Yuk, Membuat Minuman untuk Daya Tahan Tubuh : Jus Wortel Jeruk Segar

17 May 2022 10:00 915 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Yuk, Membuat Minuman Untuk Daya Tahan Tubuh : Jus Wortel Jeruk Segar

Ini adalah salah satu resep jus wortel yang berbeda yaitu kombinasi antara buah jeruk dengan sayur wortel dimana kedua bahan utama mengandung banyak nutrisi yang bisa dijadikan sebagai pilihan tepat untuk menjaga daya tahan tubuh atau untuk yang isoman. Dimana diketahui bahwa wortel adalah salah satu sayuran yang paling banyak digemari oleh orang terutama anak-anak. Karena dibalik kerenyahan dan kelezatan daging wortel, ada banyak manfaat wortel bagi kesehatan yang bisa anda peroleh, mulai dari menjaga kesehatan mata hingga menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker.

Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang termasuk ke dalam kelompok umbi-umbian dimana pada umumnya di Indonesia anda mengenal wortel dengan warna cerah yaitu oranya padahal wortel juga ada yang berwarna kuning, ungu, putih hingga hitam. Wortel bisa diolah dengan banyak cara misalnya dimakan mentah, direbus, dikukus, dipanggang, dibuat jus hingga dijadikan bahan campuran untuk membuat camilan seperti pudding. Air perasan jus wortel bisa digunakan sebagai pewarna alami untuk masakan mie atau kue yang lebih sehat. Berkat kandungan gizi yang sangat banyak, ada beragam manfaat wortel bagi kesehatan yang bisa anda peroleh seperti yang kami sebutkan di bawah ini :

1/ Menjaga kesehatan mata

Ini adalah manfaat wortel yang pertama dan paling terkenal yaitu bagus untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung banyak vitamin A, lutein dan zeaxanthin. Wortel juga kaya akan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin A, lutein, zeaxanthin serta antioksidan seperti wortel akan beresiko lebih rendah untuk terkena berbagai penyakit mata seperti rabun senja (buta malam hari), katarak dan degenerasi makula.

2/ Mengurangi risiko kanker

Konsumsi wortel secara rutin ampuh menurunkan risiko anda untuk menderita penyakit kanker seperti kanker prostat, kanker usus besar dan kanker payudara. Ini disebabkan karena wortel adalah merupakan salah satu bahan makanan yang dikenal sebagai sumber antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh seperti karoten, asam fenolat, vitamin A, vitamin C dan antosianin. Kandungan ini mampu melawan efek radikal bebas berlebihan di dalam tubuh sehingga bisa untuk menghambat dan mencegah terbentuknya sel-sel kanker.

3/ Menjaga kadar gula darah tetap normal

Wortel merupakan salah satu sayuran yang bagus untuk dikonsumsi setiap hari guna menjaga kadar gula darah tetap stabil terutama untuk pasien diabetes maupun orang-orang yang sehat. Dengan gula darah yang terkontrol maka pasien diabetes akan beresiko lebih rendah untuk mengalami komplikasi seperti gangguan ginjal dan kerusakan saraf. Untuk kelompok orang-orang yang sehat, wortel bermanfaat untuk mencegah terjadinya resistensi insulin dan melonjaknya kadar gula darah terlalu tinggi sehingga mereka bisa tercegah dari penyakit diabetes. Ini karena wortel banyak mengandung serat dan antioksidan yang tinggi namun menyimpan nilai indeks glikemik yang rendah. 

Nah setelah anda mengetahui manfaat dari sayur wortel tersebut di atas, apakah sedang mencari inspirasi terbaru untuk mengolah sayur wortel menjadi sesuatu yang rasanya baru ? Maka jawabannya adalah wortel jeruk segar bisa menjadi ide menarik buat anda coba di rumah. Mungkin anda sudah tahu bahwa untuk menjaga stamina atau daya tahan tubuh pada masa pandemi ini, mengonsumsi makanan sehat termasuk sayur dan buah-buahan adalah salah satu cara mudah sekaligus murah agar tubuh tetap fit.

Resep Praktis Membuat Jus Wortel Jeruk Segar

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah :

  • 500 gram wortel dikupas dan dicuci
  • 300 gram buah anggur muscat (anggur tanpa biji)
  • 500 ml Buavita Orange
  • Es batu secukupnya

Cara membuat :

1/ Potong-potong wortel menjadi beberapa bagian kecil.

2/ Lalu masukkan ke dalam blender bersama dengan Buavita Orange dan anggur tanpa biji. Proses hingga halus.

3/ Saring airnya. Tuang ke dalam gelas saji yang sudah diisi dengan es batu.

Selamat mencoba.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel