Tutorial Instalasi Laravel Menggunakan Composer

7 Apr 2022 17:00 992 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika kita ingin memulai bekerja dengan laravel tentunya kita harus mengetahui dulu cara untuk menginstall laravelnya. Di tutorial kali ini saya akan menunjukan instalasi laravel menggunakan composer.

Laravel merupakan salah satu kerangka kerja (Framework) berbasis PHP yang disukai banyak orang. Tentunya bukan tanpa alasan, salah satunya yaitu memiliki fitur yang lengkap. Jika kita mau mulai bekerja dengan menggunakan laravel tentunya kita harus mengetahui dulu cara menginstall laravelnya.

Sebenarnya untuk melakukan instalasi Laravel ini ada beberapa cara, namun di video kali ini saya akan menunjukannya menggunakan ComposerComposer sendiri adalah tools Dependency Manager pada PHP. Dependency manager memungkinkan kamu untuk membuat dan mengambil library pada project PHP kalian pada library packagist.org. Packagist.org sendiri merupakan situs yang menyediakan banyak libary yang bisa kalian gunakan. Dengan bantuan tools tersebut kalian bisa terhubung pada situs packagist.org dan kalian dapat mengambil dan mengupload library.

Tanpa berlama-lama langsung saja ke tutorial instalasinya.

 

1. Install Composer

Karena kita akan menggunakan Composer, tentunya kita harus punya dulu composer nya di PC kalian. Cara installnya kalian bisa ke websitenya lalu ke halaman download lalu download setup.exe nya. Jika sudah didownload selanjutnya kalian tinggal jalankan saja setupnya. Jika sudah kalian bisa buka CMD atau Command Prompt lalu ketik composer untuk mengecek apakah composer sudah terinstall.

 

2. Install Laravel

Langkah selanjutnya kalian bisa membuka CMD arahkan ke folder yang kalian mau. Jika sudah diarahkan maka selanjutnya kalian pastekan command berikut di CMD

composer create-project laravel/laravel example-app

example-app adalah nama projeknya, tentunya kalian bisa mengganti namanya sesuai yang kita inginkan. Jika sudah langsung saja tekan enter untuk melanjutkan proses instalasi. Maka laravel akan langsung diinstalkan di folder kalian. Tunggu proses instalasi sampai selesai. Jika proses instalasi sudah selesai dengan mulus maka arahkan CMD kalian ke projek laravel yang kalian tadi installkan.

cd nama-projek

Jika sudah kalian coba tuliskan command berikut di CMD ---> php artisan serve

Command diatas akan menjalankan Laravel Development Server nya. Jika sudah muncul tulisan Starting Laravel development server, itu berarti kalian sudah berhasil menginstall dan menjalankan Laravel. Selanjutnya kalian bisa buka laravelnya di browser dengan mengetikan di adress bar browser kalian

http://127.0.0.1:8000

Jika sudah tampil halaman welcome dari laravel itu berarti projek laravel kalian sudah siap untuk dikerjakan.

Sekian penjelasan dalam instalasi laravel menggunakan composer dari saya, apabila ada yang tidak jelas pada artikel saya kalian bisa tanyakan di kolom komentar. Atau kalian juga bisa mengunjungi website laravelnya untuk melihat berbagai cara untuk menginstall laravel.

Tags

About The Author

Azka Lufthansa 24
Novice

Azka Lufthansa

Azka Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel