Pengertian Hosting dan Domain

19 May 2022 13:15 641 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Pengertian Hosting dan Domain beserta jenis-jenisnya.

Pengertian Hosting

Hosting merupakan sebuah layanan yang berfungsi untuk mengelola sebuah website atau aplikasi berbasis website lalu menampilkannya melalui jaringan intenet. Banyak file yang dapat diupload dan disimpan dalam sebuah hosting, dimulai dari gambar, script, video, email, aplikasi. dan juga database.

Jadi tanpa menggunakan hosting, data-data yang ada pada website anda tidak akan bisa ditampilkan sehingga website anda tidak dapat diakses oleh orang lain.

 

Jenis-Jenis Hosting

Shared Hosting

Shared Hosting merupakan layanan web hosting yang dibagi-bagi ke beberapa website/client. Pada prinsipnya, satu server yang ada pembagiannya dipecah ke beberapa client agar semuanya bisa memakai hosting.

Dedicated Hosting

Kebalikannya dengan shared hosting. Dedicated Hosting hanya dapat dipakai oleh satu client saja. Jadi dedicated hosting merupakan hosting yang ruang penyimpanannya khusus untuk satu client saja.

VPS Hosting (Virtual Private Server)

Sebenarnya konsep VPS Hosting ini hampir sama dengan shared hosting, yang mana satu hosting dapat diisi oleh beberapa website. Namun banyak penyedia layanan hosting mendedikasikan VPS Hosting untuk digunakan oleh satu client saja.

Maka, VPS Hosting ini dapat menjamin submer daya yang ada untuk klien dengan sistem teknologi virtualisasi.Hosting ini cocok digunakan bagi website yang sudah mempunyai trafik banyak dan sudah tidak bisa ditangani shared hosting lagi.

4. Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan web hosting versi terbaru yang masih jarang tersedia pada setiap penyedia layanan hosting. Cloud hosting menggunakan konsep komputasi awan. Cloud hosting juga tidak hanya mengandalkan satu server di satu lokasi saja, melainkan banyak server yang tersebar luas di berbagai negara.

5. WordPress Hosting

Karena banyaknya pengguna CMS WordPress, banyak penyedia layanan hosting membuat wordpress hosting atau hosting yang dibuat khusus untuk para pengguna wordpress.

 

Pengertian Domain

Sebenarnya, sebuah website itu memiliki bentuk alamat aslinya berupa IP numerik, contohnya 189,102,221,6.

Hanya saja kita akan kerepotan jika harus menghapal angka-angka seperti diatas untuk mengakses setiap website.

Maka dari itu, ada Domain Name System (DNS) untuk membuat skema penamaan yang lebih mudah dibaca oleh manusia. Domain ini adalah nama website yang lebih mudah diingat untuk suatu IP Address, yang digunakan untuk mengarahkan ke suatu web.

Jadi, fungsi domain ini adalah memudahkan user saat mengakses website dengan skema penamaan alamat website yang lebih mudah dibanding menggunakan IP Address. Domain ini merupakan bagian dari URL yang user inputkan ketika ingin mengakses sebuah website.

Jenis Jenis Domain

1. Top Level Domain (TLD)

TLD ini merupakan sebuah ekstensi yang biasanya terdapat pada belakang nama web, seperti .com .org, .co.id, dll.

TLD terbagi menjadi beberapa tipe.

  • Generic Top-Level Domain (gTLD). Tipe ini merupakan tipe yang paling umum digunakan oleh masyarakat, seperti .com, .org, .net, dll. dTLD dapat dengan mudah diregistrasi tanpa harus mengurus perizinan khusus.
  • Sponsored Top-Level Domain(sTLD). Tipe ini berisi domain yang disponsori oleh entitas tertentu. Dapat berupa bisnis, pemerintahan, ataupun dari grup lain. Contohnya seperti .gov dari pemerintahan USA.
  • Country COde Top-Level Domain (ccTLD). ccTLD merujuk pada negara tertentu. Contohnya, .id untuk indonesia, .sg untuk singapura, dll. Anda harus mengurus perizinan khusus untuk menggunakan domain ini.

 2. Second Level DOmain (SLD)

SLD merupakan nama domain yang didaftarkan. Misalnya dalam facebook.com, facebook merupakan second level domain.

Walaupun anda bebas untuk memilih nama domain anda, tetapi anda harus mengecek ketersediaannya dahulu. Karena, anda tidak dapat menggunakan nama domain yang sudah pernah teregistrasi.

3. Third Level Domain (TLD)

TLD adalah subdomain dari sebuah website. Misalnya dalam sebuah website blog.example.com, blog merupakan TLD atau Third Level Domain. TLD biasanya digunakan untuk memisahkan konten utama dengan konten khusus.

Jika blog anda tidak memiliki sub domain spesifik, WWW akan secara default muncul di awal.

Tags

About The Author

Azka Lufthansa 24
Novice

Azka Lufthansa

Azka Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel