Apa Saja Manfaat Kesehatan dari Buah dan Biji Mahoni?

11 Jul 2022 12:55 953 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apa Saja Manfaat Kesehatan Dari Buah Dan Biji Mahoni ?

Seperti halnya buah, biji-biji mahoni dikenal dimana pohon-pohon mahoni tumbuh yang merupakan bagian dari tanaman mahoni bagus untuk kesehatan tubuh. Biji mahoni bisa digiling menjadi serbuk lalu dicampur dengan air untuk diminum. Saat ini di kota-kota besar buah dan biji mahoni sudah diekstrak ke dalam bentuk kapsul sebagai suplemen makanan. Bauh dan biji ini mengandung 33 jenis flavonoid dan 27 jenis saponin. Inilah yang menyebabkannya sangat kaya nutrisi seperti pada tanaman ginseng. Juga di dalamnya mengandung berbagai vitamin, mineral, protein dan asam lemak yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan. Berikut di bawah ini kami berikan beberapa manfaat dari buah dan biji tanaman mahoni, silahkan menyimaknya.

1/ Bagus untuk menyehatkan jantung

Manfaat yang pertama adalah feknya pada peningkatan sirkulasi darah. Flavonoid dalam buah dan biji mahoni secara langsung bisa membantu dalam meningkatkan sirkulasi sedangkan saponin baik untuk kesehatan jantung. Kombinasi nutrisi dalam buah dan biji mahoni menjadikannya sebagai salah satu pengobatan alami yang sangat ampuh untuk mendorong kesehatan jantung dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

2/ Bagus untuk penangkal serangga

Buah dan biji mahoni dalam bentuk dikeringkan atau bubuk berfungsi sebagai semacam semprotan penangkal serangga. Dimana secara khusus, saponin dalam buah dan biji mahoni memiliki manfaat untuk mencegah racun serangga masuk terlalu dalam ke dalam tubuh. Untuk orang-orang yang tinggal di iklim tropis atau yang tidak dapat menghindari kontak dengan serangga seperti nyamuk pembawa malaria maka buah dan biji bubuk mahoni bisa digunakan sebagai suplemen guna meningkatkan perlindungan terhadap penyakit karena ditularkan oleh serangga.

3/ Bisa untuk membantu mengurangi alzheimer

Apabila anda adalah penderita penyakit alzheimer maka bisa menambahkan irisan buah mahoni ke dalam makanan anda seperti salad segar atau bubuk biji mahoni diseduh bersama dengan secangkir susu. Penyakit ini sulit untuk disembuhkan dan tidak regeneratif oleh karena itu bantuan untuk bertahan hidup seperti dengan obat-obatan tradisional ini sangat dibutuhkan.

4/ Untuk alergi kulit

Jika anda adalah seseorang yang sering mengalami banyak alergi pada bagian kulit, maka buah mahoni adalah yang terbagus untuk mengatasi masalah ini. Masukkan sejumlah kecil buah dan biji mahoni dengan bantuan blender bersama air lalu dicampur dan diminum secara rutin dua hingga tiga kali setiap hari selama anda menderita sakit.

5/ Penyakit sembelit

Saat anda sedang menderita konstipasi, sulit untuk melewati siang hari tanpa rasa kurang nyaman di bagian pencernaan dan perut maka manfaat kesehatan dari buah mahoni bisa digunakan secara optimal. Buah mahoni dihancurkan bersama dengan air bersih hingga menjadi jus lalu diminum hangat-hangat kuku selama sembelit sebanyak dua atau tiga kali dalam sehari selama sakit.

Pengobatan Tradisonal Dengan Buah Mahoni

Buah mahoni rentan berjatuhan di sekitar pohonnya dan kadang-kadang diabaikan begitu saja oleh pemiliknya. Penelitian kesehatan baru-baru ini menunjukkan beberapa kandungan alami bauah mahoni bisa untuk mengurangi permasalahan kesehatan. Buah-buahan dengan rasa pahit seperti buah mahoni ini pada umumnya dimanfaatkan sebagai tanaman herbal seperti buah mengkudu atau buah pare. Di balik rasa pahitnya buah ini bisa dimanfaatkan untuk membuat resep obat tradisional seperti berikut ini :

1/ Mengurangi gejala hipertensi

Caranya adalah serbuk buah atau biji mahoni disediakan sebanyak ½ sendok makan lalu diseduh dengan ½ gelas air panas. Tambahkan secukupnya madu dan aduk-aduk lalu minumlah selagi hangat-hangat kuku. Minum 2 sampai 3 kali sehari secara rutin selama sakit.

2/ Mengatasi gejala kencing manis

Caranya adalah sediakan sebanyak ½ sendok makan serbuk buah atau biji mahoni diseduh dengan sepertiga gelas air panas. Selagi hangat-hangat kuku diminum, setiap 30 menit sebelum makan.

3/ Menambah nafsu makan

Caranya adalah sediakan setengah sendok serbuk buah atau biji mahoni kemudian seduh dengan 1/3 cangkir air panas kemudian tambahkan madu secukupnya saja. Minum selagi masih hangat-hangat kuku, lakukan 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel