Mengenal Apa itu Game Engine

12 May 2022 18:40 469 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Game Engine

Apa itu Game Engine
Game engine merupakan sebuah software yang dirancang untuk membuat dan mengembangkan sebuah game. Game engine ini memberikan kemudahan dalam menciptakan sebuah konsep dari game yang akan dibuat. Seperti rendering, physics, arsitektur suara, A.I, dan lain-lain. Berikut dibawah ini fungsi-fungsi dasar game engine.

-Rendering 2D maupun 3D
-Physics Engine
-Pengatur Audio
-Scripting
-Pengatur dan penampilan sebuah animasi
-Networking dan streaming data
-Pengaturan memori
-Pengaturan grafis

Seberapa Pentingkah Game Engine
Bagi seorang pengembang game, game engine memiliki peranan yang penting karena fungsi-fungsi yang ada didalamnya. Jadi saat membuat sebuah game kita tidak perlu membuatnya dari nol. Pilihlah game engine yang tepat sesuai skala game yang kita buat. Setiap game engine pastinya memiliki tingkat kompleksitasnya masing-masing.
Berikut merupakan beberapa game engine yang populer.

1. Unreal Engine
Pasti banyak dari kalian yang sudah tahu dengan game engine ini. Unreal Engine merupakan game engine yang gratis buatan Epic Games. Game engine ini mampu menghasilkan framerate yang stabil, grafik yang bagus, shadow, depth of field, dan mendukung DX 11. Game engine ini juga mampu untuk membuat film ataupun animasi.

2. Unity 3D
Unity 3D merupakan salah satu game engine yang populer akhir-akhir ini karena fiturnya yang lengkap karena kemudahan dalam pemakaiannya. Unity 3D juga mendukung banyak sekali platform pengembangan. Dan mendukung banyak bahasa pemrograman dari C++, C#, Lua, JavaScript, dll.

3. Phaser
Game Engine ini cocok bagi kalian yang tertarik membuat game berbasis web. Phaser ini merupakangame engine HTML 5 yang cukup powerfull. Selain mudah dipelajari, Phaser mendukung WebGL maupun canvas dan mempunyai banyak komponen dasar siap pakai. kalian juga bahkan bisa mengembangkan sendiri komponen-komponen yang diperlukan.

4. Construct
Construct menjadi salah satu game engine yang menarik karena dapat dijalankan di manapun dan kapanpun. Versi terbarunya yaitu Construct-3 dapat dijalankan di browser dengan dukungan editor yang mudah dipahami. Mendukung bahasa pemrograman JavaScript dan hasilnya bisa dijalankan di berbagai platform salah satunya web game atau HTML 5 maupun mobile game. Namun sayangnya game engine ini berbayar.

6. Cocos2d-x
Cocos2D-x termasuk ke dalam kategori game engine yang gratis, berukuran kecil dan ringan. Cocos2D-x mendukung tiga bahasa pemrograman yaitu C++, JavaScript, dan Lua.

Kelebihan dari game engine ini adalah sangat ringan dan dapat berjalan dengan baik di berbagai perangkat mobile.

Tags

About The Author

Azka Lufthansa 26
Novice

Azka Lufthansa

Azka Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel