Apa yang Harus Dikuasai Terlebih Dahulu Sebelum Belajar Laravel?

13 Apr 2022 11:00 1562 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Laravel merupakan salah satu framework PHP yang populer saat ini. Jika anda ingin belajar laravel saya sarankan untuk jangan langsung lompat ke belajar laravel, tetapi anda harus mempunyai pemahaman terhadap mater-materi pendukungnya yang akan saya sebutkan di artikel ini.

Laravel merupakan salah satu Web Application Framework PHP yang sedang populer saat ini. Framework yang satu ini terkenal dengan kesederhanaanya dan menghasilkan aplikasi web yang powerful. Jika anda ingin belajar laravel saya sarankan untuk jangan langsung lompat ke belajar laravel, tetapi anda harus mempunyai pemahaman terhadap mater-materi pendukungnya yang akan saya sebutkan satu per satu pada artikel ini.

 

1. PHP Dasar

Karena Laravel ini merupakan salah satu Framework dari bahasa pemrograman PHP, tentunya anda harus paham dulu dasarnya yaitu bahasa PHP yang merupakan bahasa yang dipakai laravelnya sendiri. Bagaimana cara menggunakan bahasa PHP, bagaimana cara menjalankannya di lokal sistem kalian, dan apa saja sintaks yang digunakan pada PHP. Itu semua wajib anda pahami terlebih dahulu. Saya sarankan anda untuk setidaknya pernah membuat satu aplikasi sederhana menggunakan bahasa PHP native tanpa framework apapun. Fundamental yang baik tentunya akan memberikan pemahaman yang baik pula.

 

2. Object Oriented PHP

Jika anda sudah paham betul tentang PHP dasar dan pernah membuat aplikasi sederhana menggunakan PHP dasar. Selanjutnya anda bisa belajar tentang konsep Object Oriented pada bahasa pemrograman PHP, bagaimana Object Oriented Programming diterapkan pada PHP. Minimal anda sudah familiar dengan yang namanya classes, objects, properties, methods, dependency, traits, dan lain lain. Karena semua framework ditulis dalam konsep MVC.

 

3. Konsep MVC (Model View Controller)

Yang ketiga anda harus paham dengan konsep MVC. Laravel merupakan framework yang menggunakan konsep MVC. Jika anda sudah paham betul konsep MVC, diharapkan ketika mulai masuk belajar laravel anda akan lebih mudah untuk paham dengan work flow atau alur kerja MVC pada laravel.

 

4. Composer dan Terminal

Composer merupakan sebuah tools yang membantu anda dalam Management Dependency. Pengetahuan tentang composer ini akan membuat anda lebih baik dalam menggunakan laravel, dan ini merupakan bagian penting dalam pengembangan PHP modern.

Dan yang terakhir jangan lupa dengan terminal atau baris perintah CMD pada windows. Framework PHP modern menggunakan perintah untuk generator yang mereka gunakan untuk keperluan seperti memasang library, mengubah pengaturan, mendeploy dan hal yang lain.

 

Itu tadi merupakan beberapa materi yang harus anda pahami sebelum belajar laravel. Di jaman ini kita dimudahkan dengan yang namanya internet, dengan hanya mencari di internet anda akan menemukan sejumlah besar tutorial yang anda cari. Tetap semangat dan jangan mudah menyerah. Barang siapa yang bersungguh-sungguh, maka ia akan mendapat kesuksesan.

Tags

About The Author

Azka Lufthansa 24
Novice

Azka Lufthansa

Azka Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel