Apa Saja yang Menjadi Sebab Terjadinya Kelangkaan Air Bersih Sehingga Perlu Ditanggulangi

8 Jun 2022 19:50 1686 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Apa Saja Yang Menjadi Sebab Terjadinya Kelangkaan Air Bersih Sehingga Perlu Ditanggulangi

Kelangkaan air bersih atau krisis air bersih adalah suatu kondisi buruk dimana terjadi kekurangan dari salah satu sumber utama kehidupan manusia. Setiap kali ada sebuah daerah yang sedang mengalami krisis atau kelangkaan air maka berarti daerah tersebut sedang mengalami krisis air bersih. Kurangnya air bersih di suatu daerah sudah tentu akan berdampak pada kehidupan dan aktivitas yang sedang berlangsung di daerah bersangkutan. Juga, konsep dari kelangkaan air bersih bisa mengacu kepada sulitnya untuk mendapatkan dan mengumpulkan air bersih. Kesulitan ini bisa timbul karena air bersih di daerah tersebut sulit untuk ditemukan atau jarak untuk bisa mendapatkannya sangat jauh.

Ada beberapa faktor yang memegang peranan penting dalam penyebab kelangkaan air bersih seperti iklim, peningkatan polusi dan juga penggunaan air secara berlebihan. Sekitar 2,7 miliar masyarakat Indonesia mempunyai potensi untuk mengalami kelangkaan air bersih setiap tahunnya. Lantas apa saja yang menjadi penyebab kelangkaan air bersih ? Berikut ini akan kami berikan jawabannya.

1/ Polusi air

Penyebab pertama suatu daerah mengalami kelangkaan air adalah karena polusi air. Polusi air bisa menjadi salah satu faktor penyebab lahan kritis oleh alam dan juga manusia. Contoh salah satu sumber polusi air yang paling sering muncul adalah penggunaan pestisida serta pupuk yang hanyut. Juga, pencemaran air tanah bisa disebabkan oleh limbah industri dan juga sampah yang secara langsung dibuang ke sungai tanpa mengalami proses pengolahan sebelumnya. Masih ada faktor lainnya yang berhubungan dengan polusi air yaitu minyak yang ada di dalam tanah atau adanya kebocoran limbah yang memiliki potensi bisa meresap ke dalam tanah. Jika kondisi ini terabaikan begitu saja dalam jangka waktu panjang maka bukan tidak mungkin daerah tersebut akan mulai mengalami masalah kelangkaan air bersih. Maka dari itu hindari melakukan aktivitas apapun yang berpotensi menimbulkan pencemaran air.

2/ Adanya penggunaan air secara berlebihan

Penyebab kedua yang memicu terjadinya kelangkaan air bersih adalah penggunaan air secara berlebihan. Mungkin masalah ini termasuk salah satu masalah yang dianggap sepele oleh beberapa orang namun jika dibiarkan berlarut-larut maka akan menjadi masalah besar. Dimana kadang-kadang orang tidak sadar atau kurang peduli bahwa sebenarnya yang mereka lakukan adalah membuang-buang air yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan yang lainnya. Biasanya penggunaan air secara berlebihan tersebut dipakai untuk hewan, tanah maupun kebutuhan sehari-hari dari manusia. Penggunaan air berlebihan juga kadang-kadang dilakukan oleh tempat rekreasi yang bertema air mungkin saat itu tidak sadar bahwa sedang membuang-buang air.

3/ Terjadinya konflik

Penyebab ketiga yang menjadi faktor utama terjadinya kelangkaan air bersih adalah terjadinya konflik. Konflik terjadi karena adanya perebutan lahan. Mungkin anda sering mengetahui sengketa lahan yang terjadi di suatu daerah dimana kondisi ini akan menyebabkan sulitnya mengakses air di daerah yang sedang mengalami sengketa atau konflik tersebut. Bahkan dalam kasus yang paling parah adalah seseorang bisa meninggal dunia jika ia berani mengambil air di daerah sengketa. Ia akan menerima kekerasan jika sampai ketahuan mengambil air bersih di wilayah lawan. Kondisi seperti ini bisa memicu terjadinya polusi air seperti yang telah kami jelaskan tersebut di atas.

4/ Terjadinya kekeringan

Penyebab kelangkaan air bersih yang terakhir adalah karena faktor kekeringan. Kekeringan disebabkan karena kondisi suatu daerah sedang mengalami curah hujan yang sangat jarang. Kondisi ini menimbulkan daerah bersangkutan semakin mengalami penipisan jumlah air yang lama kelamaan akan menipis untuk pemenuhan kebutuhan manusia. Bahkan ada beberapa daerah yang mendapatkan label sebagai daerah kering abadi. Sedangkan daerah lainnya mengalami kekeringan hanya pada waktu tertentu saja seperti ketika sedang musim kemarau. Kekeringan seperti ini biasa terjadi di seluruh dunia. Nah bagaimana cara mengatasinya ? Tak banyak yang bisa dilakukan oleh manusia. Tetapi salah satu yang seringkali dijadikan solusi oleh pemerintah setempat adalah membuat hujan buatan dengan mengguyurkan atau menuangkan air dalam jumlah yang sangat banyak dari arah atas.

Semoga bermanfaat.

Tags Asus

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel