Menu Sarapan Pagi yang Lezat Gaya Jepang, Resep Chicken Teriyaki

23 Jun 2022 17:30 853 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Menu Sarapan Pagi Yang Lezat Gaya Jepang, Resep Chicken Teriyaki

Apakah anda adalah seseorang penyuka ragam masakan bergaya Jepang ? Contohnya adalah chicken teriyaki. Sebelum anda memulai untuk memasak, ada beberapa fakta menarik yang perlu diketahui mengenai makanan yang satu ini. Istilah teriyaki sebenarnya bukanlah nama dari saos yang digunakan untuk mengguyur daging ayam yang telah digoreng, melainkan adalah teknik memasak klasik khas Jepang yang sudah dimulai sejak abad ke-18 yang menggunakan saos tare untuk menu pendamping semua bahan yang digoreng. Saos tare adalah saos tradisional khas warga Jepang yang terbuat dari campuran bahan-bahan seperti kecap asin yang gurih, mirin dan gula lalu diolesi pada daging yang dipanggang hingga benar-benar meresap ke dalam pori-pori daging. Bagi anda pecinta masakan Jepang pastilah sudah tidak asing lagi dengan yang namanya masakan bergaya Jepang yang satu ini yaitu chicken teriyaki. Cita rasanya sangat menggugah selera makan siapa saja termasuk anak-anak menyukainya.

Chicken teriyaki adalah salah satu masakan yang banyak mengandung protein dimana dalam perkembangannya bahan dasar yang digunakan bisa saja diganti dengan ikan salmon yang sering anda jumpai di berbagai restoran Jepang. Juga boleh menggunakan segala jenis daging putih dan daging merah bisa diolah dengan metode masak ini seperti daging sapi, daging kambing atau beberapa jenis seafood selain ikan. Untuk orang Indonesia sudah lama mengenal cita rasa teriyaki sehingga tak mengherankan apabila popularitasnya sangat tinggi. Hampir semua kedai atau restoran Jepang di Indonesia menyediakan menu yang satu ini dalam berbagai variasi olahan. Anda tak perlu membayangkan segala keribetan dari proses masak atau menyiapkan saos dari bahan-bahan tradisional yang mungkin tidak mudah untuk didapatkan di Indonesia. Anda bisa mengakalinya dengan cara yang lebih simpel namun tetap menghasilkan rasa yang enak. Yang pertama adalah bahan utama tidak perlu dipanggang, cukup ditumis saja dengan sedikit minyak. Jangan lupa masak terlebih dahulu daging ayam dengan tumisan bawang putih dan jahe lalu membumbui dengan rempah-rempah lainnya. Untuk saos teriyaki bisa menggunakan saos siap pakai kombinasi Royco Saus Tiram dan Bango Kecap Manis. Rasanya gurih, agak pedas dan legit manis berpadu dengan empuknya daging ayam, irisan jamur, bawang bombay dan paprika.

Resep Chicken Teriyaki

Bahan utama masakan ini :

  • 400 gram filet dada ayam tanpa kulit, potong kotak 3 cm
  • 100 gram jamur merah belah menjadi 4 bagian
  • 1 buah paprika buang bijinya iris memanjang
  • 1 buah bawang bombay belah 2 bagian iris tebal
  • 3 sdm Royco Saus Tiram
  • 2 sdm Bango Kecap Manis
  • 6 siung bawang putih dicincang halus
  • 2 cm jahe dimemarkan
  • ½ sdt garam / secukupnya saja
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 3 sdm minyak untuk menumis

Cara memasaknya :

1/ Panaskan minyak goreng lalu tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Masukkan daging ayam, garam dan merica lalu aduk pelan-pelan.

2/ Tambahkan jamur, Royco Saus Tiram dan Bango Kecap Manis dilanjutkan dengan menumis hingga daging ayam menjadi setengah matang tetapi sudah empuk.

3/ Masukkan bawang bombay dan paprika, aduk-aduk hingga layu, angkat.

4/ Sajikan selagi hangat dengan nasi putih.

Selamat memasak.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 55
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel