Beberapa Skill yang Diperlukan untuk Menjadi Front End Developer

26 Apr 2022 13:00 340 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tertarik dengan Front End Developer? Berikut beberapa skill yang diperlukan untuk menjadi Front End Developer.

Front End Developer adalah salah satu pekerjaan yang ada dalam dunia pemrograman Website dan Mobile. Dalam suatu pembuatan website ataupun aplikasi, umumnya ada 3 komposisi utama yang sangat penting agar sebuah website atau aplikasi bisa dinikmati secara sempurna. 3 komposisi tersebut adalah Backend Developer, Front End Developer, dan Web Designer (UI/UX Designer). Pada artikel kali ini saya akan fokus menjelaskan tentang Front End Developer.

Front End Developer mempunyai tugas untuk menerapkan menerapkan interface yang sudah dibuat oleh seorang desainer website atau biasa disebut juga sebagai Ul/UX Designer. Jika anda tertarik dengan pekerjaan Front End Developer, berikut beberapa skill penting yang harus dikuasai setiap Front End Developer.

 

1. HTML/CSS

Dua skill tersebut pastinya selalu ada dalam kualifikasi pekerjaan Front End Developer. HTML adalah sebuah bahasa markup standar untuk membuat halaman web.

HTML atau HyperText Markup Language adalah hal yang paling dasar yang anda butuhkan untuk membuat atau mengembangkan sebuah website.

CSS atau Cascading Style Sheets adalah salah satu styling language atau bahasa desain, merupakan bagian dari bahasa markup yang dapat mendesain suatu halaman website.

Kedua hal tersebut merupakan skill dasar yang penting anda kuasai untuk menjadi seorang Front End Developer. Intinya, tidak akan ada Web Development tanpa HTML dan CSS.

2. JavaScript dan jQuery

JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dapat membuat website anda lebih interaktif dan dinamis. Sebenarnya jika anda hanya akan membuat sebuah website yang sangat sederhana, maka HTML dan CSS saja sudah cukup. Tetapi jika anda ingin website anda menjadi lebih interaktif dan dinamis seperti audio, video, game, ataupun animasi, maka anda memerlukan JavaScript.

Lalu apa itu jQuery? jQuery adalah sebuah library yang terdapat pada JavaScript untuk bermacam plug-in dan extension. jQuery membuat penggunaan JavaScrip menjadi lebih ringkas dan mudah. Intinya fungsi dari jQuery adalah untuk mempercepat dan mempermudah penulisan JavaScript.

3. Framework CSS dan JavaScript

Anda perlu tahu bahwa CSS dan JavaScript merupakan sebuah bagian besar dalam Front End Development sehingga akan menjadi dasar dari skill lain yang anda butuhkan.

Framework CSS dan JavaScript merupakan koleksi dari file CSS atau JavaScript yang membantu anda untuk melakukan tugas tertentu. Contohnya, anda dapat menggunakan class-class yang sudah dibuat oleh orang lain tanpa susah payah membuatnya sendiri.

Setiap framework mempunyai kelebihan dan kekuruangannya masing-masing. Semuanya tergantung dengan tipe website yang akan anda buat. Contoh framework CSS yang populer adalah Bootstrap, Materialize, dan Tailwind yang sedang hangat-hangatnya saat ini. Lalu untuk JavaScript ada yang namanya Vue.Js, React JS, Angular, dan masih banyak lagi.

5. Version Control/Git

Anda pasti telah mengalami banyak revisi pada kode anda. Jika tiba-tiba ada yang dalah saat anda sedang menyelesaikan sebuah project, tentu anda tidak mau untuk mengulangnya dari awal lagi. Solusinya adalah menggunakan Version Control. Version Control adalah sebuah proses melacak dan mengontrol perubahan pada kode anda sehingga anda bisa kembali ke perubahan anda sebelumnya.

Salah satu Version Control yang populer adalah Git. Beberapa Version Control populer lainnya  adalah, Bazaar, Mercurial, Subversion, dan masih banyak lainnya.

6. Responsive Design

Apakah anda menyadari bahwa website yang anda buka menyesuaikan ukurannya sendiri tanpa perlu anda atur-atur? Ini dapat dilakukan melalui responsive design. Memahami prinsip responsive design dan bagaimana untuk mengimplementasikannya juga merupakan skill yang penting bagi Front End Developer agar dapat menampilkan tampilan yang enak diliat di berbagai ukuran media.

 

Berikut diatas merupakan beberapa skill yang diperlukan untuk menjadi Front End Developer.

Tags

About The Author

Azka Lufthansa 24
Novice

Azka Lufthansa

Azka Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel