India dengan 4 Universitas Terbaiknya

17 May 2022 16:00 4928 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

India Dengan 4 Universitas Terbaiknya

Negara India adalah sebuah negara besar yang lokasinya terletak di benua Asia yaitu tepatnya di Asia Selatan. Negara ini masuk sebagai salah satu negara dengan tingkat populasi terpadat di dunia yaitu memiliki jumlah populasi mencapai 1,2 milyar jiwa. Meskipun demikian pemerintah India tidak mengabaikan sistem pendidikan bagi penduduknya. Ini sudah terbukti dari banyaknya perguruan tinggi atau universitas yang berdiri di India. Beberapa diantaranya masuk sebagai universitas terbaik dan cukup terkenal. Di sini ada sekitar 20.000 pergurun tinggi, 42 universitas pusat, 275 universitas negeri dan 93 institut kepentingan nasional. Berikut beberapa universitas terbaik di India yang perlu anda ketahui dengan singkat.

1/ Indian Institute of Technology Bombay

Indian Institute of Technology Bombay atau IIT Bombay terletak di pusat Kota Mumbai yang berdiri sejak tahun 1958. Ini adalah universitas teknik yang berhasil masuk sebagai salah satu universitas terbaik di dunia karena mempunyai sistem pendidikan dan penelitian teknik yang tidak perlu diragukan lagi. Indian Institute of Technology Bombay telah menghasilkan banyak insinyur dan ilmuwan berkualitas India selama lima dekade terakhir. Sehingga tidak mengherankan jika universitas ini berada di peringkat ke 172 terbaik versi QS World University Ranking 2021. Peringkat tersebut merupakan pencapaian tertinggi bagi universitas di India. Juga, universitas ini memiliki jaringan alumni yang sangat kuat bahkan sukses menjalin kerjasama dengan banyak universitas lain baik di dalam negeri maupun dari mancanegara. Jurusan yang paling terkenal dan menjadi favorit adalah teknik kimia. Jurusan lainnya yang menjadi banyak incaran calon mahasiswa/wi adalah teknik mineral dan pertambangan, seni dan desain, kimia serta ilmu komputer dan sistem informasi.

2/ Delhi University

Delhi University adalah sebuah universitas yang berada di pusat kota India yaitu New Delhi. Universitas ini termasuk sebagai salah satu universitas negeri yang didirikan oleh pemerintah pada tahun 1922 berdasarkan pada undang-undang badan legislatif sentral India. Pada awal terbentuknya, Delhi University hanya mempunyai dua fakultas saja yakni fakultas seni dan fakultas science dengan jumlah mahasiswa/wi di dalamnya sebanyak 750 orang. Namun saat ini Delhi University telah memiliki 16 fakultas, 86 departemen akademik, 77 kolese dan 5 institut yang tersebar di Kota New Delhi. Delhi University terbagi menjadi beberapa bagian. Ada kampus utara yang merupakan tempat bagi fakultas science, hukum, seni dan manajemen. Sedangkan untuk kampus selatan yang dibangun pada tahun 1973 telah pindah tempat pada tahun 1984 yaitu berdekatan dengan Dhaula Kuan menjadi tempat bagi fakultas sains terapan, seni dan interdisipliner. Untuk kampus timur menjadi tempat bagi fakultas kedokteran yang mempunyai nama tersendiri yaitu Universitas Sains Kedokteran. Untuk kampus barat merupakan tempat bagi fakultas teknik dan teknologi yang berafiliasi dengan Institut Netaji Subhas.

3/ Anna University

Anna University adalah sebuah universitas di India yang dibangun pada tahun 1978 berlokasi di Tamil Nadu. Nama universitas ini diambil dari nama mantan ketua menteri Tamil Nadu yaitu CN Annadurai. Menurut sejarah, Anna University berasal dari penggabungan 4 perguruan tinggi teknik yang berada di Chennai, Tamil Nadu. Salah satu perguruan tinggi teknik ini bernama Madras Institute of Technology yang telah ada sejak tahun 1949. Madras Institute of Technology merupakan institusi pertama yang memberikan gelar sarjana teknik di India. Anna University memiliki 13 perguruan tinggi konstituen, 593 perguruan tinggi yang berafiliasi dan 3 kampus regional. Universitas ini mempunyai program pendidikan terutama di bidang teknik dan teknologi. Sehingga universitas ini menjadi salah satu universitas terbaik dalam bidang teknologi. Tidak hanya itu, sistem pembelajaran yang dimiliki telah memenuhi standar internasional. Ini bisa dilihat dari masuknya universitas ini ke dalam Asosiasi Universitas Commonwealth serta partner dari UNESCO Pusat Internasional untuk pendidikan teknik.

4/ Indian Institute of Technology Delhi

Indian Institute of Technology Delhi atau IIT berdiri sejak tahun 1961 yang merupakan sebuah universitas riset publik dan teknik negeri yang berada di bawah Institutes of Technologi Act. Berlokasi di Hauz Khas, Delhi, Indian Institute of Technology Delhi menjadi salah satu universitas tertua di India. Sejak didirikan, ada sekitar lebih dari 48.000 lulusan berhasil menuntut ilmu dari berbagai disiplin ilmu seperti teknik, manajemen dan humaniora, ilmu fisik dan ilmu sosial. Juga universitas ini menawarkan lima program ganda dengan menggabungkan gelar sarjana dan pasca sarjana serta program pasca sarjana lainnya di dalam departemen dan pusat universitas. Ada beberapa jurusan teknik terbaik menjadi andalan universitas ini antara lain teknik elektro, ilmu komputer dan sistem informasi, teknik kimia, teknik sipil dan teknik mesin.

Semoga bermanfaat.

Sumber tulisan :

https://www.haloedukasi.com/universitas-terbaik-di-india/

 

Tags Apple

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel