PHP & MySQL, Pengertian dan Kelebihannya

6 Apr 2022 13:00 2116 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Kesimpulan:

PHP adalah suatu bahasa pemerograman yang berguna untuk membuat web dinamis, walau bisa juga untuk membuat program komputer lainnya. Tipe data yang sering digunakan dalamp emerograman PHP misalnya Interger, string, Float, boolean, array, dan objek.

Dan Mysql, adalah sebuah sistem manajemen database yang berguna untuk mengelola database di dalam website. Sistem manajemen database dengan mysql mempunyai banyak fitur.

 

PHP

PHP merupakan sebuah bahasa scripting tingkat tinggi yang ada pada HTML. PHP merupakan singkatan dari "Hypertext Prepocessor", Tujuan utama dari penggunaan PHP yakni untuk memungkinkan perancang web yang dinamis dan dapat bekerja secara otomatis.

Pembuat PHP adalah Rasmus Lerdroft, seorang proggramer C. Pada tahun 1995 ia membuat Personal Home Page Tools versi 1.0 secara gratis, yang isinya adalah sekumpulan script PERL (Practical Extraction and Reporting Language) supaya halaman website menjadi dinamis.Pada November 1997, diluncurkan PHP/FI 2.0. Pada peluncuran ini, interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam peluncuran ini juga disertakan dengan modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara drastis.
Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut meluncurkan interpreter baru untuk PHP dan meresmikan peluncuran tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi singkatan berulang PHP: Hypertext Preprocessing.
Pada pertengahan tahun 1999, Zend meluncurkan interpreter PHP baru dan peluncuran tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web secara kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.
Pada Juni 2004, Zend meluncurkan PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek (object oriented programming) ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.

 

Syntax PHP

Pengertian Syntax PHP adalah aturan penulisan agar mampu dimengerti dengan benar oleh compiler saat membaca bahasa pemrograman.<!--?php>Ãâ dan diakhiri dengan Ãâ?>". Dan di dalam File PHP juga dapat berisi tag seperti HTML dan skrip sisi klien seperti JavaScript.

ini beberapa alasan mengapa orang lebih memilih php dan menjadi bahasa pemrograman terpopuler:

1. PHP bersifat open source dan gratis:

PHP adalah bahasa open source oleh karena itu gratis dan sangat mudah digunakan. akibatnya, ini bisa membuat pemilik membangun web secara hemat biaya dan memiliki fungsi tinggi tanpa harus khawatir dengan hukum dan biaya berlangganan

2. PHP bekerja sama dengan MySQL:

Hal ini tidak berarti dapat menggunakan PHP dengan sistem manajemen basis data lainnya. Anda masih dapat menggunakan PHP dengan Postgres, Peramal, MS SQL Server ODBC dll.

3. Kemampuan embed:

Tren modern dalam konten adaptif telah membuat sistem grid cair dan situs web responsif lebih relevan dengan bisnis. Inilah sebabnya mengapa HTML5 adalah standar industri untuk membuat situs web yang responsif dan sangat dinamis. Kode PHP dapat dengan mudah disematkan ke dalam HTML. Karenanya, pengembang dapat mengubah kode situs web statis apa pun yang ada menjadi kode dinamis dengan menambahkan kode PHP mereka ke dalam HTML.

4. PHP adalah bahasa lintas platform:

ÃÃàyang berarti dapat pada aplikasi di sejumlah sistem operasi yang berbeda seperti windows, Linux, Mac OS dll.

5. PHP adalah bahasa scripting sisi server:

yang berarti hanya perlu menginstalnya di server dan komputer klien yang meminta sumber daya dari server tidak perlu menginstal PHP; hanya peramban web saja sudah cukup.

Ini alasan mengapa kamu harus belajar PHP

1. Lebih mudah untuk dipelajari

2. Hosting yang tidak menguras dompet

3. Lapangan pekerjaan yang luas

4. PHP memiliki komunitas yang cukup besar


MYSQL

sebuah DBMS (Database Management System) menggunakan perintah SQL (Structured Query Language) yang banyak digunakan saat ini dalam pembuatan aplikasi berbasis website. MySQL dibagi menjadi dua lisensi, pertama adalah Free Software dimana perangkat lunak dapat diakses oleh siapa saja, Dan sudah ada 6 juta pengguna di seluruh dunia. Apakah kamu salah satunya?

Fungsi MySQL adalah untuk pengumpulan data dari berbagai sumber, untuk e-commerce atau aplikasi. MySQL dikembangkan oleh perusahaan asal swedia pada tahun 1994 yang bernama MySQL AB, kemudian MySQL dibeli oleh perusahaan teknologi Amerika Serikat, Sun Microsystems pada tahun 2008. Dan di tahun 2010 Oracle perusahaan teknologi terbesar di Amerika Serikat mengakuisisi Sun Microsystems dan sejak saat itu MySQL sepenuhnya milik Oracle.

Beberapa Contoh Kelebihan MySQL:

1. Mendukunng Integrasi Dengan Bahasa Pemrogramaan lain

2. Tidak membutuhkan RAM besar

3. Bersifat Open Source

4. Tipe Data yang bervariasi

5. Keamanan yang terjamin

<!--?php>ÃÃÃÃÃÃâ dan diakhiri dengan ÃÃÃÃÃÃâ?>ÃÃÃÃÃÃâ.

dan berikut alasan mengapa banyak orang lebih memilih PHP:

1. bersifat open source dan gratis

2.PHP diperbarui secara teratur untuk mengikuti tren teknologi terbaru

3. PHP adalah bahasa scripting sisi serverÃÃÃÃÃÃÃà; yang berarti hanya perlu menginstalnya di server dan komputer klien yang meminta sumber daya dari server tidak perlu menginstal PHP; hanya peramban web saja sudah cukup

4. PHP bekerja sama denganÃÃÃÃÃÃÃàMySQLÃÃÃÃÃÃÃà; Hal ini tidak berarti dapat menggunakan PHP dengan sistem manajemen basis data lainnya. Anda masih dapat menggunakan PHP dengan Postgres, Peramal, MS SQL Server ODBC dll

5.PHP adalah bahasa lintas platform;ÃÃÃÃÃÃÃàyang berarti dapat pada aplikasi di sejumlah sistem operasi yang berbeda seperti windows, Linux, Mac OS dll.

ÃÃÃÃÃÃÃà

MySQL

MySQL adalah DBMS yang open source dengan dua bentuk lisensi, yaitu Free software dan Shareware. MySQL merupakan turunan dari salah satu konsep utama basisdata yang sudah ada sebelumnya yakni SQL (Structured Query Language). SQL atau Standard Query Language adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam mengakses, mengubah, dan memanipulasi data yang berbasis relasional.

Fungsi MySQL adalah untuk pengumpulan data dari berbagai sumber, untuk e-commerce atau aplikasi. MySQL dikembangkan oleh perusahaan asal swedia pada tahun 1994 yang bernama MySQL AB, kemudian MySQL dibeli oleh perusahaan teknologi Amerika Serikat, Sun Microsystems pada tahun 2008. Dan di tahun 2010 Oracle perusahaan teknologi terbesar di Amerika Serikat mengakuisisi Sun Microsystems dan sejak saat itu MySQL sepenuhnya milik Oracle.

Beberapa Contoh Kelebihan MySQL:

1. Mendukunng Integrasi Dengan Bahasa Pemrogramaan lain

2. Tidak membutuhkan RAM besar

3. Bersifat Open Source

4. Tipe Data yang bervariasi

5. Keamanan yang terjamin

-->

Berikut alasan mengapa Bahasa pemrograman PHP menjadi yang terpopuler:

1. PHP bekerja sama dengan MySQL ; Hal ini tidak berarti dapat menggunakan PHP dengan sistem manajemen basis data lainnya. Anda masih dapat menggunakan PHP dengan Postgres, Peramal, MS SQL Server ODBC dll.

2. PHP adalah bahasa lintas platform; yang berarti dapat pada aplikasi di sejumlah sistem operasi yang berbeda seperti windows, Linux, Mac OS dll.

3. PHP adalah bahasa scripting sisi server ; yang berarti hanya perlu menginstalnya di server dan komputer klien yang meminta sumber daya dari server tidak perlu menginstal PHP; hanya peramban web saja sudah cukup.

4. Sebagian besar server web hosting mendukung PHP secara default tidak seperti bahasa lain seperti ASP yang membutuhkan IIS. Ini menjadikan PHP pilihan yang hemat biaya.

Sisi lain dari PHP
Menurut penulis yang sejak lama terlibat dalam pembuatan program dengan PHP ini adalah :

Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak perlu untuk dikompilasi (compile) Mudah diinstall ke dalam web server yang mendukung PHP seperti apache dengan konfigurasi yang mudah. Dalam sisi pengembangan lebih mudah karena banyaknya milis-milis ataupun tutorial yang membahas tentang PHP. PHP dapat dijalankan diberbagai sistem operasi, baik Windows, Linux, Macintosh.

 

MYSQL

adalah sebuah DBMS (Database Management System) menggunakan perintah SQL (Structured Query Language) yang banyak digunakan saat ini dalam pembuatan aplikasi berbasis website. MySQL dibagi menjadi dua lisensi, pertama adalah Free Software dimana perangkat lunak dapat diakses oleh siapa saja dan mysql sudah dipakai sebanyak 6 juta pengguna diseluruh dunia. Apakah kamu salah satunya?

fungsi dari MySQL adalah untuk membuat dan mengelola database pada sisi server yang memuat berbagai informasi dengan menggunakan bahasa SQL. Fungsi lain yang dimiliki adalah memudahkan pengguna dalam mengakses data berisi informasi dalam bentuk String (teks), yang dapat diakses secara personal maupun publik dalam web.

Salah satu penerapan paling umum dari MySQL adalah sebagai database untuk sebuah website atau aplikasi. Maka dari itu, sebagian besar penyedia layanan web hosting.

MySQL didirikan oleh tiga orang Swedia bernama David Axmark, Allan Larsson, dan Michael Widenius. Software ini dikembangkan oleh perusahaan asal Swedia bernama MySQL AB pada tahun 1994. Setelah kurang lebih satu tahun pengembangan, versi stabil pertama MySQL muncul pada tanggal 23 Mei 1995.

Hak milik MySQL kemudian dibeli oleh Sun Microsystems pada tahun 2008. Kemudian, raksasa teknologi Amerika Oracle membeli perusahaan Sun Microsystems. Singkatnya, hak cipta MySQL berada di bawah kepemilikan Oracle.

MYSQL memiliki kelebihan sebagai berikut:

1. Memiliki standar industri

2. memiliki keamaan yang terjamin

3. fleksibel dan mudah digunakan

4. dapat digunakan dengan spesifikasi rendah

5. software portable dan gratis

 

Tags

About The Author

Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel