Beberapa Kerugian Memakai Software Bajakan

31 May 2022 10:00 603 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berikut beberapa kerugian memakai software bajakan.

Sering menggunakan software bajakan? Hati-hati, banyak orang yang tidak mengetahui bahaya menggunakan software bajakan. Berikut ini merupakan beberapa lerugian mengggunakan software bajakan.

 

Kerugian Memakai Software Bajakan

1. Virus

Software bajakan berkemungkinan akan membuat komputer anda terjangkit virus yang biasanya akan terdapat pada crack/patch yang sepaket dengan software. Tentunya virus-virus tersebut dapat merusak komputer anda. Bukannya menghemat uang, justru malah merusak komputer anda, yang tentunya akan mengeluarkan biaya lebih untuk service nya.

2. Tindak Pidana

Pembajakan sebuah software termasuk perbuatan kriminal loh, karena melanggar hak cipta seperti yang tertera pada UU pasal 72 ayat 3 yang menyatakan.

“Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu program komputer dapat dipidana dengan pidana paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp500.000.000 (lima ratus juta rupiah).”

3.  Fitur Update Diblokir

Jiak anda menggunakan software bajakan, anda tidak dapat mengupdate software tersebut secara otomatis. Jika ingin untuk mengupdatenya, anda harus menginstall ulang software setiap ada versi terbarunya agar tetap up to date.

4. Kinerja yang Tidak Maksimal

Kebanyakan software bajakan biasanya tidak berjalan dengan baik, seperti loading lebih lama atau sering force close. Jika anda menggunakan software resmi, kinerja software akan cenderung lancar karena tidak rentan terhadap malware.

5. Privasi Akan Terganggu (Spyware)

Selain malware, sebagian software bajakan juga dapat mengandung spyware yang dapat memata-matai aktivitas bermain anda. Data-data akun medsos, data bank, dan sebagainya akan menjadi tidak aman.

6. Tidak Mendapat Garansi dan Bantuan

Jika menemukan kendala dan masalah, anda tidak bisa komplain ke customer service. Bukannya diberi bantuan, anda justru malah akan dilaporkan ke pihak yang berwajib atas pelanggaran hak cipta, Mantappppp.

 

Itu tadi merupakan kerugian-kerugian menggunakan software bajakan. Jadi pikirkan lagi sebelum akan menginstall software bajakan.

Tags

About The Author

Azka Lufthansa 24
Novice

Azka Lufthansa

Azka Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel