Kota Gresik dengan Kuliner Khasnya yang Bikin Anda Ketagihan

22 Jun 2022 10:00 349 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Kota Gresik Dengan Kuliner Khasnya Yang Bikin Anda Ketagihan

Pernahkah anda liburan ke Kota Gresik yang selama ini dikenal sebagai kawasan industri namun tetap memiliki banyak wilayah untuk difungsikan sebagai lokasi tujuan wisata. Contohnya adalah air terjun banyu biru, pulau bawean dan yang paling populer adalah pantai delegan merupakan beberapa objek wisata terkenal di sini. Sedangkan untuk urusan kuliner, Gresik memiliki beragam koleksi makanan khasnya yang menjamin anda ketagihan untuk menyantapnya dua hingga tiga kali. Di bawah ini kami rekomendasikan beberapa kuliner khas Kota Gresik yang menggoda, silahkan membaca ulasannya.

1/ Pudak Gresik

Makanan khas warga Gresik yang pertama ini termasuk paling populer di sini yaitu sajian yang terbuat dari bahan utama adalah gula jawa yang dicampur dengan santan dan tepung beras. Lalu adonan dibungkus dengan daun pinang untuk selanjutnya direbus. Ini termasuk salah satu jenis makanan tradisional yang rasanya manis dan gurih mampu eksis sejak jaman dahulu hingga saat ini yang mulai diolah dalam beberapa varian rasa seperti sagu dan pandan. Jika anda tertarik membawa jajanan ini sebagai buah tangan dari Kota Gresik maka silahkan singgah di Toko Sari Kelapa di Jalan Sindujoyo No. 111 yang terkenal dengan koleksi pudak paling lengkap dan enak. Satu pack berisikan 10 kue yang dijual dengan kisaran harga antara Rp. 15.000 sampai dengan Rp. 25.000.

2/ Martabak Usus / Marsus Gresik

Isi dari martabak ini adalah berupa daging cincang yang dicampur dengan telur. Seperti namanya yaitu martabak usus, camilan kedua khas Gresik ini semakin populer dengan menggunakan usus ayam dan bihun sebagai pelengkap. Usus ayam akan dimasak bumbu semur terlebih dahulu sedangkan bihun akan ditumis dengan sayuran lainnya seperti sawi dan wortel. Marsus semakin nikmat dimakan dengan tambahan saos sambal dan kecap manis. Anda bisa membeli marsus terenak di kota ini di sepanjang Jalan Abdul Karim serta di Jalan Akim Ayat dengan harga yang terjangkau yaitu hanya sekitar Rp. 3000 per buah.

3/ Nasi Krawu Gresik

Yang ketiga adalah nasi krawu menjadi favorit orang Jawa Timur. Nasi ini dilengkapi dengan lauk yang banyak tidak sebanding dengan nasinya yang sedikit. Paling laris diburu oleh para wisatawan luar kota. Penyajiannya unik tetapi sangat sederhana yakni dengan menggunakan alas daun pisang. Di sini anda bisa memilih lauk pendamping nasi yaitu ada daging sapi berbumbu, daging ayam atau keduanya. Jangan lupa menambahkan sambal tomat super pedas dan taburan serundeng yang membuat rasa nasi krawu semakin nikmat disantap untuk menu sarapan pagi. Rasa gurih dan agak manis serta pedas dari daging dan parutan kelapa juga sambal membuat anda ketagihan untuk mencobanya dua kali. Penasaran ingin mencicipi nasi ini maka silahkan liburan ke Gresik lalu berkunjung ke warung makan nasi krawu Bu Tiban di Jalan Veteran No. 118 Gresik yang tersedia selama 24 jam dengan harga seporsinya adalah Rp. 20000 saja.

4/ Otak-Otak Bandeng

Apabila Kota Semarang terkenal memiliki kuliner khasnya yang melegenda yaitu bandeng presto, maka Gresik pun memiliki olahan sejenis yaitu dari ikan bandeng, namanya adalah otak-otak bandeng. Cara membuatnya cukup unik dan agak rumit bagi pemula, daging ikan bandeng ukuran sedang terlebih dahulu dipisahkan dari kulit dan durinya. Daging ini selanjutnya dicampur dengan bumbu dan sedikit tepung maizena. Lalu dibentuk menjadi adonan yang kalis dan dimasukkan kembali ke dalam kulit bandeng sampai penuh dan terlihat agak mengembung. Otak-otak bandeng bisa direbus atau digoreng dan dinikmati dengan baluran bumbu kacang yang gurih dan manis agak pedas atau cocolan saos sambal. Makanan ini bisa dibawa untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Salah satu toko oleh-oleh yang menjual otak-otak bandeng paling enak di sini adalah Muzzanah Store yang lokasinya di Jalan Sindujoyo No. 58 Kabupaten Gresik dengan kisaran harga mulai Rp. 55000 per pack.

5/ Jenang Jubung Gresik

Yang terakhir adalah kue manis yang namanya diadaptasi dari Bahasa Gresik yaitu jubung yang artinya adalah daun pinang. Jenang jubung dibungkus menggunakan daun pinang dengan bahan utamanya adalah tepung ketan hitam dicampur gula pasir / gula jawa, santan dan wijen sebagai taburan. Rasanya sangat manis bertekstur legit dan agak lengket, sangat cocok menjadi cemilan kala menikmati secangkir kopi panas. Jenang jubung bisa disimpan hingga berhari-hari dan pas dijadikan sebagai oleh-oleh. Jika anda menginginkan oleh-oleh dari kue ini maka silahkan mampir ke Toko Jenang Jubung Mutiara Pak Temon yang berlokasi di Jalan KH. Abdul Karim.

Selamat mencoba !

 

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 49
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel