Tubuh Tetap Bugar dan Sehat dengan Memanfaatkan Antioksidan Secara Optimal

9 Jun 2022 12:00 832 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tubuh Tetap Bugar Dan Sehat Dengan Memanfaatkan Antioksidan Secara Optimal

Yang dimaksud dengan antioksidan adalah sekumpulan zat yang memiliki fungsi untuk melindungi sel-sel terhadap efek radikal bebas. Radikal bebas dalam hal ini adalah molekul yang diproduksi saat kondisi tubuh sedang mendapatkan makanan yang rusak atau karena adanya paparan lingkungan yang kurang sehat seperti asap tembakau dan radiasi. Radikal bebas bisa merusak sel dan memegang peran dalam munculnya penyakit jantung, kanker, Alzheimer dan penyakit berbahaya lainnya.

Setelah anda mengetahui secara singkat tentang antioksidan maka selanjutnya adalah anda perlu mengenal beberapa manfaat antioksidan bagi tubuh manusia seperti yang kami jelaskan tersebut di bawah ini :

1/ Menangkal radikal bebas

Seperti diketahui bahwa radikal bebas adalah salah satu jenis virus yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel dalam tubuh yang menjadi salah satu faktor penyebab munculnya kanker. Kerusakan sel tidak hanya akan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya melainkan juga bisa memberikan efek di kulit terutama bagian wajah dan bagian lainnya di tubuh yang sensitif seperti punggung dan leher. Radikal bebas sangat berbahaya tidak hanya akan menyebabkan kerusakan sel-sel kronis yang nantinya akan berkembang menjadi sumber penyakit yang mematikan. Ini juga bisa merusak struktur tubuh karena bisa mempenel-sel sehat dalam tubuh.

2/ Mencegah penuaan dini

Beberapa penelitian kesehatan telah menjelaskan bahwa antioksidan memiliki fungsi yaitu membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini dengan meminimalkan kemunculan keriput dan menjaga tekstur kulit sekaligus bisa untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sengatan sinar matahari.

3/ Mencegah kerusakan sel

Antioksidan mempunyai peranan penting dalam menjaga agar sel-sel di dalam tubuh bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat dan tidak menyebabkan munculnya berbagai masalah dalam tubuh. Kerusakan sel dalam jangka panjang jika dibiarkan begitu saja dapat mematikan dan mulai menjadi penyebab penyakit berbahaya hingga masalah lain di luar tubuh yang merugikan.

4/ Bagus untuk menjaga kesehatan kulit

Antioksidan membantu kulit membuang radikal bebas dan bakteri yang menumpuk di pori-pori kulit yang disebabkan oleh adanya polusi dan sengatan sinar matahari.

Apa Saja Yang Menjadi Sumber Antioksidan ?

Antioksidan bisa dikumpulkan dari buah-buahan segar, sayuran atau biji-bijian. Buah dan sayuran yang memiliki kulit terang dengan warna khas mengandung antioksidan dalam jumlah besar seperti tomat merah / kuning, blueberry ungu, jagung kuning dan wortel oranye atau sejumlah vitamin, mineral dan senyawa dalam makanan yang menyumbangkan banyak antioksidan. Adalah vitamin A, C dan E seperti beta karoten, lycopene dan selenium. Beberapa makanan yang mengandung sejumlah antioksidan besar lainnya adalah sayuran berdaun hijau seperti kangkung, sawi dan bayam, strawberi, anggur, teh hijau, buah jeruk, apel dan pir.

Antioksidan tersedia dalam berbeda-beda jenis, masing-masing bermanfaat terhadap bagian tubuh yang berbeda juga. Misalnya saja beta karoten ditemukan dalam manfaat wortel bisa membantu menjaga kesehatan mata. Lycopene ditemukan dalam manfaat tomat ampuh memberikan kontribusi untuk kesehatan prostat. Flavonoid yang dijumpai dalam manfaat teh, kakao dan manfaat coklat bagus untuk kesehatan jantung, untuk itulah dibutuhkan program diet seimbang bagi anda yang memiliki masalah obesitas tubuh guna mendapatkan manfaat antioksidan yang menyeluruh terhadap kesehatan tubuh.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel