Apa Saja Manfaat dari Ijazah ?

26 Apr 2022 19:00 2396 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Apa saja manfaat dari ijazah ?

Dalam Bahasa Arab ijazah mengandung makna sebagai sebuah sertifikat atau dokumen yang diberikan oleh suatu instansi sebagai dokumen resmi tentang orang, santri, siswa/wi atau mahasiswa/wi. Pada umumnya ijazah diperoleh sesudah anda tamat belajar oleh sekolah atau universitas baik itu di dalam negeri atau luar negeri kepada siswa/winya atau mahasiswa/winya. Nah setelah anda mengetahui dan memahami pengertian dari ijazah maka selanjutnya adalah mengenal apa manfaat dari ijazah ? Berikut ini penjelasannya. 

 

1/ Sebagai salah satu syarat penting untuk melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya

Seseorang yang sudah menyelesaikan jenjang pendidikan tertentu dan berniat akan melanjutkan untuk menempuh jenjang yang lebih tinggi maka tentulah akan membutuhkan selembar ijazah pendidikan akhir sebagai syarat utama sebelum diterima di instansi pendidikan yang selanjutnya. Tentu saja tidak diperbolehkan pelajar yang baru lulus sekolah menengah pertama tiba-tiba mengambil jalur pendidikan langsung ke perguruan tinggi. Maka dari itu ijazah dalam hal ini memegang peranan penting untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi sesuai dengan prosedur.

 

2/ Sebagai ajang pembuktian intelektualitas seseorang

Meskipun ijazah tidak sepenuhnya bisa menentukan kualitas terhadap intelektual dari seseorang 100 persen sesuai kenyataan dan dibuktikan kebenarannya pada setiap lulusan, namun hal ini bisa disiasati dengan melihat asal atau dari mana seseorang tersebut mengenyam pendidikan. Pada intinya, ijazah adalah menjadi bukti yang sah atas apa yang telah dipelajari selama mengikuti masa-masa pendidikan dan menentukan seberapa cerdasnya seseorang melalui nilai yang dikumpulkan.

 

3/ Ijazah dan status sosial

Orang-orang yang menekuni pendidikan dalam kurun waktu tertentu pada umumnya akan mendapatkan gelar sebagai sekelompok orang yang terdidik atau kaum cendekiawan. Status sosial yang kerap dipandang sebagai sebuah kehormatan ini akan bisa anda rasakan setelah anda menyelesaikan proses pembelajaran dan berhasil memperoleh ijazah sebagai bukti hasil akhir yang anda kumpulkan selama ini.  

 

4/ Bisa untuk menunjukkan identitas diri seseorang

Di dalam dunia kerja tentulah hal paling awal yang bisa dilakukan adalah menunjukkan identitas anda berupa selembar ijazah. Mengapa demikian ? Ini dikarenakan siapa anda dan kemampuan apa atau seberapa intelektualnya diri anda bisa dilihat dari selembar kertas yang disebut sebagai ijazah.

 

5/ Pengakuan yang sah dari negara

Melihat dunia pendidikan dari sudut pandang yang berbeda dari sisi hukum biasanya dilakukan guna mendapatkan pekerjaan yang tentu saja membutuhkan dokumen dimana ijazah merupakan salah satu poin yang terpenting untuk diperhatikan. Seseorang yang memiliki ijazah adalah orang-orang terdidik pada bidang tertentu dan memiliki pengakuan dari badan yang legal dari negara masing-masing. Pengakuan yang sah ini tentu tidak bisa dipalsukan secara mudah oleh oknum-oknum tertentu karena ancaman hukuman sudah ditetapkan oleh pihak pemerintah.

 

6/ Syarat untuk melamar pekerjaan

Bagi anda pencari kerja atau penyedia lapangan pekerjaan baru tentu saja sangat tergantung pada selembar ijazah guna menilai kredibilitas seseorang. Ijazah bukan sekedar selembar kertas sebagai bukti kelulusan dari badan bersangkutan tetapi juga sebagai jaminan ketika melamar pekerjaan. Pihak-pihak penyedia pekerjaan pasti akan lebih memihak pada seseorang yang telah sukses mengenyam pendidikan tertentu untuk mengoptimalkan suatu keahlian pada bidang yang dibutuhkan dibandingkan dengan memilih seseorang yang tidak mengenyam pendidikan yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan ditawarkan.

Semoga bermanfaat.

Tags Apple

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel