Keunikan dari Gunung Fuji di Jepang

6 Apr 2022 11:00 1232 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Keunikan Dari Gunung Fuji Di Jepang

Gunung Fuji diperkirakan sudah ada sejak 1000 tahun yang lalu. Hingga saat ini usianya sudah genap 1000 tahun tetapi Gunung Fuji adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif meskipun letusannya berdaya lemah. Gunung Fuji diakui oleh Unesco sebagai situs alam sekaligus situs budaya. Unesco menetapkan Gunung Fuji adalah salah satu situs warisan dunia di bulan Juni tahun 2013 yang lalu. Terdiri dari 25 kuil tua dan kuno yang di sekitarnya berdiri beberapa penginapan tradisional dan modern. Gunung ini setinggi 3.776 m yang dipagari oleh 3 kota yaitu Kota Gotemba di bagian timur, Kota Fujiyoshida di bagian utara dan Kota Fujinomiya di bagian barat daya. Juga di sekitarnya ada 5 danau diantaranya adalah Danau Kawaguchi, Danau Yamanaka, Danau Sai, Danau Motosu dan Danau Shoji, menonjolkan Gunung Fuji merupakan ciri khas yang menjadi ikon dari negeri sakura yaitu Jepang. Keindahan Gunung Fuji terdengar harum menyebar ke seluruh penjuru dunia yang menyimpan beberapa fakta menarik jarang diketahui oleh khalayak umum. Fakta yang cenderung unik tersebut antara lain sebagai berikut :

1/ Gunung Fuji adalah gabungan dari 3 gunung berapi yang letaknya seperti terpisah yaitu Gunung Komitake di bagian bawah, Gunung Kofuji di bagian tengah dan Gunung Fuji di bagian atas.    

2/ Gunung Fuji menyimpan banyak cerita legenda yang dipercaya oleh warga setempat seperti kisah tentang sepasang kakek dan nenek yang tinggal di sebuah gubuk tua di dalam hutan terpencil. Suatu hari kakek berjumpa dengan seorang putri yang sangat cantik jelita datang dari bulan yang terkurung di dalam kerangkeng bambu. Kakek melepaskannya lalu merawat putri tersebut hingga tumbuh dewasa. Ia diberi nama Kaguya yang suatu saat nanti harus kembali ke bulan dan sebagai tanda terima kasih Kaguya memberikan ramuan kekal abadi kepada sang kakek dan nenek. Namun kakek dan nenek memilih untuk membuang saja obat itu di puncak gunung karena hidup mereka tidak ada artinya tanpa sang putri menemani. Kisah Putri Kaguya adalah menjadi titik asal mula pemberian nama Gunung Fuji oleh warga setempat dimana kata Fuji mengandung makna keabadian. 

3/ Pada tahun 1868 adalah seorang wanita dilarang mendaki puncak Gunung Fuji karena puncak Gunung Fuji dianggap sakral oleh warga setempat. Warga sekitar mempercayai bahwa puncak Gunung Fuji adalah sebagai tempat tinggal bagi para Dewi sehingga kelompok wanita asing dilarang menuju ke sana agar tidak membuat para Dewi cemburu. Orang pertama yang bukan warga Jepang berhasil mencapai puncak Gunung Fuji adalah Sir Rutherford Alcock sekitar tahun 1898. Sedangkan pendaki wanita pertama kali mencapai puncak gunung ini adalah istri seorang duta besar Inggris bernama Sir Harry Parkes yaitu Lady Fanny Parkes setahun setelah Alcock. Untuk menginjakkan kaki di puncak Fuji membutuhkan waktu sekitar 8 jam sedangkan untuk menuruni gunung ini hanya dibutuhkan waktu 3 jam saja.  

4/ Wisata pendakian Gunung Fuji tidak dibuka untuk umum sepanjang tahun melainkan anda bisa mendaki Gunung Fuji hanya ketika sedang musim panas yaitu sekitar bulan Juli hingga September.

5/ Gunung Fuji menyimpan banyak kawasan hutan yang dilindungi dan dianggap sebagai hutan paling misterius di dunia. Salah satu hutan yang paling terkenal adalah Hutan Aokigahara yang menyimpan banyak mayat karena merupakan tempat untuk melakukan bunuh diri.

6/ Puncak Gunung Fuji dikenal sebagai tempat property milik pribadi. Properti yang dimaksudkan adalah salah satunya milik Kuil Fujisan Hongu Sengen Taisha yang terletak di tingkat ke-8 sedangkan untuk tingkat ke-1 hingga ke-7 adalah milik pemerintah.

7/ Masyarakat di Jepang mempercayai apabila bermimpi tentang Gunung Fuji pada malam tahun baru maka anda akan mendapatkan keberuntungan sepanjang tahun tersebut.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Apple

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel