UX Designer? Apa itu?

17 Jun 2022 12:00 197 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Salah satu tanggung jawab terbesar seorang UX Designer yang sukses adalah melakukan riset pengguna dan mengidentifikasi titik-titik masalah yang perlu dipecahkan oleh desain Anda. Idealnya, Anda akan menguji desain ini pada pengguna Anda dalam proses berulang selama proses desain

UX dan UI: Dua istilah yang sering digunakan secara bergantian, tetapi sebenarnya memiliki arti yang sangat berbeda.

Apa keterampilan penting seorang UX Designer?

Jika UX Designer tidak diharuskan membuat kode, lalu skill penting apa yang harus mereka miliki?

Salah satu tanggung jawab terbesar seorang UX Designer yang sukses adalah melakukan riset pengguna dan mengidentifikasi titik-titik masalah yang perlu dipecahkan oleh desain Anda. Idealnya, Anda akan menguji desain ini pada pengguna Anda dalam proses berulang selama proses desain. Proses berpikir desain ini adalah skill atau keterampilan terpenting yang harus Anda kuasai untuk menjadi sukses.

proses berpikir desainer: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Proses berulang dari penelitian, perancangan, dan pengujian ini adalah inti dari keahlian desainer UX yang hebat. Kemampuan untuk meneliti masalah secara menyeluruh dan mengidentifikasi masalah yang sebenarnya adalah langkah pertama. Melalui berbagai metodologi, seperti wawancara pengguna, pertanyaan kontekstual, dan analisis kompetitif, perancang harus dapat mengidentifikasi titik kesulitan pengguna yang akan dipecahkan oleh tools desain UX mereka.

Kemampuan untuk membuat desain yang mengatasi titik kesulitan pengguna adalah keterampilan penting bagi seorang desainer. Desain antarmuka pengguna, arsitektur informasi, desain tata letak, dan desain interaksi adalah bagian dari keterampilan ini. Perangkat lunak prototyping membantu mewujudkan visi Anda, memungkinkan Anda menguji ide-ide Anda untuk melihat apakah itu layak atau tidak. Kegunaan di balik prototipe ini, bersama dengan estetika, adalah apa yang membuat atau menghancurkan suatu produk. Namun, bagian ini seharusnya mudah dalam jajak pendapat Adobe XD baru-baru ini yang dikirim ke 150 desainer UX/UI, hanya 10% yang mengatakan mereka kesulitan dengan pembuatan prototipe.

Bagian terakhir dari proses, menguji produk Anda pada pengguna, memastikan desain Anda memecahkan masalah yang diidentifikasi dalam fase penelitian. Pengujian kegunaan berulang adalah cara terbaik untuk memverifikasi bahwa desain Anda menuju ke arah yang benar. Baik itu tes kegunaan jarak jauh atau sesi di tempat, menguji prototipe Anda dengan pengguna sebenarnya akan membantu Anda memahami apa yang berfungsi dan apa yang bisa menggunakan tampilan kedua selama iterasi berikutnya.

Mengapa designer harus belajar coding?

Sebagian besar UX Designer setidaknya memiliki sedikit pemahaman tentang coding, termasuk HTML, CSS, dan Javascript. Bahasa lain seperti Reach dan Swift tidak begitu penting. Yang terbaik adalah menyerahkan codingan kepada para ahli, tetapi ada beberapa alasan mengapa Anda harus memiliki pemahaman dasar tentang coding:

  1. Ini membantu Anda berkomunikasi lebih baik dengan developers sehingga Anda berdua berbicara dalam bahasa yang sama atau dipahami satu sama lain.
  2. ni membantu Anda tetap realistis jika Anda memahami dan menghargai tingkat implementasi yang diperlukan oleh developers untuk menyelesaikan desain
  3. Mengetahui kode adalah aset yang bagus untuk toolbox. Anda dan membuat Anda lebih berharga sebagai karyawan.
Tags

About The Author

sony 19
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel