Empedu Ikan Haruan Menyimpan Banyak Manfaat untuk Kesehatan

7 Jun 2022 13:10 3727 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Empedu Ikan Haruan Menyimpan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Ikan haruan adalah salah satu jenis ikan yang hidup dengan subur di air tawar namun termasuk ke dalam jenis ikan predator. Ikan ini merupakan ikan asli asal Indonesia yang sangat mudah ditemukan di sungai-sungai besar, danau dan daerah rawa-rawa. Selain daging ikan haruan, ada satu bagian penting yang menyimpan banyak manfaat besar untuk kesehatan yaitu empedu ikan haruan. Empedu adalah tempat penyimpanan cairan empedu yang berasal dari hati ikan. Meskpun memiliki bentuk kecil, organ ini ternyata diyakini mampu memberikan beragam manfaat kesehatan pada tubuh. Berikut diantaranya :

1/ Untuk mengobati penyakit diabetes

Daging ikan ini mengandung asam amino, zink dan albumin dalam jumlah yang besar. Albumin memegang peranan penting dalam menjaga fungsi pankreas yaitu salah satu organ tubuh yang memproduksi insulin. Ini sangat dibutuhkan oleh tubuh penderita diabetes karena penyakit tersebut menyebabkan tubuh tidak mampu memproduksi insulin sesuai kadar yang dibutuhkan atau tubuh mengalami resistensi terhadap insulin. Dengan mengkonsumsi ikan haruan terutama empedunya maka bisa membantu mengatasi keluhan-keluhan yang muncul bagi penderita diabetes. Selagi tidak mempunyai alergi terhadap jenis ikan tertentu maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan haruan beserta dengan empedunya sebagai penyembuhan obat herbal.

2/ Untuk mengobati penyakit stroke

Empedu ikan haruan bermanfaat dalam mengobati penyakit jantung dan stroke. Ini dikarenakan albumin di dalam daging ikan haruan banyak mengandung substansi zat asam amino, lysin dan prolin yang berguna untuk jantung. Konsumsilah secara teratur ikan haruan yang berfungsi untuk menguatkan kembali otot-otot jantung. Protein di dalamnya juga membantu mengurangi kadar homosistein dan tekanan darah tinggi yang menjadi pemicu munculnya penyakit jantung koroner. 

3/ Membantu pertumbuhan dan pembentukan otot

Ikan haruan menyimpan jumlah protein paling tinggi dibandingkan dengan jenis ikan tawar lainnya bahkan jumlahnya masih lebih tinggi dari protein hewani seperti daging sapi, ayam dan telur. Maka dari itu protein yang dibutuhkan dalam pertumbuhan dan pembentukan otot di dalam tubuh bisa dengan mudah disediakan dalam daging dan empedu ikan haruan.

4/ Membantu mempercepat proses penyembuhan luka pasca operasi

Protein albumin di dalam daging dan empedu ikan haruan memiliki segudang manfaat yaitu salah satunya adalah untuk penyembuhan luka. Kandungan albumin pada ikan haruan ini bisa menormalkan albumin berlebihan pada tubuh saat sedang terjadi luka. Dengan mempertahankan kadar albumin yang normal maka bisa membantu tubuh dalam proses penyembuhan.

5/ Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Dalam kondisi normal, 60 persen plasma darah haruslah mengandung zat albumin. Ini disebabkan karena albumin bisa menjaga keseimbangan cairan tubuh. Apabila cairan tubuh berkurang maka protein yang masuk ke dalam tubuh akan pecah dan kurang mampu berfungsi secara sehat. Albumin dalam hal ini bisa berfungsi untuk menjaga cairan dalam darah agar tidak bocor ke jaringan tubuh lainnya. Jika tubuh mengalami kondisi yaitu hipoalbuminemia atau kekurangan albumin maka cairan dalam darah bisa bocor ke jaringan lain dan akan mengakibatkan penumpukan cairan di organ dalam tubuh. Maka dari itu penting untuk mengkonsumsi daging dan empedu ikan haruan agar kadar albumin dalam tubuh bisa berada dalam kondisi normal.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel