Mengenal apa itu User Interface (UI)

22 Jun 2022 12:30 82 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Desain UI adalah proses menciptakan tampilan dan nuansa antarmuka (interface) pengguna aplikasi. User Interface (UI) mencakup tampilan dan interaktivitas aplikasi

Desain UI adalah proses menciptakan tampilan dan nuansa antarmuka (interface) pengguna aplikasi. User Interface (UI) mencakup tampilan dan interaktivitas aplikasi. Warna yang dilihat pengguna, teks yang mereka baca, tombol yang mereka klik, dan animasi yang berinteraksi dengan mereka adalah bagian dari UI aplikasi dan oleh karena itu merupakan tanggung jawab desainer UI.

 

UI memainkan peran penting dalam pengalaman pengguna. Pengguna tidak akan memiliki pengalaman yang baik jika desain aplikasi tidak intuitif atau kohesif tetapi UI tidak sama dengan UX. Saat membandingkan UX vs UI, Anda akan menemukan UX adalah istilah yang lebih mencakup segalanya. Ini adalah proses meneliti, mengembangkan, menguji, dan menyempurnakan semua aspek produk untuk memastikan kebutuhan dan harapan pengguna terpenuhi. UI, di sisi lain, lebih kosmetik, hanya berfokus pada presentasi produk.

 

Namun, itu tidak berarti pekerjaan desainer UI mudah. Mereka harus memutuskan apa yang akan diletakkan di halaman dan di mana. Misalnya, logo mungkin ditempatkan di bagian atas halaman, atau di bagian bawah, atau keduanya. Tombol mungkin berubah warna saat pengguna mengarahkan kursor ke atasnya, atau tidak memiliki animasi. Dengan memperhatikan hierarki dan interaktivitas elemen, perancang UI harus memastikan bahwa setiap elemen visual menarik, dan selaras dengan elemen lain pada halaman serta merek secara keseluruhan.

 

Tools UI Design

  1. Justinmind

Justinmind adalah tools gratis untuk merancang prototipe yang responsif dan sepenuhnya interaktif. Anda dapat mendesain gaya, ukuran, dan tata letak elemen UI agar sesuai dengan tampilan dan nuansa layar yang berbeda, dan menggunakan berbagai interaksi, animasi, dan transisi untuk mendesain interaktivitas interface Anda.

  1. Sketch

Digunakan oleh lebih dari satu juta orang, Sketch adalah platform desain yang memungkinkan pengguna membuat prototipe sambil berkolaborasi dengan tim untuk mewujudkan ide mereka. Sebagai alat berbasis vektor, Sketch memungkinkan Anda mengubah ukuran gambar, prototipe, atau bingkai gambar dengan mudah tanpa kehilangan kualitas. Untuk menggunakan Sketch, Anda dapat melakukan pembayaran satu kali atau membayar langganan bulanan.

  1. Marvel

Marvel adalah tools yang fleksibel untuk membuat gambar rangka, mockups, dan prototipe untuk perangkat apa pun. Anda dapat membuat mockups di dalam tools, mengunggah gambar, atau menyinkronkan desain dari Sketch. Dengan Marvel, Anda akan mendapatkan jutaan aset, stok foto, dan ikon untuk ditambahkan ke desain Anda. Kapan saja, Anda dapat memberikan tim Anda atau pemangku kepentingan lainnya visibilitas ke dalam proyek Anda dan meninggalkan komentar atau anotasi pada desain orang lain. Ada paket gratis serta dua paket premium dan paket perusahaan.

  1. Wondershare Mockitt

Wondershare Mockitt Design adalah alat prototyping cepat dengan perpustakaan aset dan templat UI bawaan. Anda dapat menarik dan melepas komponen UI ke halaman, membuat dan menggunakan kembali pustaka Anda sendiri, dan bekerja di halaman yang sama dengan rekan satu tim untuk berkolaborasi secara real time. Ada versi gratis selain dua paket berlangganan premium

  1. Adobe XD

Adobe XD adalah alat all-in-one yang digunakan oleh desainer UI dan UX. Anda dapat membuat wireframe, menganimasikan, membuat prototipe, berkolaborasi, dan banyak lagi. Karena berbasis vektor seperti Sketch dan Invision Studio, Adobe XD memungkinkan Anda membuat desain fidelitas tinggi untuk layar apa pun. Ada paket gratis serta paket berbayar untuk individu dan bisnis.

Tags

About The Author

sony 19
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel