Beberapa Fitur pada Laravel yang Mempermudah Pekerjaan

25 Apr 2022 13:00 1145 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berikut beberapa fitur pada laravel yang mempermudah pekerjaan.

Laravel merupakan salah satu framework bahasa PHP yang sedang populer saat ini. Tentunya bukan tanpa alasan, berikut beberapa fitur pada framework PHP yang akan mempermudah pekerjaan anda.

 

1. Eloquent ORM

Laravel memiliki yang namanya Eloquent ORM. Eloquent digunakan untuk operasi database website dengan pola active record agar dapat mengatasi beragam masalah dalam suatu hubungan objek-objek di database. Dengan adanya Eloquent ORM, laravel dapat didukung oleh beragam sistem database seperti SQLite dan MySQL.

 

2. Artisan

Artisan ialah command line interface yang dimiliki laravel. Artisan terdiri dari sekumpulan perintah untuk mempermudah dalam proses pembangunan aplikasi web. Fitur ini merupakan gabungan dari framework Symphony yang menghasilkan fitur add-on yang bisa digunakan untuk menambahkan berbagai macam fitur lain ke framework ini.

 

2. Template Engine / Blade

Lalu laravel memiliki sebuah template engine yang bernama Blade. Blade mempunyai banyak fungsi bantuan yang beragam yang dapat digunakan untuk memformat data menjadi tampilan.

 

3. Bundles

Bundles merupakan fitur terkait sistem pengemasan yang modular. Bundles tentunya selalu tersedia di beragam aplikasi, termasuk laravel.

 

4. Configuration Management Features

Semua file konfigurasi yang telah dibuat selamat pembuatan website akan disimpan didalam tempat khusus yang bernama direktori config. Tentunya anda bisa mengubah dan memodifikasi setiap konfigurasi yang sudah tersimpan dengan fitur Configuration Management Features.

 

5. Modularity

Fitur ini digunakan untuk mempermudah update saat website sudah masuk ke tahap pengembangan. Modularity merupakan sistem yang bisa memastikan sejauh mana kemampuan kompenen komponen web untuk dipisahkan lalu digabungkan kembali. Intinya modularity ini dapat membantu meningkatkan fungsionalitas website serta memudahkan saat proses update.

 

6. Caching

Caching ini digunakan untuk menyimpan data secara sementara. Tujuannya yaitu untuk mempercepat developer mengambil data secara cepat dan mudah jikalau dibutuhkan. Data-data caching didapatkan dari tampilan ke route, tentunya sistem ini akan mempercepat kinerja dan juga mengefisiensi waktu.

 

7. Authentication

Dengan fitur ini anda akan lebih mudah untuk membuat proses otentikasi karena seluruh proses konfigurasi berjalan otomatis, sehingga tak perlu melakukannya secara manual. Fitur ini merupakan bagian integral aplikasi web modern yang memungkinkan laravel untuk membirkan otentikasi di luar kotak dengan perintah-perintah yang simpel.

 

8. Schema Builder

Dengan salah satu fitur laravel ini anda dapat memanipulasi tabel database dengan mudah.

Tags

About The Author

Azka Lufthansa 24
Novice

Azka Lufthansa

Azka Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel