Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit?

7 Jun 2022 14:10 308 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Memori anda penuh padahal aplikasi sedikit? Mungkin ini alasannya

Penyimpanan HP anda penuh walupun aplikasi sedikit? Atau mungkin sudah mencoba untuk menghapus beberapa data dan aplikasi dengan ukuran yang besar, tetapi memori hanya berkurang sedikit? Masalah ini tentu sudah banyak orang yang mengalaminya, termasuk saya ini. Berikut ini merupakan penyebab yang dapat membuat memori HP penuh meskipun tidak memiliki banyak aplikasi.

 

1. Ukuran Aplikasi yang Besar

Hal Ini mungkin bisa menjadi salah satu penyebab memori HP anda penuh. Walaupun aplikasi anda hanya sedikit, dan aplikasi-aplikasi tersebut memiliki ukuran misalnya diatas 2 GB, maka tentu saja memori HP anda akan cepat penuh. Belum lagi kapasitas penyimpanan yang juga terpotong oleh sistem bawaan dari HP anda.

2. Banyaknya Aplikasi Bawaan

Saat anda membeli sebuah HP, pastinya akan ada aplikasi bawaan terinstall pada HP anda. Ada dua tipe aplikasi bawaan ini yaitu sistem operasi seperti halnya google playstore dan bloatware yang merupakan bawaan dari pihak pengembang. Kedua tipe ini dapat memenuhi memori HP anda walaupun sangat jarang atau bahkan tidak pernah anda gunakan.

3. FIle Cache, Cadangan, Thumbnail yang Menumpuk

Tak hanya aplikasi saja yang dapat memenuhi penyimpanan, tetapi juga dari file-file berbentuk cache, cadangan, thumbnail, dll, yang bisa berpengaruh terhadap ruang penyimpanan anda. Walapun file-file tersebut berguna, namun dapat membuat penyimpanan cepat penuh.

Contohnya, aplikasi WhatsApp yang selalu melakukan pencadangan. Setiap hari WhatsApp akan otomatis melakukan pemindahan data atau pencadangan secara online ke google drive. File-file tersebut akan terus menumpuk hingga sangat besar dan akan memakan ruang penyimpanan perangkat anda.

Sama halnya juga dengan cache dan thumbnail. Jika jarang dilakukan pembersihan secara berkala, maka tentunya akan membuat memori penuh juga.

4. Sisa Data Aplikasi Lama

Saat anda menghapus sebuah aplikasi yang cukup menyita banyak ruang penyimpanan, tetapi hasilnya hanya mengosongkan sedikit ruang. Itu berarti anda harus menghapus juga data sisa dari aplikasi tersebut. Biasanya aplikasi yang sudah dihapus akan meninggalkan sisa data penggunan pada memori penyimpanan.

5. Menumpuknya File Foto dan Video

Sudah mengatas hal-hal diatas namun memori belum berkurang signifikan? Kemungkinan penyebabnya karea menumpuknya file foto dan video. Apalagi jika foto dan video tersebut beresolusi tinggi sehingga ukurannya lebih besar lagi. Saya sarankan untuk memindahkan file foto dan video yang menurut anda penting agar tidak memakan memori penyimpanan.

 

Itulah beberapa tetap memori penuh walaupun sudah menghapus banyak aplikasi. Semoga informasi tersebut dapat menjawab semua pertanyaan anda terkait penyebab memori anda bisa penuh.

Tags

About The Author

Azka Lufthansa 22
Novice

Azka Lufthansa

Azka Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel