Tips Dalam Berselancar di Internet

17 May 2022 13:00 997 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berikut beberapa tips aman untuk berselancar di internet

Artikel kali ini akan memberikan beberapa tips berselancar di internet dengan aman. Internet ini sekarang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Terutama bagi yang suka mencari informasi-informasi yang up to date, seperti membaca berita terbaru, berita bola, menonton video, dan segala sesuatu yang membutuhkan internet.

Namun, internet ini tidak selamanya aman. Pastinya akan ada bahaya yang menanti anda, salah satu bahayanya adalah phising. Tetapi tenang saja, berikut beberapa tips dalam berselancar di internet agar terhindar dari berbagai macam bahaya atau tindak kriminal seperti penyalahgunaan informasi.

 

1. Menggunakan Browser yang Up to Date

Kenapa? Browser yang jarang atau sama sekali tidak pernah di update akan menjadi media penyebaran program yang berbahaya atau sekelompok orang jahat yang mencari celah di browser yang tidak di update untuk mencuri identitas rahasia.

Oleh karena itu, saya sarankan untuk jangan lupa melakukan up date pada browser anda agar terhindar dari berbagai bahaya.

2. Jangan Membuka Iklan yang Muncul Tiba-Tiba

Tips selanjutnya adalah jangan sering-sering membuka iklan yang muncul sembarangan. Saya yakin kalian semua pasti pernah mengalami lagi enak enaknya baca artikel tiba-tiba muncul iklan di layar anda atau tiba-tiba diarahkan ke tab lain. Ada juga iklan yang meminta anda melakukan download pada sebuah file yang tidak diketahui.

Saya sarankan untuk jangan pernah untuk mencoba mendownload atau menjalankan program tersebut, bisa saja program tersebut merupakan sebuah virus hingga malware yang tentunya akan merusak komputer anda.

3. Hati-hati Dengan Phising

Phising merupakan sebuah metode yang sering dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab yang ingin mecuri data login milik anda. Jika anda diarahkan ke sebuah situs web yang meminta anda untuk login, pastikan terlebih dahulu apakah domainnya valid atau tidak.

4. Menggunakan VPN

Jika ada keperluan yang memungkinkan anda untuk harus mengunjungi halaman web dari luar negeri yang sama sekali belum pernah anda kunjungi. Alangkah baiknya anda menggunakan VPN. VPN akan membuat alamat IP publik koneksi internet anda menjadi tidak dapat dilacak sehingga meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Gunakan Antivirus dengan Proteksi Real-Time

Antivirus yang memiliki proteksi real-time bisa menjadi kunci perlindungan saat komputer anda terhubung dengan internet. Anda bisa menggunakan MSE ataupun Windows Defender, atau jika anda ingin menggunakan antivirus pihak ketiga, saya sarankan untuk menggunakan Avast Free Antivirus.

 

Itu tadi merupakan beberapa tips bagi anda yang ingin berselancar dengan aman di internet.

Tags

About The Author

Azka Lufthansa 24
Novice

Azka Lufthansa

Azka Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel