk banyak hal, mulai dari pengembangan aplikasi web hingga analisis data. Ini juga sangat ramah pengguna dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain, dan cukup mudah dipelajari jika Anda mau bekerja.

Mungkin yang terbaik dari semuanya, keterampilan pemrograman Ruby sangat diminati di pasar, dan kemampuan untuk membuat kode menggunakan Ruby dapat membuat Anda menjadi programmer yang sangat fleksibel dan berguna.

 

Manfaat Ruby

Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk meneliti pemrograman komputasi sebelum Anda menemukan penyebutan Ruby on Rails atau bahasa pemrograman Ruby. Tapi apa sebenarnya itu?

Menurut situs resmi proyek Ruby, bahasa Ruby adalah salah satu keseimbangan yang cermat antara pemrograman fungsional dan pemrograman imperatif. Itu dirancang untuk menjadi alami dan intuitif, tetapi tidak terlalu sederhana untuk menjadi efektif. Penggemar Ruby menganggapnya sebagai "bahasa yang indah dan berseni". Lebih khusus lagi, Ruby adalah bahasa skrip yang dirancang untuk front-end dan back-end development, serta aplikasi serupa lainnya. Ini adalah bahasa berorientasi objek yang kuat, diketik secara dinamis, dengan sintaksis tingkat tinggi yang membuat pemrograman dengannya terasa hampir seperti pengkodean dalam bahasa Inggris. Faktanya, beberapa orang merasa bahwa mereka dapat secara praktis memahami kode Ruby bahkan sebelum mempelajari cara memprogram.

Ruby on Rails, web framework ruby, adalah salah satu kerangka kerja web development paling populer dalam bahasa apa pun. Meskipun Ruby mungkin paling terkenal karena penggunaannya dalam web development, ia juga memiliki banyak kegunaan lain. Beberapa di antaranya termasuk otomatisasi, command-line tools, pembuatan situs statis, DevOps, web scraping, dan data processing. Mungkin yang paling penting, Ruby adalah bahasa yang sangat fleksibel dan portabel. Ini dapat digunakan dengan mudah di Windows, macOS, Linux, dan bahkan UNIX dan DOS. Apa pun pekerjaan pemrograman yang ingin Anda selesaikan, ada peluang emas Anda dapat melakukannya di Ruby.

 

Bagaimana Ruby Bekerja

Ruby adalah bahasa pemrograman yang sangat fleksibel. Developers coding di Ruby dapat membuat perubahan pada cara kerja bahasa itu sendiri. Ini adalah bahasa yang ditafsirkan seperti Python, bukan yang dikompilasi seperti C atau C++. Tetapi tidak seperti Python, yang berfokus pada satu solusi yang tidak ambigu untuk setiap masalah, proyek Ruby mencoba mengambil beberapa pendekatan berbeda untuk pemecahan masalah. Seperti yang mungkin sudah Anda duga, ada manfaat dan kerugian untuk kedua metode, tergantung pada proyek Anda. Salah satu fitur yang membuat Ruby sangat ramah pengguna adalah ia menyembunyikan banyak detail dari programmer. Hal ini membuat pemrograman dengan Ruby jauh lebih mudah daripada menggunakan bahasa mainstream lainnya yang lebih kompleks, seperti C dan C++. Namun, itu juga berarti bahwa menemukan bug dalam kode bisa lebih sulit. Mudahnya, code yang Anda tulis di Ruby akan berjalan di salah satu sistem operasi utama tanpa harus di-porting, termasuk Windows, macOS, dan Linux.

Tags

About The Author

sony 23
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel