Beberapa Manfaat Luar Biasa dari Makanan Berserat

13 Jul 2022 16:15 1695 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Beberapa Manfaat Luar Biasa Dari Makanan Berserat Untuk Tubuh Sehat

Kesehatan tubuh bisa dijaga dengan cara rutin mengkonsumsi makanan yang tinggi akan serat. Serat makanan seperti yang terkandung dalam buah, biji-bijian, sayuran dan kacang-kacangan menjadi makanan terbaik untuk kesehatan tubuh karena kemampuan utamanya dalam mencegah masalah pencernaan. Dimana yang sebenarnya dalam memilih makanan nikmat yang tinggi akan serat bukanlah menjadi hal sulit untuk dilakukan, anda hanya membutuhkan untuk mencari tahu seberapa banyak makanan berserat yang akan dibutuhkan oleh tubuh, jenis makanan apa saja yang mengandung serat tinggi dan bagaimana cara menambahkannya dalam makanan utama atau camilan. Serat makanan merupakan salah satu bagian terpenting dari makanan nabati yang tidak bisa dicerna dan diserap dalam tubuh tidak seperti lemak, karbohidrat dan protein. Nah berikut ini kami akan berikan beberapa alasan penting mengapa anda harus lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat setiap hari.

1/ Untuk menjaga pergerakan usus

Manfaat yang pertama ini adalah makanan berserat akan membantu meningkatkan berat dan ukuran tinja tetapi sekaligus juga melembutkan tinja sehingga akan menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan dan mencegah terjadinya konstipasi. Jika anda mengalami masalah tinja yang terlalu cair maka makanan berserat akan membantu dengan memberikan solusi yaitu menyerap air berlebihan sehingga tekstur tinja menjadi lebih mengeras.

2/ Untuk mendapatkan berat badan yang ideal

Manfaat yang kedua adalah makanan serat tinggi bisa mengenyangkan perut lebih baik jika dibandingkan dengan makanan yang mengandung sedikit serat. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung serat bisa membantu membuat perut kenyang lebih lama sekaligus membantu anda menjaga berat badan agar selalu stabil.

3/ Untuk menurunkan kadar kolesterol

Serat yang terkandung dalam oat, kacang-kacangan dan beberapa makanan lain sangat penting untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi khususnya kolesterol jahat. Dalam penelitian kesehatan telah membuktikan jika mengkonsumsi makanan berserat akan membantu memberikan manfaat untuk kesehatan jantung, mengurangi tekanan darah dan mencegah terjadinya peradangan yang lebih parah.

4/ Untuk mengontrol kadar gula darah

Bagi para penderita diabetes, dengan mengkonsumsi makanan berserat khususnya serat larut memegang peranan penting untuk memperlambat proses penyerapan gula sekaligus meningkatkan kadar gula darah. Sedangkan mengkonsumsi makanan berserat tidak larut sangat bagus untuk menurunkan resiko diabetes tipe 2.

5/ Meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam tubuh

Ketika bakteri dalam usus menyerap serat yang sudah melalui proses difermentasi dalam saluran pencernaan, maka nantinya serat bersangkutan akan menghasilkan asam lemak rantai pendek yang mempunyai bengita banyak manfaat seperti menurunkan peradangan sistemik yang erat hubungannya dengan masalah obesitas dan masalah kesehatan kronis lainnya.

6/ Membantu menurunkan risiko penyakit jantung

Dengan mengkonsumsi sekitar 7 gram makanan serat per hari secara rutin sudah sangat baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 90 persen. Kemampuan serat untuk menyerap kolesterol berlebih nantinya akan mengeluarkan penyumbatan arteri sehingga kondisi jantung bisa menjadi lebih sehat.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel