Tips Dalam Belajar Ngoding Agar Lebih Mudah Paham untuk Pemula

27 Apr 2022 11:00 961 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berikut beberapa tips dalam belajar ngoding untuk pemula.

Pastinya anda adalah orang yang tertarik dengan ngoding dan ingin mempelajarinya secara otodidak dari internet saja. Berikut beberapa tips untuk kalian yang ingin belajar ngoding dari internet agar lebih cepat paham.

 

1. Mengenali Jenis-Jenis Developer

Sebaiknya anda harus tahu dulu jenis-jenis developer alias orang yang mengembangkan sebuah website ataupun aplikasi. Karena, coding untuk setiap jenis developer bisa berbeda. Berikut 3 jenis developer:

  • Front End Developer: Bertugas untuk mengembangkan website dari sisi tampilannnya dengan menggunakan HTML, CSS, JavaScript, dan lain lain.
  • Backend Developer: Bertanggung jawab mengatur bagian belakang sebuah website atau aplikasi.
  • Full Stack Developer: Merupakan gabungan dari keduanya, itu berarti mengurusi bagian front end maupun backend.

1. Cari Situs Belajar Ngoding yang Bagus

Pada saat ini tentunya banyak sekali situs-situs yang menyediakan tutorial-tutorial yang bisa anda gunakan secara gratis. Namun dari banyaknya situs tersebut tentu saja anda harus bisa memilih situs untuk belajar ngoding terbaik dari yang lain. Salah satu pilihan situs terbaik untuk belajar ngoding adalah W3Schools.

Mungkin beberapa dari kalian ada yang sudah tak asing dengan W3Schools, karena website ini merupakan situs belajar ngoding terpopuler di internet sejak dulu hingga saat ini.

2. Memahami Konsep Dasar Coding

Sebelum belajar ngoding dari internet, anda harus memahami dulu konsep dasar dalam coding seperti Variable, Syntax, dan Struktur Data.

Variabel adalah sebuah penyimpanan sementara dari suatu data yang akan dipakai untuk mempermudah proses pengolahan. Jadi anda hanya perlu memanggil variabelnya untuk menampilkan data yang sudah tersimpan.

Syntax adalah sebuah perintah yang diberikan programmer untuk komputer untuk membuat suatu program.

Struktur Data adalah sebuah format khusus yang digunakan untuk menganalisis dan juga menyimpan data sesuai dengan tujuan tertentu.

3. Pelajari dari Bahasa Pemrograman Yang Mudah

Tips selanjutnya adalah dengan memilih bahasa pemrograman yang mudah untuk pemula. Anda juga harus menentukan tujuan anda belajar ngoding, apakah ingin membuat aplikasi website atau komputer. Karena bahasa pemrogramannya juga akan berbeda.

4. Mempelajari Dasar dari Setiap Bahasa Pemrograman

Mempelajar bahasa pemrograman apa pun mulailah dari dasar-dasarnya. Misalnya, jika anda ingin belajar bahasa Java, cobalah mengawali dari bagian pengenalan dan tutorial.

Uraikanlah satu proyek besar menjadi langkah-langkah yang lebih sederhana. Tidak salah menghabiskan beberapa hari hanya untuk mempelajari satu langkah sebelum melanjutkan ke yang lain. Setelah anda menguasai tutorialnya, hapus kembali dan ulangi dari awal.

5. Fokus Satu Bahasa Pemrograman Dahulu

Tips yang terakhir adalah fokus ke satu bahasa pemrograman dahulu hingga menguasai bahasa tersebut agar fokus anda tidak pecah pada bahasa pemrograman lainnya.

 

Itulah beberapa tips dalam belajar programming atau ngoding di internet agar lebih mudah paham.

Tags

About The Author

Azka Lufthansa 24
Novice

Azka Lufthansa

Azka Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel